Hubungan Pengasuhan Nenek dengan Kemandirian Anak Usia Dini pada Suku Madura

Author


Yessy Nur Endah Sary(1Mail), Tri Iriyani(2),
Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, Indonesia(1)
Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 168KB]  Language: id
Published : 2022-08-31
Copyright (c) 2022 Yessy Nur Endah Sary

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 59 times PDF Downloaded: 21 times

Abstract


Kebudayaan Suku Madura yaitu apabila anak perempuan menikah tidak boleh meninggalkan rumah orang tua. Kondisi ini membuat pengasuhan secara otomatis beralih kepada nenek. Dampak negaitif pengasuhan nenek yaitu mayoritas menggunakan pola pengasuh permisif berdampak kecenderungan anak menarik diri dan tidak mampu untuk berteman dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan antara pola pengasuhan nenek dengan kemandirian anak usia dini suku Madura. Menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel adalah anak usia dini (4-6 tahun)  sebanyak 41 orang dan nenek yang mengasuhnya berjumlah 41 orang. Menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu kuesioner. Analisis data univariat dan distribusi frekuensi, analisis bivariate dengan chi kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas nenek menerapkan pengasuhan permisif kepada cucunya sehingga cucu yang diasuhnya memiliki kemandirian dengan tingkat rendah. Keterbatasan dari penelitian ini adalah pada saat penelitian, mayoritas nenek pengasuh kurang memahami bahasa Indonesia dikarenakan bahasa setiap hari yang digunakan adalah bahasa lokal yaitu bahasa Madura


Keywords


pola pengasuhan nenek; kemandirian; anak usia dini; suku madura

References


Baiti, N. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 44. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3590

Dwi, D., Sari, P., & Rohman, A. (2022). Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1070-1079. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1685

Eriyanti, I. O., Susilo, H., & Riyanto, Y. (2019). Analisis Pola Asuh Granparenting Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TK Dharma Wanita I Desa Drokilo Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 3(1), 9-16.

Fauzi. (2015). Model Pengasuhan Anak Usia Dini. Laporan Penelitian Indivdual.

Fono, Y. M. (2021). Pola Asuh Orang Tua Pengganti Pada Anak Usia Dini (R. Y. N. Wati (ed.)). CV.Pena Persada. https://doi.org/10.31237/osf.io/rht9u

Haryani, R. I., Dimyati, & Fauziah, P. Y. (2021). Peranan Pengasuhan Kakek Dan Nenek Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Latifah, E. W., Pranaji, D. K., & Puspitawati, H. (2016). Pengaruh Pengasuhan Ibu dan Nenek terhadap Perkembangan Kemnadirian dan Kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 9(1), 21-32. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.1.21

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84-90. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Muárifah, A., & Mashar, R. (2022). Keterampilan Pengasuhan Orang Tua terhadap Anak Usia Dini selama Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4229-4238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2226

Norma Gita, T., Dhieni, N., & Wulan, S. (2022). Kemandirian Anak Usia Usia 5-6 Tahun dengan Ibunya yang Bekerja Paruh Waktu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2735-2744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1032

Purnamasari, N. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813-2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267

Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846-3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342

Rochana, T. (2012). Orang Madura: Suatu Tinjauan Antropologis. Humanus, 11(1), 46-51.
https://doi.org/10.24036/jh.v11i1.622

Sunarty, K. (2016). Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Jurnal of EST, 2(2), 152-160. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Supriono, E. (2016). Perbandingan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah Yang Diasuh Oleh Ibu Dan Yang Diasuh Oleh Nenek Di Desa Sambirejo Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

Tabiín. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30-43. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9581

Wahyuni, W., & Al Rasyid, H. (2022). Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3034-3049. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2301

Wardani, I. S., Formen, A., & Mulawarman, M. (2022). Analisis Gaya Pengasuhan Anak pada Pasangan Keluarga Menikah Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3339-3350. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2427


Refbacks

  • There are currently no refbacks.