Persepsi Orangtua terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini

Muhammad Zaini(1Mail), Soenarto Soenarto(2),
(1) Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika & Infromatika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika & Infromatika Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Muhammad Zaini

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-12-01
Published : 2019-04-07

Abstract


Pengguna aktif smartphone di Indonesia pada tahun 2018 sekitar 177,9 juta jiwa, penyumbang terbesar berasal dari  kategori usia anak-anak dan remaja. Harapan para orangtua memperbolehkan anaknya memainkan smartphone untuk keperluan edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan smartphone dan mengetahui penyebab tingginya tingkat penggunaan smartphone pada anak usia TK 4-6 tahun. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua yang mempunyai anak usia TK 4-6 tahun di  propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu sebanyak 45 responden. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2018 di TK Negeri 1 Sleman, TK Negeri Pembina Bantul, dan TK Negeri 3 Yogyakarta. Instrumen penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat penggunaan smartphone pada anak usia TK 4-6 tahun yaitu sebesar sembilan puluh empat persen. Penyebab tingginya tingkat penggunaan smartphone pada anak usia TK 4-6 tahun, antara lain: 1) smartphone dan tablet sebagai sarana pengenalan teknologi informasi dan komunikasi; 2) smartphone dan tablet sebagai media edukasi untuk menambah wawasan anak; dan 3) smartphone dan tablet sebagai sarana hiburan agar anak tidak cerewet dan rewel


Keywords


smartphone; tablet; anak usia TK 4-6 tahun

References


AlBarashdi, H., Bouazza, A., Jabur, N., & Al-Zubaidi, A. (2016). Smartphone Addiction Reasons and Solutions from the Perspective of Sultan Qaboos University Undergraduates: A Qualitative Study. International Journal of Psychology & Behavior Analysis, 2(1). https://doi.org/10.15344/2455-3867/2016/113

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–12.

Broto, G. S. D. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Diambil 27 April 2018, dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers

eMarketer. (2014). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016. Diambil 12 Agustus 2018, dari https://www.emarketer.com/Article/2-Billion-Consumers-Worldwide-Smartphones-by-2016/1011694

Esy. (2018). Ingat, Tak Boleh Ada Calistung Untuk PPDB Sekolah Dasar. Diambil 17 Agustus 2018, dari https://www.jpnn.com/news/ingat-tak-boleh-ada-calistung-untuk-ppdb-sekolah-dasar

Febrianti, D. (2017). Seorang Anak Bercita-Cita Menjadi HP. Diambil 2 November 2018, dari https://www.sijunjung.go.id/v2/seorang-anak-bercita-cita-jadi-hp/

Herodotou, C. (2018). Young children and tablets: A systematic review of effects on learning and development. Journal of Computer Assisted Learning, 34(1), 1–9. https://doi.org/10.1111/jcal.12220

Houtsuite. (2018). Digital in 2018: Asia Pacific. Diambil 13 Agustus 2018, dari https://hootsuite.com/resources/digital-in-2018-apac#

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kusyanti, A., & Prastanti, N. D. (2017). The role of privacy, security and trust in user acceptance of smartphone user in Indonesia. In 2017 5th International Conference on Information and Communication Technology, ICoIC7 2017 (Vol. 0, hal. 1–6). https://doi.org/10.1109/ICoICT.2017.8074674

Louis, C. Saint. (2015). Many Children Under 5 Are Left to Their Mobile Devices, Survey Finds. Diambil 11 Juli 2018, dari https://www.nytimes.com/2015/11/02/health/many-children-under-5-are-left-to-their-mobile-devices-survey-finds.html

Machmud, K. (2018). The Smartphone Use in Indonesian Schools: The High School Students’ Perspectives. Journal of Arts and Humanities, 7(3), 33. https://doi.org/10.18533/journal.v7i3.1354

Manumpil, B., Ismanto, Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. ejournal Keperawatan, 3(2), 1–6.

Mashrah, H. T. (2017). The Impact of Adopting and Using Technology by Children. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(1), 35. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i1.5588

Millward, S. (2014). Indonesia Diproyeksi Lampaui 100 Juta Pengguna Smartphone di 2018, Keempat di Dunia. Diambil 15 Agustus 2018, dari https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018

Muliadi, A. W. (2017). Batasan Usia Anak dan Pembagian Kelompok Umur Anak. Diambil 12 September 2018, dari https://www.infodokterku.com/index.php/en/96-daftar-isi-content/info-kesehatan/helath-programs/263-batasan-usia-anak-dan-pembagian-kelompok-umur-anak

Munir, S. (2017). The Impact of using Gadgets on Children. Journal of Depression and Anxiety, 07(01), 1–3. https://doi.org/10.4172/2167-1044.1000296

Murdaningsih, D., & Faqih, M. (2014). Survei: Jutaan Anak Usia SD Kecanduan Gadget. Diambil 29 Juli 2018, dari http://www.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/14/01/17/mzjj2x-survei-jutaan-anak-usia-sd-kecanduan-gadget

Nabawy, G. El, Moawad, A., Gad, G., & Ebrahem, S. (2016). The Relationship between use of Technology and Parent-Adolescents Social Relationship. Journal of Education and Practice, 7(14), 168–178.

Nithy, T. (2014). Survey Tentang Smartphone & Tablet - Hasilnya Mengejutkan. Diambil 31 Juli 2018, dari https://id.theasianparent.com/hasil-survey-smartphone-yang-mengejutkan

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Kegiatan Menggambar Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114

Pratama, A. R. (2018). Investigating Daily Mobile Device Use among University Students in Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 325(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/325/1/012004

Rahmah, A. (2015). Digital Literacy Learning System for Indonesian Citizen. In Procedia Computer Science (Vol. 72, hal. 94–101). Elsevier Masson SAS. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.12.109

Rezkisari, I. (2014). Manfaat dan Kerugian Gadget untuk Anak Usia Dini. Diambil 5 Agustus 2018, dari https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/parenting/15/05/13/noa015-manfaat-dan-kerugian-gadget-untuk-anak-usia-dini

StatCounter. (2018). Mobile Operating System Market Share Indonesia. Diambil 21 Agustus 2018, dari http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia

Statistika. (2018). Market Share of Mobile Operating Systems in Indonesia from January 2012 to December 2017. Diambil 15 Agustus 2018, dari https://www.statista.com/statistics/262205/market-share-held-by-mobile-operating-systems-in-indonesia/

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhana, M. (2018). Influence of Gadget Usage on Children’s Social-Emotional Development. In International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) (Vol. 169, hal. 224–227).

Wulandari, P. Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. Diambil 2 Agustus 2018, dari https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget

Yumarni, V. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini AH-PIECE. In Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education (Vol. 1, hal. 293–300).


Article Metrics

 Abstract Views : 331 times
 PDF Full Text Downloaded : 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.