Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat

Author


Sulaiman W.(1Mail),
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam-Aceh Tamiang, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 360KB]  Language: id
Published : 2022-03-27
Copyright (c) 2022 Sulaiman W Sulaiman W W.

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 502 times PDF Downloaded: 149 times

Abstract


Belum maksimalnya pelaksanaan pendidikan Islam bagi anak di usia emas pada tataran praktiknya ternyata meninggalkan masalah dan tantangan. Oleh karena itu, seorang tokoh yang komit terhadap pendidikan Islam di usia dini “Dradjat” mencoba mengajukan gagasan atau ide mengenai metode dalam pendidikan karakter anak. Tokoh ini sangat berpengaruh, serta memiliki karya-karya monumental dalam bidang pendidikan karakter anak. Berdasarkan alasan ini peneliti tertarik mengkaji Bagaimana Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Pembahasan penelitian kualitatif ini mengambil studi kepustakaan yang menyangkut kajian pemikiran tokoh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan Islam bagi anak menurut Zakiah Drajat bukan saja dimulai sejak lahir, akan tetapi harus diterapkan sejak dari kandungan ibu. Usia emas  periode golden age dimulai dari masa kehamilan 0 (nol) tahun. Adapun upaya yang harus dilakukan adalah dengan mewujudkan lingkungan yang baik bagi anak, terutama lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Menguatkan kedudukan kedua orang tua sebagai contoh teladan yang baik bagi anak


Keywords


pendidikan islam; anak usia emas; zakiah dradjat

References


Abdul Hamid, M. M. (n.d.). Sunan Abi Dawud (Juz I). Maktabah Dahlan.

Agama, K. (n.d.). Alquran dan Tewrjemah ((Q.S. Al-A). Kementerian Agama.

Al-Bukhāri, A. A. M. bin I. (n.d.). Shahīh al-Bukhārī. Maktabah Dahlān.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Ansori, Y. Z. (2021). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261-270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Dradjat, Z. (1993). Ketenangan dan Kebahagiaan Dalam Keluarga. PT. Bulan Bintang.

Dradjat, Z. (1996). Ilmu Jiwa Agama (cet. xv,). Bulan Bintang.

Dradjat, Z. (2001). Menumbuhkan Minat Beragama dan Pembinaan Akhlak Pada Anak Balita, dalam buku; Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja. PT. Logos Wacana Ilmu.

Dradjat, Z. (2012). Ilmu pendidikan Islam. PT.Bumi Aksara.

Dradjat, Z. et. a. (2008). Ilmu Pendidikan Islam (cet. 7). Bumi Aksara.

Fauziddin, M. (2017). Penerapan Belajar Melalui Bermain Balok Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. 5(1), 1-10. https://doi.org/10.22216/jcc.2016.v1i3.1277

Fitri, Z. (2017). Pemikiran Prof. Dr. Zakiah Dradjat, MA Tentang Pendidikan Moral (Analisis Buku Membina Nilai-Nilai Moral di Indonesia. IAIN Sala Tiga, Program Studi PAI.

Haryanto, S. (2015). Study Pemikiran Zakiah Dradjat Tentang Menumbuhkan Minat Anak Terhadap Pendidikan Agama. Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Wali Songo.

Hasanah, N. U. (2008). Pendidikan Anak, Keteladanan, Keimanan, Cinta, Dan Kekerasan. At-Ta'dib, 9(4), 209-234.

Hastati, Netty, D. (2005). Islam dan Psikologi. PT. Raja Grafindo Persada.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Ismail, T. (2015). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Menurut Prof. Dr. Zakiah Dradjat. Ismail, Taufik. (2015). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Menurut Prof. Dr. Zakia UIN Fak. Tarbiyah dan Keguruan, Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lexy j., M. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Ma'arif, M. A. (2017). Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI menurut Az-Zarnuji. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 35-60.
https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.624

Mursid. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Remaja Rosda Karya.

Muslim bin Hijaj Al-Qusyairy, An-Naisabury, I. A. H. (n.d.). Shahih Muslim (Juz. II). Maktabah Dahlan.

Nana Syaodih, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (cet. 8). PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2005). Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Nunzairina, N. (2018). Sejarah Pemikiran Psikologi Islam Zakiah Daradjat. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(1), 99. https://doi.org/10.30829/j.v2i1.1793

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Purwanto, M. N. (2004). Psikologi Pendidikan (cet. XX). PT. Remaja Rosdakarya.

Rahma, A. (2019). Metode Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (Studi Komparasi Pemikiran Zakiah Daradjat Dan Thomas Lickona). Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 1(01), 110-123. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v1i01.14

Rantina, M., Hasmalena, H., & Nengsih, Y. K. (2020). Stimulasi Aspek Perkembangan Anak Usia 0-6 Tahun Selama Pandemi Covid- 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1578-1584. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.891

Rantina, M., Hasmalena, H., & Yosef, Y. (2019). Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.351

Rohita, R. (2020). Pengenalan Covid-19 pada Anak Usia Prasekolah: Analisis pada Pelaksanaan Peran Orangtua di Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.528

Sinaga, E. S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279-287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1264

Sudaryanti, S. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11-20. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.

Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341-352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296

Syah, M. (1997). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Syamsul, K. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Implementasinya Secara Terpadu Di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Ar-Ruzz Media.

Utami, F., Rantina, M., & Edi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Anak Menggunakan QR Code Pada Materi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1976-1990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1882

Wahyudin, D. (2011). Penilaian Perkembangan anak Usia Dini. Bandung, Refika Aditama.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.