Manajemen Pembelajaran Work From Home (WFH) dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

Author


Aat Maratun Sholehah(1Mail), Erni Munastiwi(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 282KB]  Language: id
Published : 2022-06-09
Copyright (c) 2022 Aat Maratun Sholehah, Erni Munastiwi

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 148 times PDF Downloaded: 49 times

Abstract


Kedatangan pandemic covid-19 membawa pengaruh diberbagai sektor, seperti pendidik yang menerapkan Work from home. Sekolah dilakukan di rumah tanpa mengurangi berbagai aspek perkembangan anak terutama kreativitas. Penelitian bertujuan memberikan pengetahuan mengenai penerapan manajemen pembelajaran work from home dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Metode kualitatif deskriptif dipilih dan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel (purposive sampling) sebanyak 8 informan (4 anak dan 4 orang tua). Hasil penelitian menunjukkan manajemen pembelajaran WFH dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini mempunyai dampak baik dalam pembelajaran yang dilakukan di rumah. Kegiatan kreativitas yang dilakukan berupa cooking home dan eksplorasi bahan alam. Pemanfaatan waktu bersama ibu dalam kegiatan memasak, membuat kue, kemudian penggunaan suatu alat dan bahan yang didapatkan dari sekitar lingkungan alam sekitar yang mampu menstimulasi kreativitas. Berdasarkan kegiatan akibat pandemic Covid-19 yaitu WFH tetap produktif dan kreativitas terstimulus dengan baik.


Keywords


manajemen; wfh; kreativitas; anak usia dini

References


Abd. Aziz, D. (2020). Work From Home "Produktivitas Kerja Selama di Rumah." Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Afrillia Fahrina, dkk. (2020). Minda Guru Indonesia: Peran Guru dan Keberlangsungan Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikian Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid_19 ) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 07(01). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Ainun Mustarsyida & Erni Munastiwi. (2021). Problematika Orang Tua dalam Mendampingi Anak pada Pembelajaran Era pandemi Covid-19. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.29240/jbk.v5i1.1901

Ana Ulin Nadhira, A. M. S. (2020). Online learning time management in kindergarten balleturi dharma wanita 1. Aṣ-Ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81-94.

Apriani Safitri, Kabiba, Nasir, N. (2021). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209-1220. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.811

Astuti, D., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar Dalam Sistem Pembelajaran Online Pada Situasi Work From Home (Wfh). Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1), 129-139. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11655

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 295. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Ayu Puspitasari, T. R. N. (2020). Optimalisasi Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Adversity Quotient (AQ) Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elkatarie : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 439-458. https://doi.org/doi.org/10.1234/elkatarie.v3i2.4019

Hikmawati, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Perpustakaan Efektif dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Golden Age : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3), 165-178. https://doi.org/10.14421/jga.2018.33-03

Ikhlash, M., Rafika, M., & Hasibuan, D. K. (2020). Implementasi Work from Home terhadap Motivasi dan Kinerja Dosen di Indonesia. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(2), 263-269. https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i2.2692

Kasmadi. (2013). Membangun Soft Skills Anak-Anak Hebat. Bandung: Alfabeta.

Kuswanto, C. W., & Rafitasari, H. (2022). Perkembangan Fisik Anak Usia Dini Saat Work From Home Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 87-97.

M Ardi Sulata & Abdul Aziz Hakim. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan UNESA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(3).

Muhammad Fatoni, dkk. (2020). WORK from Work From Home " Produktivitas Kerja Selama di Rumah (Issue 46). Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Mungkasa, O. (2020). Bekerja dari Rumah ( Working From Home / WFH ): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19 Bekerja dari Rumah ( Working From Home / WFH ): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning, IV(2), 126-150. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.119

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Napitupulu, R. M. (2021). Peningkatan Time Management Skills Masyarakat Kota Padangsidimpuan di Masa Pandemi COVID-19. Indonesia Berdaya, 2(1), 69-75. https://doi.org/10.47679/ib.202171

Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Nurjanah, S., & Muntaqo, R. (2018). Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses. Jurnal PPKM II, 247-258. https://doi.org/10.32699/ppkm.v5i3.472

Pijar Suciati, A. S. (2021). School From Home ( SFH ) : Perjuangan Para Orang Tua Siswa Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 Pijar. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2), 7-16.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring ( Online ) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana.

Rahayu, E. F. (2015). Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik. Jurnal Manejemen Pendidikan, 24(5).

Ririn Dwi Wiresti. (2021). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641-653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Sahnita Lantiani, Zahrah Maulidia Septimar, H. A. Y. G. W. (2022). Analysis of The Impact Of Work From Home (WFH) on Early Children During The Covid-19 Pandemic. Nusantara Hasana Journal, 2(1), 64-71.

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengejar Di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna, 03(02).
https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., & Patricia, A., Simatupang, I. M. (2020). Pendidikan, P., Universitas, K., & Indonesia, K. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2).

Siregar, T., Matondang, Z., & Frisnoiry, S. (2020). Learning Management Sistem (LMS) Sebagai Media Work From Home (WFH). Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1).

Siti Farikhah & Wahyudhina. (2018). Manajemen Pendidikan. yogyakarta:Aswaja Presinjo.

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1).

Tabi, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 190-200.

Utami Munandar. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (p. 10). Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.