Pengaruh Pembiasaan, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak

Author


Wahyuni Wahyuni(1Mail), Harun Al Rasyid(2),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 453KB]  Language: id
Published : 2022-02-14
Copyright (c) 2022 wahyuni wahyuni

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 253 times PDF Downloaded: 116 times

Abstract


Kemandirian anak dapat dipengaruhi oleh faktor instrinsik seperti: kondisi fisik, bakat, minat, motivasi, IQ, emosi, dan kepribadian; dan faktor ekstrinsik seperti: pola asuh orang tua, budaya sekolah, kondisi masyarakat dan teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembiasaan, kecerdasan emosi, dan dukungan orang tua terhadap kemandirian anak. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 5 TK/RA dengan jumlah peserta didik 266 anak, dan jumlah sampel yang diambil adalah 160 anak, yang dihitung berdasarkan rumus Tara Yamane dengan presisi 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembiasaan, kecerdasan emosi, dan dukungan orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak baik secara parsial maupun secara simultan. Temuan ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan kemandirian anak, orang tua harus membiasakan perilaku yang baik kepada anak, mendorong anak untuk dapat bergaul dengan teman sebayanya, dan orang tua harus selalu memberikan dukungan atau memberikan penguatan positif kepada anak.


Keywords


pembiasaan; kecerdasan emosi; dukungan orang tua; kemandirian anak

References


Ali, M., & Asrori, M. (2014). Psikologi Perkembangan Remsjs. Bumi Aksara.

Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Abstrak. 5(1), 127-134. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Amini, M., & Mariyati. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. 5(2), 2101-2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Anhusadar, L. O., & Islamiyah. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19 Abstrak. 5(1), 463-475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Anwar, & Ahmad, A. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Alfabeta.

Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588-600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994

Garnika, E., & Suarti, N. K. A. (2018). Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Permata Bangsa. Jurnal Realita, 3(5), 1-7.
https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10529

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Gramedia Pustaka Utama.

Hasanah, A. R. (2012). Hubungan Antara Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Pondok Pesantren. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1-7.

Hayati, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Proses Penerapan Etika Bertoilet pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(1), 316-325. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.334

Hayati, F., & Hanum, C. F. (2017). Persepsi Guru PAUD Terhadap Kegiatan Bermain Peran Sebagai Stimulus Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 1-8.

Hidayati, N. I. (2014). Pola Asuh Otoriter Orang Tua, Kecerdasan Emosi, dan Kemandirian Anak SD. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 1-8.
https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.364

Jeti, L., Manan, Risman, K., & Edison. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Application of Philosophy Values of Bhinci-Bhinciki Kuli in Early Childhood at Wolio Community Abstrak. 5(1), 530-537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.643

Kurniati, E., Kusumanita, D., Alfaeni, N., & Andriani, F. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Abstrak. 5(1), 241-256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Kusumaningtyas, L. E. (2015). Dampak Overprotektif Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak. Widya Wacana, 10(1), 1-12.

Latan, H., & Temalagi, S. (2018). Analisis Multivariate. Alfabeta.

Lau, Y. S., Rahardjo, M. M., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Meningkatkan Budaya Antri Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Berbaris Sesuai Warna. 5(1), 755-762. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.624

Lilawati, A. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi Abstrak. 5(1), 549-558. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Ningtyas, B. T. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Activities Of Daily Living Pada Anak Prasekolah Di KB dan TK Sanggar Sahabat Sejati Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

Pagarwati, L. D. A., & Rohman, A. (2021). Grandparenting Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1229-1239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.831

Pramono, D., Risnawati, A., & Siliwang, I. (2018). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Research & Learning in Early Childhood Education Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung * Corresponding author : Dikdik Pramono. 2(1), 64-69.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8

Purnama, S., & Hidayati, L. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Hikayat Indraputra. 4(2), 520-542. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.391

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Sa'diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat, XVI(1), 31-46.
https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Sari, C. R., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. 3(2), 416-424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Setiani, I., & Setyo, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Media Pilar Karakter 2 Pada TK B Di RA Nusantara 02 Semarang. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 1-6.

Shapiro, L. E. (2018). Mengajarkan Emotional Intellegence. Gramedia Pustaka Utama.

Siahaan, Y. E., Sutapa, P., & Yus, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Orangtua terhadap Perilaku Agresif verbal Anak Usia 5-6 Tahun. 5(2), 1472-1486. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.890

Siregar, A. B. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Santriwan-Santriwati Muhammadiyah Boarding School Prambanan Yogyakarta. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.70

Sit, M. (2015). Psikologi perkembangan anak usia dini. Perdana publishing.

Srianita, Y., Ruf, M., & Meilanie, S. M. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan ( Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta ). 4(1), 152-161. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini. Bumi aksara.

Utami, F., & Prasetyo, I. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. 5(2), 1777-1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Wijayanti, D. S. (2020). Kegiatan Pembiasaan Prapembelajaran untuk Meningkatkan Karakter Siswa di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas. Institut Agama Islam Negeri.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.