Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun

Author


Hanifa Yuswati(1Mail), Farida Agus Setiawati(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 241KB]  Language: id
Published : 2022-07-16
Copyright (c) 2022 Hanifa Yus wati

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 276 times PDF Downloaded: 101 times

Abstract


Kehidupan anak orang tua adalah lingkungan pertama dari sumber bahasa dan lingkungan sosial, komunikasi yang terjalan dari anak dan orang tua dipercaya sungguh berpengaruh kepada perkembangan bahasa pada anak lalu peran orang tua ialah tentang aturan orang tua dalam memberikan anak tentang bagaimana mereka mengajarkan, mendidik anak tentang semua hal yang terkait dengan perkembangan bahasa terhadap anak yang amat membentuk oleh sebuah hubungan yang sehat yang terjalin antar orang tua dan anak pendidikan dari orang tua juga sungguh berpengaruh terhadap perkembangan pada penggunaan bahasa anak selain itu, jika keluarga memelihara sikap demokratis maka akan membuat perkembangan pada anak menjadi lebih berhasil pengaruh cara asuh dan status sosial ekonomi pada kemampuan bahasa anak tidak akan terasa secara langsung melainkan harus melewati proses proses komunikasi terhadap orang tua dan anak penelitian ini juga memiliki tujuan untuk dapat mengetahui bagaimana perkembangan bahasa yang terjadi pada anak usia 5-6 tahun dengan metode literatur review penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif.


Keywords


bahasa; peran orang tua ; anak usia dini

References


Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Pg paud Trunojoyo, 3(2), 1-75.

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2020). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Baiti, N. (2019). Parenting Pattern, Socioeconomic Status and Parent's Communication on Early Childhood Language Ability. Journal of K6, Education, and Management, 2(1), 58-63. https://doi.org/10.11594/jk6em.02.01.08

Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, III, 113-127.

Ball, J., & Lewis, M. (2014). Key Words First Nations Elders' And Parents ' Views First Nations Elders' and Parents' Views on Supporting their Children's Language Development Points de vue d'anciens et de parents des Premières nations concernant le soutien visant le développement langa. Canadian Journal of Speech-Language Pathology and Audiology, 38(2), 224-237.

Erisa Kurniati. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 52-53.

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108-114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Hamidah, J. (2019). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini (Kajian Pragmatik). Idealektik: Journal of Language Teaching, Literature, And Linguistics, 1(1), 1-9.

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367-1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1706

Igut Sulasmini, Dera Afiyanti, M. K. B. I. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 4(2), 53-60.

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2018). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 61-70. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Mohammadi, M., Noorollahi, Y., Mohammadi-Ivatloo, B., & Yousefi, H. (2017). Energy hub: From a model to a concept–A review. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 80, 1512-1527.

Muslimah, A., Alim, M. L., & Ayu, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Penerapan Metode Tanya Jawab. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.1

Oktaviani, M., Novitasari, A. W., Glosalalia, Madinatuzzahra, & Aulia, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 8(02), 153-163. https://doi.org/10.21009/JKKP.082.04

Pertiwi, N. D. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 3(1), 324-335.

Pratiwi, D. M., & Mayar, F. (2020). Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Teknik Graffito Terhadap Seni Rupa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah V Padang. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, 4(1), 39-44.

Rochmawati, N. I. (2019). Pola Asuh Permisif Terhadap Pengembangan Artikulasi Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Smart Paud, 2(1), 31. https://doi.org/10.36709/jspaud.v2i1.5917

Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulai Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 37-46.

Suciati, S. (2018). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 358. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3480

Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61-80. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1526

Sumaliwati, N. P. H. S., Jampel, I. N., & Asril, N. M. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. E-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-10.

Sundari, H. (2016). Pengaruh Input Bahasa Orang Tua Terhadap Kompleksitas Bahasa Anak: Studi Kasus Pada Anak Usia 5 Tahun Melalui Interactive Shared Reading. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 110. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v16i1.3067

Syahindra, O. M. D., Tinggi, S., Islam, A., Medan, S., Khadijah, S., Sumatera, A. I., Dahliah, M., & Aisyah, S. (2020). Menanamkan Karakter Kemandirian Pada Saat Belajar Pada Anak Usia Dini DI Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19). Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 4(2).

Syamsiyah, N., & Hardiyana, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita sebagai Alternatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1197-1211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1751

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2889

Yusuf‎, E. B. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak‎. Yin Yang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 11(01), 50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.