Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh Sistem pembelajaran daring sangat berbeda dengan sistem pembelajaran tatap muka sebelumnya. Guru dan orang tua mengalami banyak kendala saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dilakukan guru pada masa belajar dari rumah di Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di PAUD Harapan Bunda, PAUD Muslifa, PAUD Harapan Ananda. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran anak usia dini yang dilakukan guru pada masa belajar dari rumah di Kelurahan Sumur Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu di PAUD Harapan Bunda, PAUD Muslifa, PAUD Harapan Ananda itu guru rata-rata tidak dapat melakukan evaluasi secara maksimal dikarenakan pembelajaran daring sangat banyak mengalami kendala seperti orang tua tidak ada alat komunikasi, Guru tidak membuat RPPM khusus pembelajaran daring, tidak ada kuota, tugas tidak dikumpulkan tepat waktu.


Keywords


evaluasi pembelajaran; pembelajaran daring; pendidikan anak usia dini