“Dosen Ngajar On the Road”: Persepsi Mahasiswa tentang Fenomena Pembelajaran Era Covid-19


Mardianto Mardianto(1), Muhammad Shaleh Assingkily(2Mail),
(1) Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Mardianto Mardianto, Muhammad Shaleh Assingkily
Article Analytic
  [File Size: 342KB]  Language: id
Received : 2021-05-22  |  Published : 2021-06-10
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 137 times  PDF Downloaded: 20 times

Abstract


Ngajar on the road merupakan fenomena “baru” sejak pandemi Covid-19, di mana dosen mengajar mahasiswa melalui aplikasi Zoom sambil mengendarai atau menumpangi mobil. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa persepsi mahasiswa prodi PIAUD STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara tentang fenomena dosen ngajar on the road di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research untuk mengungkap dan mengumpulkan data penelitian melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen yang disesuaikan dengan protokol kesehatan. Melalui penelitian ini, ditemukan 2 (dua) hasil, yaitu (1) mahasiswa menganggap bahwa ngajar on the road memiliki dampak negatif (meliputi; bahaya dan melanggar lalu lintas, tidak efektif, suara bising klakson di jalanan, teladan tidak baik bagi mahasiswa, hingga konsentrasi belajar yang tidak fokus) dan dampak positif (meliputi; pembelajaran lebih fleksibel dan tepat waktu). (2) pola pembelajaran yang diterapkan oleh dosen selama pandemi Covid-19 meliputi presentasi via Youtube, diskusi dan tanya jawab via Zoom atau WhatsApp Group.

Keywords


era covid-19; ngajar on the road; pembelajaran; persepsi mahasiswa piaud

References


Ali, Ferdinandus Ardian & Hildegardis Mulu. (2020). “Pengembangan Metode Diskusi Bermuatan Presentasi Sistem Rotasi pada Mata Kuliah Program Linier Berbasis Kearifan Lokal” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/6242.

Anshori, Sodiq. (2018). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 88-100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114.

Ashari, A., Faisal Ismet & Darman, D. (2014). “Hubungan Suasana Lingkungan Belajar dalam Kelas dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Sistem Motor Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang” Automotive Engineering Education Journals, 1(1). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/poto/article/view/917.

Asri, Yoana Nurul. (2018). “Hubungan Persepsi Mahasiswa pada Kinerja Dosen Terhadap Tingkat Kelulusan Mahasiswa” Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.394.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Nur Rohman. (2019). “Edupreneurship dalam Pendidikan Dasar Islam” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2): 111-130. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/3721.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Sahlan. (2021). “Blended Learning di UIN Sumatera Utara Medan: Historisitas & Pengembangannya di Era Covid-19” Mudabbir: Journal Research and Education Studies, 1(1): 1-11. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/1.

Astini, Ni Komang Suni. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19” Lampuhyang, 11(2): 13-25. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194.

Astini, Ni Komang Suni. (2020). “Tantangan dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 241-255. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/452.

Ayuningtias, Nadia, et.al. (2021). “Pengembangan Bahan Ajar Video Interaktif Berbasis Youtube Tema 4 Subtema 2 pada Pembelajaran Daring di Kelas I Sekolah Dasar” Skripsi. Jambi: Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/19355/.

Baihaqi, Achmad, et.al. (2020). “Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang” Edusiana: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1). http://journal.stainim.ac.id/index.php/edusiana/article/view/19.

Budiani, Dini. (2021). “Interaksi Dosen-Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Bahasa Jepang” Journal of Japanese Language Education and Linguistic, 5(1): 46-62. https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10578.

Chika, U., Saragih, E.M., & Astuti, D. (2020). “Analisis Kesulitan Belajar Siswa via WhatsApp pada Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(2). http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/1918/0.

Christian, Yefta, et.al. (2020). “Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Melalui Youtube” the 2nd National Conference of Community Service Project 2020. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/1217.

Creswell, John W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Darmaningrat, Eko Wahyu Tyas, et.al. (2018). “Pemanfaatan Aplikasi Digital Learning untuk Pembelajaran Pengayaan di Sekolah Menengah Kota Surabaya” Sesindo. http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/home/detail/1828.

Dewantara, Jagad Aditya & T Heru Nurgiansah. (2021). “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta” Jurnal Basicedu, 5(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.

Efriani, E., Dewantara, J.A., & Afandi, A. (2020). “Pemanfaatan Aplikasi Discord Sebagai Media Pembelajaran Online” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1): 61-65. http://tip.ppj.unp.ac.id/index.php/tip/article/view/283.

Firman, F. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi” BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1): 14-20. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743.

Fitrianto, Yoga Pratama. (2021). “Pengaruh Pembelajaran Online via Zoom Terhadap Motivasi Belajar Taruna Poltekip (Studi Kasus Taruna Poltekip Prodi Manajemen Pemasyarakatan Tingkat 3)” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1). http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1772.

Fitriyani, et.al. (2020). “Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1): 23-34. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/221.

Gunawan, G., Suranti, N.M.Y., & Fathoroni, F. (2020). “Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period” Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2): 61-70. https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/95.

Halil, Amwal, Amel Yanis, & Mustafa Noer. (2015). “Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang” Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1). http://jurnal.fk.unand.ac.id/index.php/jka/article/view/188.

Husain, Chaidar. (2014). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan” Jurnal Kebijakan & Pengembangan Pendidikan, 2(2), 2014. https://doi.org/10.22219/jkpp.v2i2.1917.

Hutami, M.S. & Nugraheni, A.S. (2020). “Metode Pembelajaran Melalui WhatsApp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede” PAUDIA, 9(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6107.

Idris, Husni. (2009). “Aplikasi Teknologi Pendidikan di Era Global” 3(2). http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/555.

Indrawati, Budi. (2020). “Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19” Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI/article/view/261.

Irmade, Oka. (2020). “Analisis Penggunaan Media Youtube dalam Belajar Mandiri Pendidikan Jasmani Mahasiswa PG-PAUD” Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/6228.

Ischayati, Isni. (2011). “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah pada Mahasiswa FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/13013/.

Iskandar, Abdul Malik. (2019). “Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pendidikan” Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 5(1). http://dx.doi.org/10.35673/ajdsk.v5i1.570.

Iswanto, Rahmat. (2017). “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan Teknologi” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2). http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/ARABIYATUNA/article/view/286.

Jaya, Makmur. (2020). “Penggunaan Teknologi dalam Komunikasi” Qaulan: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(1). https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/qau/article/view/122.

Kastrena, Ervan, et.al. (2020). “Pembelajaran Peer Teaching Berbasis Zoom Video Sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Saat Situasi Covid 19” Indonesian Journal of Primary Education, 4(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/25133.

Kuntardi, Dina Vebiola Saraswati. (2021). “Zoom Fatigue dan Keberfungsian Sosial di Kalangan Mahasiswa” Jurnal Publisitas, 7(2). http://ejurnal.stisipolcandradimuka.ac.id/index.php/JurnalPublisitas/article/view/47.

Kurniawan, B., Purnomo, A., & Idris. (2020). “Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS” International Journal of Community Service Learning, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL/article/view/22236.

Laila, Dahratul. (2021). “Inovasi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Podcast” Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1): 7-12. http://digilib.unimed.ac.id/41213/.

Longa, Albina Evarista. (2021). “Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Maumere” Journal on Teacher Education, 2(2). https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/1440

Lubis, Rahmat Rifai, et.al. (2020). “Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara” Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.

Machfoedz, Mas’ud. (1999). “Studi Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesionalisme Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi” EconPapers, 3(1). https://econpapers.repec.org/article/uiijaaife/v_3a3_3ay_3a1999_3ai_3a1_3ap_3a1-28.htm.

Mahardini, M.M.A. (2020). “Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika” Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/3102.

Mahawati, Eni & Jaka Prasetya. (2013). “Analisis Penggunaan Handphone Saat Berkendara Terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja di Semarang” Semantik, 3(1). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/777.

Marbun, Purim. (2020). “Desain Pembelajaran Online pada Era dan Pasca Covid-19” Computer Science Research and Its Development Journal, 12(2): 129-142. http://dx.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.

Mayasari, Meirina Dian, et.al. (2010). “Hubungan antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pengajaran Dosen dengan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya” Insan, 12(2).

Monica, Junita & Fitriawati, D. (2020). “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19” Jurnal Communio, 9(2): 1630-1640. http://ejurnal.undana.ac.id/JIKOM/article/view/2416.

Muslihudin, Muhamad & A. Wulan Arumita. (2016). “Pembuatan Model Penilaian Proses Belajar Mengajar Perguruan Tinggi Menggunakan Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) (Studi: STMIK Pringsewu)” Semnasteknomedia Online, 4(1). https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1296.

Mustika, Zahara. (2015). “Urgenitas Media dalam Mendukung Proses Pembelajaran yang Kondusif” Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/circuit/article/view/311.

Nainggolan, Juliper, et.al. (2020). “Survei Kendala Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas HKBP Nommensen dalam Pelaksanaan Perkuliahan OnlineJurnal Suluh Pendidikan, 8(2). https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/jsp/article/view/269.

Nalurita, Sari. (2021). “Pemanfaatan Aplikasi Google Meet pada Mata Kuliah Teknik Proyeksi Bisnis Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020/2021 di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Kelas G)” Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia, 10(1). https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimspc/article/view/593.

Nasution, Yusuf Ramadhan. (2018). “Penerapan Aplikasi Online Angket Persepsi Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen UIN Sumatera Utara Medan” JISTech: Journal of Islamic Science and Technology, 3(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/jistech/article/view/3158.

Nurdin, N. & Anhusadar, L. (2021). “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/699.

Pakpahan, Roida & Yuni Fitriani. (2020). “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19” JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2): 30-36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Pelipa, Emilia Dewiwati & Anna Marganingsih. (2019). “Pengaruh Edupreneurship dan Praktek Kerja Terhadap Kemampuan Life Skill Mahasiswa” Jurkami: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/422.

Prajana, Andika. (2017). “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp untuk Media Pembelajaran dalam Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2). https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cyberspace/article/view/1980.

Puspitarini, Santi. (2011). “Pengaruh Persepsi Mahasiswa atas Keterampilan Mengajar Dosen dan Komunikasi antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/2009 Universitas Muhammadiyah Surakarta” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/13780/.

Pustikayasa, I.M. (2019). “Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran” Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2). http://jurnal.stahds.ac.id/widyagenitri/article/view/281.

Putra, CA. (2017). “Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran” Jurnal Pendidikan Teknologi, 2(2): 1-10. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/bitnet/article/view/752.

Putranti, Nurita. (2014). “Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2). https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/224.

Rahayu, Setiya, et.al. (2016). “Pengaruh Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Terhadap Tingkat Kenyamanan Siswa Saat Pembelajaran di Sekolah Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Bangil dan MTs Negeri Bangil)” Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1). http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3556.

Risnani, Listika Yusi & Arief Husin. (2019). “Blended Learning: Pengembangan dan Implementasinya pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan” BioEduScience, 3(2). https://doi.org/10.29405/j.bes/3274-834007.

Sari, Mustika, Nawawi, & Darmawan, H. (2020). “Analisis Pembelajaran di Era Pandemic (Covid-19) pada Program Studi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Pontianak” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, 2(1). https://jurnal.mipatek.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPTIK/article/view/150.

Sawitri, Dara. (2020). “Penggunaan Google Meet untuk Work From Home di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)” Prioritas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1): 13-21. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161.

Setiawati, Titin & Sofiah Lubis. (2019). “Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Dampak Negatif Penggunaan Handphone Saat Berkendara di Kota Medan” Proporsi: Jurnal Desain, Multimedia, dan Industri Kreatif, 4(2). http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/PROPORSI/article/view/640.

Sit., Masganti & Muhammad Shaleh Assingkily. (2020). “Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2): 1009-1023. https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/756.

Sudarmoyo, S. (2020). “Podcast sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh” Edudikara: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 5(2): 65-73. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/212.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Ace. (2007). “Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8(2): 83-98. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/537.

Suryadi, E., Ginanjar, M.H., & Priyatna, M. (2018). “Penggunaan Sosial Media WhatsApp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor)” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/211.

Tangkelani, Ehrvina Evrianthy, et.al. (2021). “Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dalam Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19” Celebes Biodiversitas: Jurnal Sains & Pendidikan Biologi, 4(1). http://ojs.stkippi.ac.id/index.php/CB/article/view/257.

Umairoh, Putri & Zulfah, Z. (2020). “Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Google Classroom di Tengah Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMAN 1 Bangkinang Kota” Journal on Education, 2(3). https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/319.

Vhalery, Rendika, et.al. (2021). “Pembelajaran Berbasis Online Zoom pada Kesiapan Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19” Research and Development Journal of Education, 7(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/9329.

Wasyik, Torikhul & Abdulloh Hamid. (2020). “Implementasi E-Learning dalam Pembelajaran Alquran Era Covid-19 di Sanggar Tahfidz Entrepreneur Krian Sidoarjo” Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(1). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/edudeena/article/view/2194/0.

Watnaya, Agus Kusnayat, et.al. (2020). “Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa” Eduteach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987.

Wicaksono, Agustinus Herwindu. (2019). “Tindak Pidana Pelanggaran Pidana Lalu Lintas oleh Anak dalam Proses Acara Peradilan Cepat” Badamai Law Journal, 4(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/blj/article/view/9237.

Wulandari, Medita Ayu, et.al. (2020). “Analisis Pembelajaran Daring pada Guru Sekolah Dasar di Era Covid-19” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 7(2). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/2002.

Yin, Robert K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. California: SAGE Inc.

Zaenab, Z. (2021). “Kolaborasi Zoom dengan WAG sebagai Potret Merdeka Belajar pada Masa New Normal di SMK Negeri 4 Gowa” Jurnal Paedagogy, 8(1). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/3129.

Zahra, Alifarose Syahda & Sherina Wijayanti. (2020). “Efektivitas Pembelajaran Basis Online di IAIN Tulungagung dengan Adanya Kebijakan Psychal Distancing Era Pandemi Covid 19” Geram: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 8(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/5040.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.