Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Belajar dari Rumah di Kota Bengkulu

Author


Ami Satriyana(1Mail), Fatrica Syafri(2), Ali Akbarjono(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia(2)
Pendidikan Manajemen, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 258KB]  Language: id
Published : 2022-09-22
Copyright (c) 2022 ami satri yana

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 350 times PDF Downloaded: 328 times

Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh Sistem pembelajaran daring sangat berbeda dengan sistem pembelajaran tatap muka sebelumnya. Guru dan orang tua mengalami banyak kendala saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dilakukan guru pada masa belajar dari rumah di Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di PAUD Harapan Bunda, PAUD Muslifa, PAUD Harapan Ananda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dilakukan guru pada masa belajar dari rumah di Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu di PAUD Harapan Bunda, PAUD Muslifa, PAUD Harapan Ananda itu guru rata-rata tidak dapat melakukan evaluasi secara maksimal dikarenakan pembelajaran daring sangat banyak mengalami kendala seperti orang tua tidak ada alat komunikasi, Guru tidak membuat RPPM khusus pembelajaran daring, tidak ada kuota, tugas tidak dikumpulkan tepat waktu.


Keywords


evaluasi pembelajaran; pembelajaran daring; pendidikan anak usia dini

References


Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum. Gava Media.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2012). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Fajriati, R., Na’imah, N., Hibana, H., Putro, K. Z., & Labziah, L. (2022). Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3877–3888. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1730

Hajeni, H., Marhani, M., & Febrianti, L. (2022). Optimalisasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3242–3252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2327

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hayati, M., & Purnama, S. (2019). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raja Grafindo Persada.

Kresnamurti, R., Fauziyah, D. N., & Syafrida, R. (2021). Efektivitas Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 1(4), 7–13. https://ejournal.polraf.ac.id/index.php/JPVR/article/view/91

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Kurniasih, D., & Wulan, S. (2022). Pembelajaran jarak jauh : Media Daring untuk Anak Usia Dini di masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4153–4162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2473

Listiana, A., Rachmawati, Y., Adriana, N. P., & Tritita, T. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di TK Dari Perspektif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2711–2717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1969

Marcia, A., & Nurhafizah, N. (2022). Problematika Penerapan Sistem Belajar Daring dan Luring Terhadap Anak pada Masa Pandemi Covid 19 dan New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2610–2618. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2206

Nirmala, B., & Annuar, H. (2020). Home Visit: Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1052–1062. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.716

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurliana, Bachtiar, M. Y., & Ichsan, I. R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 451–460.

Nursalim, M., Sujarwananto, Yuliana, I., Rifayanti, Z. E. T., Jannah, N. L., Adhe, K. R., Ningrum, M. A., Murni, A. W., Pratiwi, E. Y. R., Dewani, H. W., Nugroho, A. S., Fauziddin, M., Komalasari, D., Widayati, S., Marzuki, I., & Siswanto, M. B. E. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Jakad Media Publishing.

Prasetyo, T., & MS, Z. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1). https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.2769

Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021). Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Abdidas, 2(4), 894–902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388

Rahiem, M. D. H., Fitri, A., & Faeruz, R. (2022). Video Pembelajaran dan Lembar Kerja pada Pembelajaran Anak Usia Dini Selama COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3967–3980. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2435

Wahyuni, S., Putra, E. M., & Fauziddin, M. (2022). Performance of Satuan PAUD Sejenis Managers through Managerial and Supervision Capability analysis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5734–5746. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2829

Wulan, R. E. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Zainal, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. PT Remaja Rosadakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.