Abstract
Pendekatan STEAM atau Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematic merupakan pendekatan pembelajaran yang dikembangkan pada PAUD. STEAM menajdi pendekatan yang sesuai bagi anak usia dini dikarenakan pendekatan ini mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan menumbuhkan kemampuan problem solving. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pemahaman calon guru profesional terkait pendekatan STEAM. Penelitian dilakukan dengan survey cross-sectional. Populasi dalam penelitian adalah 1183 mahasiswa. Responden dalam penelitian sejumlah 140 mahasiswa dan diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa PPG DALJAB bidang studi PAUD, aktif selama PPG, menggunakan STEAM. Data diperoleh menggunakan kuesioner melalui Gform, disebarkan dengan aplikasi Whats App Group. Hasil penelitian memperlihatkan pemahaman mahasiswa terkait pendekatan STEAM terdiri dari intepretasi, unsur, contoh, pengembangan, pembuktian menunjukkan pemahaman sangat baik dan tepat terutama pada aspek pengembangan dengan pemanfaatan loose part, salah satu media pembelajaran yang dikembangkan. Namun pada unsur STEAM yaitu technology dan mathematic sebagian kecil mahasiswa memiliki pemahaman sesuai dengan konsep STEAM.