Pandangan Guru Terhadap Program Berkuda Bagi Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal

Author


Siti Nurul Aprida(1Mail), Hibana Yusuf(2), Erni Munastiwi(3), Mukhamad Hamid Samiaji(4), Nur Istiana Makarau(5),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 336KB]

Published : 2022-07-19

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 316 times PDF Downloaded: 348 times

Abstract


Program berkuda yang dilaksanakan di RA Madinatul Qur’an bertujuan untuk memberikan stimulus, bimbingan, pengajaran, serta pembelajaran yang bisa menjadi alternatif sekolah untuk mengembangkan keenam aspek perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pandangan guru terhadap program berkuda dalam pendidikan anak usia dini di RA Madinatul Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan datanya melibatkan 3 orang guru sebagai informan yang terdiri dari guru kelompok A, guru kelompok B1, dan guru kelompok B2. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam kepada seluruh informan penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya program berkuda yang dilaksanakan di Raudhatul Athfal (RA) Madinatul Qur’an Kota Serang secara tidak langsung tidak hanya sebagai bentuk pembelajaran sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah, dan bermanfaat bagi kesehatan saja, namun juga dapat memberikan pengaruh serta manfaat dalam menstimulus keenam aspek perkembangan yang ada pada anak usia dini, meliputi: nilai agama dan moral (NAM), fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.


Keywords


program sekolah; berkuda; anak usia dini

References


Ade S. Anhar, I. A. (2022). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Anak Usia Dini Melalui Do'a Harian Dan Nyanyian Religius Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Lahila. Jurnal Pelangi, 4(1), 1-23.

Agama, K. (2022). Data Umat Berdasarkan Agama. https://data.kemenag.go.id/statistik/agama/umat/agama

Arifin, A. (2021). Diskursus Kurikulum Pendidikan Islam, Konsep dan Implementasinya. Journal of Islamic Education Research, 2(1), 87-104. https://doi.org/10.35719/jier.v2i1.89

Indonesia, M. A. R (2018) Keputusan Menteri Agama Nomor 792 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal dan Juknis Raudhatul Athfal. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Erlistiana, D., & Andani, M. (2020). Efektivitas Olahraga 3B (Berenang, Berkuda, Berpanah) sebagai Sarana Dakwah Islam. Busyro : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 02(01), 1-8.

Fauziah, F., & Rahman, T. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 2(02), 108-114. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v2i02.870

Gabriels, R. L., Agnew, J. A., Holt, K. D., Shoffner, A., Zhaoxing, P., Ruzzano, S., Clayton, G. H., & Mesibov, G. (2012). Pilot study measuring the effects of therapeutic horseback riding on school-age children and adolescents with autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, 6(2), 578-588. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2011.09.007

Hasan, A., Aslan, & Ubabuddin. (2021). Kurikulum Pai Tematik Dalam Pembentukan Akhlaq Anak Sholeh Pada Usia Dini (Studi Multi Kasus di TK-IT Buah Hati dan RA Bina Insani Sintang). Cross-Border, 4(2), 180-188.

Hasan, I., Yufiarti, Y., & Edwita, E. (2021). Horse Racing: A Traditional Game to Improve Children's Motor Gross Skill (Ethnopedagogy study on Dompu Tribe). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1247-1258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1646

Hayati, N., Fatimaningrum, A. S., & Wulandari, R. (2019). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 116-125. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29102

Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif pada Masa Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33-49.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Republik Indonesia

Jenkins, S. R., & Digennaro Reed, F. D. (2013). An experimental analysis of the effects of therapeutic horseback riding on the behavior of children with autism. Research in Autism Spectrum Disorders, 7(6), 721-740. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2013.02.008

Kementerian Pendidikan Nasional. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. 8(33), 37. http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf

Mastiyah, I. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Raudhatul Athfal Dian Al-Mastiyah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 12(2), 261-274. https://doi.org/10.32729/edukasi.v12i2.87

Melinda, A. E., & Izzati, I. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.34533

Mustaqimah, S. & S. (2019). Studi Deskriptif Mengenai Regulasi Emosi pada Siswa SMA Daarut Tauhid Boarding School Bandung yang Mengikuti Aktivitas Berkuda. Prosiding Psikologi, 5(1).

Nasir, A. (2014). Bahasa Arab Era Klasik Dan Modern (Tinjauan Pembelajaran Teoritis). Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 14(1), 21-52.

Prahestiwi, E. R. (2020). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Alam Jomin Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Indonesian Journal of Adult and Community Education (IJACE), 2(1), 43-49.

Rusmana, Y. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ekstrakurikuler Berkuda dan Pengaruhnya terhadap Peningkatan Karakter Baku di SMA Daarut Tauhiid Bandung. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 268-274. https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.132

Salahudin, S., & Rusdin, R. (2020). Olahraga Meneurut Pandangan Agama Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 457-464. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1236

Sidiq, U., Choiri, M. F. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. CV Nata karya.

Steiner, H. (2012). Effect of therapeutic riding on the coordination of movements of blind children (A long-term study). IFAC Proceedings Volumes (IFAC-PapersOnline). 45(18).
https://doi.org/10.3182/20120829-3-HU-2029.00070

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta

Suprayitno, S., & Mujahidin, E. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani: Studi Analisis Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 75. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3055

Ustaz Noor, S. (1015). Fadilat Memanah dan Berkuda. ar Rouha.

Yulinar, & Kurniawan, E. (2011). Olahraga dalam Pandangan Islam. Muslim Sehat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.