Alternative Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca COVID-19: Stimulasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak

Author


Nadlifah Nadlifah(1), Muhammad Abdul Latif(2Mail), Siti Sarah(3), Helda Rismiyati Setyaningrum(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(4)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 505KB]

Published : 2022-03-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 714 times PDF Downloaded: 384 times

Abstract


Pembelajaran online memberikan dampak negatif pada perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran sentra main peran, pembelajaran sentra main peran pasca COVID-19, pencapaian sosial-emosional pada pembelajaran sentra main peran, dan faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif field research (lapangan) dan peninjauan pustaka. Sumber data meliputi: kepala sekolah, fasilitator, dan anak-anak di RA Tiara Chandra. Pengumpulan data dengan observasi partisipasi pasif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sentra main peran pasca COVID-19 di kelompok B RA Tiara Chandra berjalan secara optimal untuk menstimulasi perkembangan sosial-emosional anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran sentra main peran meliputi: penataan lingkungan, pemilihan kegiatan main, sumber belajar yang menarik, motivasi anak, jumlah anak, dan kondisi emosi yang tidak stabil.


Keywords


pembelajaran sentra; main peran; sosial-emosional anak; anak usia dini

References


Asmawati;, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosdakarya.

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (2007). Qualitative research for education : an introduction to theories and methods. In Alien and Bacon, Inc, New York. Pearson A & B.

Cherly Wuwung, O. (2020). Strategi Pembelajaran & Kecerdasan Emosional. Scopindo Media Pustaka.

Dahlia, S. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum PAUD 2013. PT. Remaja Rosdakarya.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. PROSPECTS, 49(1), 91-96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Denham, S. A., Mortari, L., & Silva, R. (2021). Preschool Teachers' Emotion Socialization and Child Social-Emotional Behavior in Two Countries. Early Education and Development, 1-26. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.2015915

Depdiknas. (2007). Pedoman Penerapan Pendekatan "Beyond Centers and Circle Time (BCCT)" (Pendekatan Sentra dan Saat Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non formal.

Dewi, F. Y., Rini, R., & Sofia, A. (2017). Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14096/10248

Dkk., M. L. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Kencana.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Rajawali Press.

Fadlillah, M. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar PAUD. Samudra Biru.

Fatmawati, F., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25-34. https://doi.org/10.14421/jga.2019.42-03

Febriana, E., & 'Aziz, H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran untuk Menanamkan Nilai Moral Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 115-130. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-05

Fitriana, E., Rini, R., & Sofia, A. (2018). Model Pembelajaran Sentra. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 1-13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14958

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825-1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hasanah, N. (2020). Implementasi Model Sentra Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK IT Al-Hasna. Jurnal Golden Age, 4(01), 167-181. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2224

Ikasari, M. N. (2020). Upaya Guru Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Usia Dini Melalui Sentra Main Peran di TA Al-Mannar Ponorogo. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 81-99. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i1.2144

Jahja, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Kencana.

Kartini, K. (2021). Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota dan Perdalaman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 809-818. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.880

King, E. K. (2020). Fostering toddlers' social emotional competence: considerations of teachers' emotion language by child gender. Early Child Development and Care, 191(16), 2494-2507. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1718670

Lailan, A. (2017). Model Pembelajaran Sentra Pendidikan Anak Usia Dini. An-Nahdhah: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 191-202. https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/52

Lestarini, Y. (2013). Penerapan Model Pembelajaran BCCT untuk Meningkatkan Minat dan Aktivitas Belajar Anak Kelompok B TK Bumi Gora BPKBM NTB. Pendidikan Dasar, 3(2).

Luo, L., Snyder, P., Huggins-Manley, A. C., Conroy, M., & Hong, X. (2021). Chinese Preschool Teachers' Implementation of Practices to Support Young Children's Social-Emotional Competence. Early Education and Development, 32(8), 1083-1102. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1841594

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini. Kencana.

Mashar. (2011). Emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Prenada Media Group.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Nurhasanudin, & Santika, T. (2021). Pendekatan Sentra Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JoCE (Journal of Community Education), 2(1 SE-Artikel), 38-42. https://journal.unsika.ac.id/index.php/joce/article/view/4500

Nurhayani. (2014). Peran Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kemampuan Pengendalian Emosi pada Anak. Jurnal Tarbiyah, 21(1).

Nurhayati, R., & Nizar, M. (2017). Peningkatan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Sentra Main Peran. TARBIYA ISLAMIA : Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 6(2), 156-172. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/99

Pokhrel, S., & Chhetri, R. (2021). A Literature Review on Impact of COVID-19 Pandemic on Teaching and Learning. Higher Education for the Future, 8(1), 133-141. https://doi.org/10.1177/2347631120983481

Rahman, H. S. . (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PGTKI Press.

Sujono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Sumiyati, S., Masruri, S., & Maemonah, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1261-1268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.814

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161-176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Ulfa Maulidya, S. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/paud/393-konsep-dasar-paud.html

Ulfa, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak di KB Amal Insani Yogyakarta. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1 SE-Articles).

Wijayani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Gava Media.

Winda Gunarti, D. (2010). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.