Author
Zainuddin Zainuddin(1), Sulaiman W.(2), Musriaparto Musriaparto(3), Muhammad Nur(4),
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa; Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang, Indonesia(2)
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Hamzah Pansuri Subulussalam Aceh, Indonesia(3)
Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Langsa, Indonesia(4)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-05-07
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 832 times PDF Downloaded: 303 timesAbstract
Kegelisahan orang tua terhadap perilaku moral anak yang tidak mencerminkan nilai agama selalu saja terjadi, sehingga menjadi wacana hangat yang terus didiskusikan. Karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi bagaimana pembentukan perilaku nilai moral anak melalui pendidikan Islam. Penelitian ini berbentuk kualitatif kepustakaan (Librari Research) dengan menggunakan content analysis. Kesimpulan penelitian ini adalah; Pendidikan Islam melihat bahwa solusi dalam pembentukan perilaku nilai moral agama bagi anak usia dini terdiri dari lima tahap. Pertama pilihlah pasangan yang kuat agamanya, sebagai calon orang tua anak. Kedua didiklah perilaku anak mulai dari dalam kandungan dengan melakukan hal yang baik. Ketiga setelah lahir segera azankan, karena kalimat azan mengandung pendidikan nilai moral agama yang tinggi. Keempat berikan nama yang baik, karena panggilan nama yang baik adalah do’a bagi anak. Kelima berikan pendidikan di lingkungan yang baik, karena lingkungan sangat mewarnai perilaku moral agama anak
Keywords
References
Abdul Ghofur. (2019). Pendidikan Anak Prenatal Dalam Persepektif Islam. Tarbawi, 2(1984), 249-261.
Abdul Hamid, M. M. (n.d.). Sunan Abi Dawud (Juz I). Maktabah Dahlan.
Agung Hidayatulloh, M., & Laily Fauziyah, N. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149-158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02
Al-'Asqalāni, A. B. A. bin H. A.-B. (n.d.). Fat Al-Bārī Syarh Shahīh Al-Bukhāri. Dār Al-Ma'rifah.
Al-Bukhāri, A. A. M. bin I. (n.d.). Shahīh al-Bukhārī. Maktabah Dahlān.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19-31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
At-Turmudji, A. I. M. B. I. B. S. (1994). Sunan Turmudji. Dar al-Fikr.
Chomaria, N. (2015). Panduan Kehamilan Untuk Muslimah. Ziyad Books.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 3222-3229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581
Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47
Fauziddin, M. (2017). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 1-10. https://doi.org/10.22216/jcc.2016.v1i3.1277
Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Fitri, M., & Na'imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
H. Salati, S. (n.d.). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Islam.
Hasanah, N. U. (2008). Pendidikan Anak, Keteladanan, Keimanan, Cinta, Dan Kekerasan. At-Ta'dib, 9(4), 209-234.
Hasbullah. (2016). Kapita Selekta Pendidikan. Rajawali Pers.
Hasnawati. (2021). Implikasi Pendidikan Islam Sejak Anak Dalam Kandungan. Jurnal Andi Djemma, 4(1), 8-17.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Ma'arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 35. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.624
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958-964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Muslim bin Hijaj Al-Qusyairy, An-Naisabury, I. A. H. (n.d.). Shahih Muslim (Juz. II). Maktabah Dahlan.
Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Raja Grafindo Persada.
Nur, S., & Fadli, M. (2021). Development of Student's Satisfaction Instruments on The Thematic Community Service Lectures Management Using Rasch Model Analysis. Tarbawi, 7(05), 283-292. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v7i02.4988
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439-2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051
Rahma, A. (2019). Metode Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona). Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(01), 110-123. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i01.14
Sarwirini, S. (2011). Kenakalan Anak (Juvenile Deliquency): Kausalitas Dan Upaya Penanggulangannya. Perspektif, 16(4), 244. https://doi.org/10.30742/perspektif.v16i4.87
Sayyid Quthb. (2000). Tafsir Fi Dzilal al-Qur'an.
Sulaiman W. (2022). Pengembangan Kurikulum: (Sebagai Peran Guru Profesional). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2605
Suwento, R. (2016). Proses Mendengar Pada Bayi.
Tati, N. (2015). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Muslim Kontemporer ( Studi Kasus Pada Keluarga Dengan Ayah. Jurnal Psikologi Pendidikan Islam, Vol. 3 No., 8-16.
Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
W, S. (2022). Implementasi Landasan Pengembangan Kurikulum MAN 1 Aceh Tamiang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2), 2697-2703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2605
W., S. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3953-3966. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur'ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180-3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330
Yani, A. (2017). Implementasi Islamic Parenting Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Ra At-Taqwa Kota Cirebon. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 153-174. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1464
Yaqin, M. A. (2016). Pendidikan Agama Islam Dan Penanggulangan Kenakalan Siswa (Studi Kasus Mts Hasanah Surabaya). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 293. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.293-314
Refbacks
- There are currently no refbacks.