Pemahaman Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada Calon Guru PAUD

Author


Avanti Vera Risti Pramudyani(1Mail), Toni Kus Indratno(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 557KB]  Language: id
Published : 2022-04-09
Copyright (c) 2022 Avanti Vera Risti Pramudyani, Toni Kus Indratno

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 263 times PDF Downloaded: 93 times

Abstract


Pendekatan STEAM atau Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic merupakan pendekatan pembelajaran yang dikembangkan pada PAUD. STEAM menajdi pendekatan yang sesuai bagi anak usia dini dikarenakan pendekatan ini mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan menumbuhkan kemampuan problem solving. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pemahaman calon guru profesional terkait pendekatan STEAM. Penelitian dilakukan dengan survey cross-sectional. Populasi dalam penelitian adalah 1183 mahasiswa. Responden dalam penelitian sejumlah 140 mahasiswa dan diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa PPG DALJAB bidang studi PAUD, aktif selama PPG, menggunakan STEAM. Data diperoleh menggunakan kuesioner melalui Gform, disebarkan dengan aplikasi Whats App Group. Hasil penelitian memperlihatkan pemahaman mahasiswa terkait pendekatan STEAM terdiri dari intepretasi, unsur, contoh, pengembangan, pembuktian menunjukkan pemahaman sangat baik dan tepat terutama pada aspek pengembangan dengan pemanfaatan loose part, salah satu media pembelajaran yang dikembangkan. Namun pada unsur STEAM yaitu technology dan mathematic sebagian kecil mahasiswa memiliki pemahaman sesuai dengan konsep STEAM.


Keywords


science; technology; engineering; art dan mathematic; calon guru profesional, anak usia dini

References


Amalia, D., Sutarto, J., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233-1246. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1765

Bashir, Fozia; Nizar, Muhammad; & Gul, A. (2020). Teachers' Perceptions and Practices of Cooperative Learning and Its Influence on Classroom Learning. Sir Syed Journal of Education & Social Research, 3(2), 278-289. https://doi.org/10.36902/sjesr-vol3-iss2-2020(278-289)

Buzz, W. P., Kelly, T. K., Adamson, D. M., Bloom, G. A., Fossum, D., & Gross, M. E. (2004). Will the scientific and technology workforce meet the requirements of the federal government? RAND. https://doi.org/10.7249/MG118

Dalam, W. W. W., & Sinarti, S. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Auditing di Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 100-106. https://doi.org/10.30871/jaat.v4i1.1110

Dini, D. P. A. U. (2020). Anak Kreatif, Mandiri & Berkarakter: Praktik Baik Penyelenggaraan PAUD Berbasis STEAM. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fatimah, F., Aprianti, H., & Ulfa, N. M. (2022). Studi Implementasi STEAM ( Sciece , Technology , Engineering , Art , and Mathematics ) dalam Pembelajaran di Jenjang PAUD Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 392-402.

Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 275-281.

Hasnawati, Hasnawati, and Asmar, Syaiful and Masdafi, Masdafi and Rusdiana, R. (2019). Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Dengan Pendekatan Saintifik. BP-PAUD dan Dikmas Sulawesi Selatan. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/18412

Henriksen, D. (2017). Creating STEAM with Design Thinking: Beyond STEM and Arts Integration. Steam, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.5642/steam.20170301.11

Jolly, A. (2014). What Is STEM Education? STEM by Design, 1(14), 1-9. http://www.fate1.org/journals/2014/white.pdf

Juliana Utley, T. I. J. C. (2020). Engineering and STEM education. School Science and Mathematics, 120(7), 377-378. https://doi.org/10.1111/ssm.12435

Kuncoro, A., & Ermawati, N. (2017). Faktor faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman IFRS (international financial reporting standar). Jurnal STIE Semarang, 9(9), 1689-1699.

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727-3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lisa, L. (2018). Pengenalan Berhitung Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak: Bunayya, IV(2), 1-14. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/6805

Mcclure, E. R., Guernsey, L., Clements, D. H., Bales, S. N., Nichols, J., Kendall-Taylor, N., & Levine, M. H. (2017). STEM starts early: Grounding science, technology, engineering, and math education in early childhood. http://joanganzcooneycenter.org/publication/stem-starts-early

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3), 1-8. https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10333

Munawar, M., Roshayanti, F., & Sugiyanti, S. (2019). Implementation Of Steam (Science Technology Engineering Art Mathematics) - Based Early Childhood Education Learning In Semarang City. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(5), 276. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i5.p276-285

Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreaivitas AUD. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 1(1), 19-31.

Pramudyani, A. V. R. (2020). The Effect of Parenting Styles for Children's Behaviour on Using Gadget at Revolution Industry. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51-59. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.520

Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Royyan Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=QyGlDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP2&dq=jurnal+tentang+implementasi+stem+dalam+PAUD&ots=KTTMOqIZ9c&sig=x0nkYjAh8rNNB0pWb3V72JxNrfw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Safitri, Muharrami, L. K., Hadi, W. P., Yuniasti, A., & Wulandar, R. (2021). Faktor Penting Dalam Pemahaman Konsep Siswa Smp : Two-Tier Test Analysis. Jurnal NAtural Science Educational Research, 4(1), 45-55.

Sahin, I. (Ed.). (2020). Highlights in Education and Science 2020 (Issue December). ISRES Publishing. https://www.researchgate.net/publication/347976048_STEM_Education_Dimensions_from_STEM_Literacy_to_STEM_Assessment

Sa'ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal KAjian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 123-128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128

Septiani, I., & Pancasakti, U. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(04), 194.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 774-783.
https://doi.org/10.30998/prossnp.v1i0.29

Syafi'i, Imam & Dianah, N. D. (2016). Pemanfaatan Loose Part dalam Pembelajaran STEAM pada Anak Usia Dini. Aulada, 3(1), 105-114.

Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297-309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305

Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Nurjanah, N. E., Dewi, N. K., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., & Sholeha, V. (2020). the Utilization of Loose Parts Media in Steam Learning for Early Childhood. Early Childhood Education and Development Journal, 2(2), 1. https://doi.org/10.20961/ecedj.v2i2.46326

Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Analisis Unsur Art Pada Pembelajaran Steam Untuk Anak Usia Dini. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 135. https://doi.org/10.32832/jpg.v1i3.3284


Refbacks

  • There are currently no refbacks.