Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Pengenalan Nilai Agama Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

Author


Nurhayati Nurhayati(1Mail), I Putu Suwika(2), Dila Saphira(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tadulako, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tadulako, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tadulako, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 379KB]  Language: id
Published : 2022-05-04
Copyright (c) 2022 Nurhayati Nurhayati, I Putu Suwika, Dila Saphira

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 205 times PDF Downloaded: 106 times

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai agama dan moral anak belum berkembang dengan  baik.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan nilai agama dan moral anak. Metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian melibatkan 16 orang anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan teknik presentase dan uji-t. Berdasarkan hasil rekapitulasi pengembangan nilai agama dan moral anak sebelum diberikan perlakuan berupa penggunaan media plastisin, tidak terdapat anak dalam kategori BSB. Sesudah diberikan perlakuan diperoleh hasil kategori BSB ada 20,8%. Selanjutnya perhitungan data dilakukan dengan teknik uji-t. Sesuai hasil data perhitungan uji-t, dapat dijelaskan bahwa nilai t hitung sebesar -7.826 dengan signifikansi 0.000. Karena siginifikannya < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh permaianan plastisin terhadap pengembangan nilai agama dan moral anak pada masa pandemi covid-19 di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu


Keywords


permainan plastisin; pengenalan nilai agama dan moral; anak usia dini

References


Afdhilla, A. B., & Mahendra, S. A. (2019). Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE, 7(1), 27-35. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31219/osf.io/dbnya

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat pada Anak Usia Dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272

Awalunisah, S., & Kirani. (2021). Pengaruh Kegiatan Permainan Plastisin Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok B TK An-Nisa Kita Singgani Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Bungamputi, 2(2), 143-154. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/18367

Fuadah, Y. T. (2021). Peran Orangtua Milenial dalam Penggunaan Sosial Media pada Anak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 7(1), 121-132.
https://doi.org/10.51311/nuris.v7i2.260

Hasballah, J., Fitriani, D., & Sariani, R. (2021). Pengembangan Media Maze Hijaiyyah Untuk Menstimulasi Minat MembacaIqra' Pada Anak Usia Dini. ESTETIC : The 2nd Education, Science, and Technology International Conference 2021, 133-146.

Hidayati, W. R., Warmansyah, J., & Zulhendri, Z. (2022). Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat p ada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4219-4227. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1756

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini Asti Inawati. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51-64.

Maisaroh. (2018). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Studi Multidisipliner, 5 (1), 26-39. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v5i1.934

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659-3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884

Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021). Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183-2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850

Nurhayati, N., Awalunisah, I., & Amrullah, A. (2014). Keefektifan Metode Role Play Terhadap Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal AKRAB JUARA, 4(2), 55.

Ogemi, P. L., & Eliza, D. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Kebersihan Diri Pada Anak di TK Negeri Pembina Keliling Danau. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1), 1919-1924. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2693

Ramon, A., & Setyaningsih, T. S. A., et al. (2021). Perbandingan Efektivitas Bermain Plastisin Dengan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kesmas Asclepius, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.38215/jutek.v3i1.36

Retno, D. A. P. P. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah Kelas A RA Perwanida 1 Desa Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6449

Rohimah, N., & Apriati, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Untuk Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Membentuk Plastisin. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(1), 85-92. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p13-22

Sofyan, H. (2015). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Cv. Infomedika.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, & Yuliani, N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823-831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Zamzami, E. M. (2021). Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 985-995. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750


Refbacks

  • There are currently no refbacks.