Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini

Author


Meida Susanty(1Mail), Nenny Mahyuddin(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 449KB]  Language: id
Published : 2022-06-06
Copyright (c) 2022 Meida Susanty, Nenny Mahyuddin

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 214 times PDF Downloaded: 91 times

Abstract


Keterampilan berbicara merupakan hal yang perlu dilatih pada usia dini agar anak mampu mengungkapkan pengetahuan, ide dan perasaaannya sehingga dapat diterima pada lingkungannya. Karakter adalah nilai-nilai positif yang dibentuk pengetahuan, perasaan dan perilaku moral yang ditumbuhkembangkan dalam kepribadian. Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) sebagai karakteristik dari lembaga pendidikan Muhammadiyah/Aisyiyah memerlukan media yang tepat untuk menyampaikan pembelajaran yang terintegrasi dengan kurikulum 2013 PAUD.  Tujuan penelitian untuk mengembangkan video pembelajaran AIK yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak usia dini di TK Aisyiyah. Jenis penelitian ialah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan video pembelajaran AIK dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan karakter anak sesuai hasil penilaian oleh ahli materi pada persentase 93%, ahli media 93% dan ahli bahasa  96% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil praktikalitas  video AIK mendapatkan nilai rata-rata 94% dengan kategori sangat praktis dan hasil efektifitas pada nilai rata-rata 92% dengan kategori sangat efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini


Keywords


video pembelajaran; al-islam kemuhammadiyahan; keterampilan berbicara; karakter

References


Aisyiyah, D. (2012). Pelangi PAUD. Muhammadiyah Press.

Akhadiah, S. (2012). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Erlangga.

Anshori, S. (2014). Kontribusi ilmu pengetahuan posial dalam Pendidikan karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59-76.

Apriliani, E. I., Purwanti, K. Y., & Riani, R. W. (2021). Peningkatan Kesantunan Bahasa Anak Usia Dini melalui Media Pembelajaran Interaktif Budaya Jawa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 150-157. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.319

Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2018). Dialogic Reading Sebagai Upaya Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 79-86. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3070

Baidarus, Hamami, Tasman, D. (2019). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(1), 71-91. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Basori. (2019). Pengaruh Video Cerita Anak Terhadap Kemampuan Menyimak dan Berbicara Pada Anak TK Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Al-Mutharahah, 16(2), 294-316.

Duriani. (2018). Implementasi Perencanaan Kurikulum. Inanaeke Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 1 No 1. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6907

Febiola, S., & Yulsyofriend. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026-1036.

Hafizh, A., & Yefterson, R. B. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis video menggunakan windows movie maker dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Halaqah, 1(3), 224-245.

Halidu, S. (2020). Penerapan Karakter Pada Keterampilan Berbicara. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 85-94.

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123-130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Hurlock, E. (2014). Perkembangan Anak Jilid I (A. Dharma (ed.)). Erlangga.

Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300-3313. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2246

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak usia Dini. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82-89. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Untuk Paud. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 30-38. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p030

Kurniawaty, dkk. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 65-69.
https://doi.org/10.30999/jpkm.v11i1.1295

Mahendra, Y. (2019). Membangun Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Keterampilan Berbicara. Jurnal Elsa, 17, 108-119. https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.111

Maymunah, S., & Watini, S. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4120-4127. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1606

Mendoza, G. L. L., Caranto, L. C., & David, J. J. T. (2015). Effectiveness of Video Presentation to Students' Learning. International Journal of Nursing Science, 5(2), 81-86.

Mustika, Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan Video Organ Tumbuhan Di Kelas Xi Sma. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 222. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.964

Ni'mah, N. K., Rakhmawati, D., & Septi, L. (2020). Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Dengan Media Video Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Dharma Wanita Karangsari. Dimensi Pendidikan, 16(2). https://doi.org/10.26877/dm.v16i2.7332

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1-8.

Pratama, R. A., & Marlina, S. (2020). Analisis Kurikulum Muatan Lokal Al-Islam dan Keaisyiyahan/Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyyyah Bustanul Athfal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1389-1398.

Pratiwi, R. R. (2016). Penerapan Metode Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Ii Sdn S4 Bandung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 199-207.

Putri, W. D., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Video Pembelajaran Cerita Dan Lagu Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 102. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.585

Putu, D. W., Sudarma, I., & Yuda, W, I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel -variabel Penelitian. Alfabeta.

Rifqiyati, Chandrawaty, D. (2012). Kurikulum, pedoman dan Model pembelajaran PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal. (Buku 1). P.P 'Aisyiyah.

Rosalia, N. (2018). Tinjauan Validitas, Kepraktisan dan Keefektifan Booklet Sains Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Ejournal Pensa, 06, 32-37.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Raja Grafindo Persada.

Shobahiya, M, & Anshori, A. (2012). Materi dan Strategi Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Bagi Anak Usia Dini di Tk 'Aisyiyah Bustanul Athfal Se-Kartasura Sukoharjo. Tajdida, 10(1), 44-66.

Shobahiya, Mahasri, & Anshori, A. (2015). Pengenalan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Bagi Anak Usia Dini. University Research Colloquium, ISSN 2407-9189.

Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2472-2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970

Sukmadinata. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Surya, Y. F. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413

Syafi'i, I., Sa'diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140-160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315

Taib, B., & Mahmud, N. (2021). Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799-1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Yaqoob, N., Bibi, T., & Mansoor, M. O. (2018). Early Childhood Learning Videos on YouTube: A Thematic Analysis of Viewer's Perceptions. Journal of Early Childhood Care and Education, 2, 35-50.

Zein, R., & Puspita, V. (2021). Efektivitas Pengembangan Model Bercerita terpadu terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2168-2178. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1123


Refbacks

  • There are currently no refbacks.