Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini


Misrawati misrawati(1Mail), Dadan Suryana(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 misrawati misrawati
Article Analytic
  [File Size: 235KB]  Language: id
Received : 2021-04-06  |  Published : 2021-05-04
Article can trace at:

Abstract


Bahan ajar merupakan bahan-bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Bahan ajar yang digunakan yaitu bahan ajar berupa buku paket yang peneliti gunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh bahan ajar matematika terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kabupaten Solok. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan aplikasi SPSS 22. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket yang sudah divalidasi oleh dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berpengaruh secara langsung terhadap kemampuan matematika anak. Hal ini terlihat bahwa pada saat melakukan tanya jawab seputar matematika, anak terlihat aktif dalam menjawab berbagai pertanyaan yang dilakukan oleh guru. Selain itu, pada saat diskusi di dalam kelas terlihat anak-anak sangat antusias saat belajar menggunakan bahan ajar matematika

Keywords


bahan ajar; pembelajaran matematika; anak usia dini

References


Handayani, O. D. (2018). Pembelajaran Matematika Permulaan melalui Kewirausahaan pada Aktivitas Bercocok Tanam pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 71-84. https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3270

Kenedi, A. K., Helsa, Y., & Hendri, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Alquran Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 29-36. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100034

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28. ejournal.iaiig.ac.id › index.php › warna › article › download

Marta, E., & H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Rokania, 3, 347-356.

Mirawati. (2017). Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Pedagogi. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 1-8.

Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap). Pustaka pelajar. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.393

Muri, L., Marzuki, & R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Project based learning model. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1-9.

Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2, 81-92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491

Nisa', F. T., & Karim, M. B. (2017). Profil Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Learning to Think DIfferent. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4, 143-152. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v4i2.3576

Purnomo, H., & Wulandari, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3, 1204-1215. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7878

Sapriani, R. (2019). Profesionalisme Guru PAUD Melati Terpadu dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitad PGRI Palembang, 741-754.

Setiawan, W., & Aprianti, E. (2018). Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika melalui Biblioterapi Anak Usia Dini Kelompok A di Kober Warna Plus. Jurnal Ceria, 1, 7-15.

https://doi.org/10.22460/ceria.v1i4.p7-15

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (teori dan praktik pembelajaran).

Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (Jakata). Kencana Prenada Media Group.

Suryana, D. (2011). Efektivitas Outbound dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri pada Anak Taman Kanak-kanak PDadan Suryana. (2011). Efektivitas Outbound dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri pada Anak Taman Kanak-kanak Pertiwi VI Padang. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.

Suryana,D. (2014). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Perkembangan Anak. Pesona Dasar Vol 1 No 3 April 2014

Susanti, S., Rachmawati, Y., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pengukuran dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Edukids. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 17, 11-18.

https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.22508

Trianto. (2011). Mengembangkan Model Pemelajatan Tematik. Prestasi Pustaka.

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1, 153-159.

https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355


Article Metrics

 Abstract Views : 17 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.