Author
Norhikmah Norhikmah(1), Nahdiyatul Fitria Rizky(2), Dwi Puspita(3), Saudah Saudah(4),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia(3)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia(4)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2022-03-24
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 784 times PDF Downloaded: 553 timesAbstract
Mewabahnya Virus covid-19 mampu merubah semua sistem diantaranya sistem pendidikan sehingga menuntut adanya inovasi pembelajaran diantaranya menerapkan pembelajaran berbasis proyek menggunakan pendekatan destinasi imajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implemebtasi pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan destinasi imainasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran di TK Pematang Permai dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan destinasi imajinasi secara sederhana dapat memfasilitasi belajar peserta didik dengan memanfaatkan alat dan bahan yang terdapat disekitar lingkungan tempat tinggal peserta didik. Invasi pembelajaran dapat dilakukan dari perencanaan maupun pelaksanaanya sehingga pecapaian pembelajaran dapat terukur dengan baik. Pentingnya Inovasi dalam pembelajaran dapat dapat mendorong kemampuan anak untuk mengeksplorasi ide, minat dan kretifitasnya agar dapat berguna untuk masa depan, peserta didik juga dibekali keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan untuk menganalisis kelemahan dan kekuatan serta minat yang dimiliki oleh peserta didik melalui proyek yang diberikan kepada anak.
Keywords
References
Beisel, K. (2021). Childhood Education Inovations Project Based Learning. Taylor and Friends Group.
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi. In ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan: Vol. VII (Issue 1). Prenadamedia Group.
Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931–940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673
Hayati, M., & Purnama, S. (2019). perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. PT RajaGrafindo Persada.
Islam, D. P. T. K. (2018). Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam (FAI) pada Perguruan Tinggi. 185–186. http://diktis.kemenag.go.id/NEW/file/dokumen/2815324462893280LFULL.pdf
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. In Jurnal Golden Age (ke-3, Vol. 1, Issue 02). Pustaka Pelajar. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546
Lubis, M., Yusri, D., & Gusman, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19). Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.1
Marcia, A., & Nurhafizah, N. (2022). Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2610–2618.
Marlina, S., Qalbi, Z., & Putera, R. F. (2020). Efektivitas Kemerdekaan Belajar Melalui Bermain Terhadap Karakter Anak TK Baiturridha Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 83–90.
Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD (P. Latifah (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Kreativitas, 6(1), 60–71.
Sari, A. Y., Astuti, R. D., & Pendahuluan, A. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning Untuk Anak Usia Dini. MOTORIC: (Media of Teaching Oriented and Children), 1(1),
Sasmita, R. J., Tarwiyah, T., & Sumadi, T. (2021). Pendekatan Reggio Emilia dalam Menjawab Tantangan Kemampuan Anak Usia Dini Abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 182–207. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217
Saudah. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Tahap Dasar Di Ra Al-Muslimun Palangka Raya. Jurnal Tunas Siliwangi. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/2079/1123
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. In Pendidikan Anaka Usia Dini. Kencana.
Susanti, S. M., Henny, H., & Marwah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1987–1996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.775
Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Syah, M. N. S. (2016). Implementasimodel Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Sentra Pada Kelompok Belajar Naneymi Alam Muria Kudus.
Widiastuti, S. (2015). Pembelajaran Proyek Berbasis Budaya Lokal untuk Menstimulasi Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2907
Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248
Yudhira, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Value, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177
Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491
Refbacks
- There are currently no refbacks.