Abstract


Pembentukan karakter anak diawali sejak dini ataupun sejak dalam kandungan. Adanya beberapa faktor yang bisa menciptakan karakter anak, misalnya yaitu orang tua yang seringkali menghabiskan waktunya dengan anak. Penelitian bertujuan memahami peranan orang tua tua sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator dalam mengembangkan karakter kemandirian. Metode yang dipergunakan penulis merupakan kualitatif memakai pendekatan  field research. Teknik yang  dipergunakan pada penelitian merupakan wawancara, dokumentasi, observasi. Teknis analisis data yang digunakan ialah triangulasi model interaktif meliputi reduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan. Penelitian dilaksanakan di TK Aba Thoyibah Surakarta. Hasil penelitian membuktikan dalam mengembangkan kemandirian peranan orang tua selaku pembimbing yaitu menjalin komunikasi yang positif dengan anak  salah satunya dengan cara memberikan nasehat. Peran orang tua sebagai motivator yaitu dengan memberikan penghargaan, atas hasil pencapaian anak. Peranan orang tua menjadi fasilitator yakni orang tua memfasilitasi anak dalam melatih kemandirian dan menyediakan sarana alat belajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Keywords


: anak usia dini; kemandirian; peran orang tua