Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya

Yubariku Fika(1Mail), Sri Martini Meilanie(2), Lara Fridani(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 yubariku fika

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Full Text:    Language : id
Submitted : 2019-07-12
Published : 2019-09-16

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bicara bahasa indonesia anak di TK Ardiliana Amalia Palembang kelompok B2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research). Subjek penelitian di TK Ardiliana Amalia kelompok B2 berjumlah 18 anak,. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan bicara bahasa Indonesia anak melalui penerapan kegiatan bermain peran. Pada siklus pertama kemampuan bicara bahasa Indonesia anak mengalami peningkatan dari 1 anak yang hanya dapat memahami bahasa indoensia menjadi menjadi menjadi 9 anak. Pada siklus kedua kemampuan bicara bahasa Indonesia anak meningkat kembali dari 9 anak menjadi 14 anak. Berdasarkan kesepakatan antara peneliti dengan kolabolator bahwa, penelitian dikatakan berhasil jika mencapai 71% dari jumlah anak yaitu  13 dari 18 anak mencapai TCP minimal yang ditentukan bersama kolabolator maka penelitianpun dihentikan. Adapun indikator yang digunakan yaitu aspek pelafalan, kosakata, kelancaran, dan pemahaman. Penelitian ini menyimpulkan bahawa penerapan kegiatan bermain peran dapat meningkatkan kemampuan bicara bahasa Indonesia anak


Keywords


bermain peran berbasis budaya; kemampuan bicara; bahasa indonesia

References


Abdul Chaer. (2012). Linguistik Umum Edisi Revisi. jakarta: Rineka Cipta.

Angelina Llieva. (2008). Cultural Language of Role Playing. Academy of Science, 27.

Bodley, J. H. (2000). Cultural Antrapologi, Tribes, States, The Global System. Washington University. Toronto: Mayfield Company.

BPBB. (2011). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Politik Bahasa. jakarta: BPBB.

Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. jakarta: Pearson Education, Inc.

Chaer, A. (2001). Tata bahasa praktis Bahasa Indonesia edisi revisi. jakarta: Rineka Cipta.

Craig A. Mertier. (2009). Action Research second edition. USA: Sage Publications Inc.

Crapo, R. H. (2002). Cultural Antropology, Understanding Ourselves & Others. New York: MC Graw Hill.

David Hopkins. (2002). A Teacher’s Guide To Classroom Research. Great Britian.

Diane E. Papalia, et, al. (2010). Human Development (Psikologi perkembangan). jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diane Trister Dodge, L. J. C. (2001). The Creative Curriculum for Early Childhood. Washingtob DC.

Douglas, B. H. (2004). Language Assesment: Principles and Classroom Practice. New York: Longman.

Fridani, L., Lestari, A. (2009). Inspriring Education PAUD. Jakarta : PT Alex Media Komputindo

Gay L.R., Mills Geoffrey E., A. P. (2009). Educational Research Competencies for Analysis and Application. USA: Pearson Education.

Geoffrey E Mills. (2000). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Pearson Education.

Hamzah B, U. (2007). Model Pembelajaran, Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huberman, M. M. B. dan. (2007). Analisis Data Kualitatif. jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hurlock B. Elizabeth. (2001). Child Development Sixth Edition. jakarta: Erlangga.

Hurlock B. Elizabeth. (2012). Perkembangan anak. jakarta: Erlangga.

Irawati, I. (2014). Improving Student ’ S Speakingability Through Communicative Language Games. 25 Magistra No. 87 Th. XXVI Maret 2014 ISSN 0215-9511, (87), 25–36. https://doi.org/10.7171/jbt.14-2503-002

Iskandar Wassid, dkk. (2011). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jhon Santrock. (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi kedu). jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kathleen A. Roskos & James F. Christie. (2007). Play and Literacy in Early Childhood. New York: Taylor & Francis Group.

Lilis Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. jakarta: Prenada media Group.

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S. (2001). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mary Lynn Crow & Larry P. Nelson. (2015). The effect of using academic role-playing in a teacher education service-learning course. America: The University of Texas.

Moore Kenneth D. (2005). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice. California: Thousand Oaks.

Moyles Janet. (2012). A to Z of Play in Early Childhood. USA: Open University Press.

Mukhtar Latif dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidian Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana

Muliawan, J. U. (2009). Tips jitu memilih mainan positif dan kreatif untuk anak anda. Yogyakarta: Diva Press.

Mutiah, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ngalim. (2011). Evaluasi Pengajaran. jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Ombak.

Puji Santosa, dbk. (2011). Materi dan Pembelajaran bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purba, S. M. dan. (2009). PEmbelajaran Berbicara. jakarta: Depdiknas.

Saddhono Kundharu dan slamet. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Shane Mc and Glinow. (2007). Organizational behaviour, fourt edition (McGraw Hil). USA: Prentice Hall.

Stephen P robin. (2003). Perilaku organisasi. jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. jakarta: Alfabeta.

Sujiono. (2010). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Index.

Suwarsih, M. (2012). Penelitian Tindakan Action Research. Bandung: Alfabeta.

Uichol Kim, K. Y. & K.-K. H. (2010). indergenous and Cultural Psychology. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahab Abdul Aziz. (2010). Metode dan Model-Model mengajar; Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Westrup, U. (2013). Role-play as a pedagogical method to prepare students for practice : The students ’ voice, 3(3), 199–210.

Yaumi dan Damoplli. (2014). Action Research teori , model dan Aplikasi. jakarta: Kencana.

Yusuf Syamsu. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 52 times
 PDF Downloaded : 0 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.