Abstract


Kemandirian anak dapat dipengaruhi oleh faktor instrinsik seperti: kondisi fisik, bakat, minat, motivasi, IQ, emosi, dan kepribadian; dan faktor ekstrinsik seperti: pola asuh orang tua, budaya sekolah, kondisi masyarakat dan teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembiasaan, kecerdasan emosi, dan dukungan orang tua terhadap kemandirian anak. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 5 TK/RA dengan jumlah peserta didik 266 anak, dan jumlah sampel yang diambil adalah 160 anak, yang dihitung berdasarkan rumus Tara Yamane dengan presisi 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembiasaan, kecerdasan emosi, dan dukungan orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak baik secara parsial maupun secara simultan. Temuan ini berimplikasi bahwa untuk meningkatkan kemandirian anak, orang tua harus membiasakan perilaku yang baik kepada anak, mendorong anak untuk dapat bergaul dengan teman sebayanya, dan orang tua harus selalu memberikan dukungan atau memberikan penguatan positif kepada anak.


Keywords


pembiasaan; kecerdasan emosi; dukungan orang tua; kemandirian anak