Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Author


Nur Mauliddah Danauwiyah(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 275KB]  Language: id
Available online: 2021-06-17  |  Published : 2021-06-17
Copyright (c) 2021 Nur Mauliddah Danauwiyah
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 429 times PDF Downloaded: 133 times

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat keadaan perkembangan kemandirian anak usia dini pada masa pandemi covid-19 yang sedang terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh pemahaman bagaimana situasi pembiasaan dalam kemandirian anak yang terjadi pada saat pandemi covid-19 terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian menggunakan triangulasi dan kecukupan referensial. Teknik analisis penelitian menggunakan model Milles dan Huberman. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan langkah seperti reduksi data, display data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian menunjukkan bahwa dukungan yang diberikan orang tua, keluarga dan guru dalam memberikan anak stimulasi yang tepat merupakan peran yang sangat penting pada perkembangan kemandirian anak pada masa pandemi covid-19. Melalui kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan anak di rumah merupakan kegiatan yang menstimulasi perkembangan kemandirian anak

Keywords


kemandirian; anak usia dini; covid-19

References


Amin, M., Kristiana, D., & Fadlillah, M. (2020). Pengaruh Kelekatan Aman Anak pada Ibu terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 127. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.504

Anggraeni, A. D. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Mutiara, Tapos Depok). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 28. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1529

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Balasubramanian, S., Rao, N. M., Goenka, A., Roderick, M., & Ramanan, A. V. (2020). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) in Children - What We Know So Far and What We Do Not. Indian Pediatrics, 57(5), 435-442. https://doi.org/10.1007/s13312-020-1819-5

Ciuca, I. M. (2020). COVID-19 in children: An ample review. Risk Management and Healthcare Policy. https://doi.org/10.2147/RMHP.S257180

Cresswel, J. W. (2014). Research design:Qualitative, quantitative and moxed method. Sage Publications Inc.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Hodgetts, D. J & Stolte, O. E. E. (2012). Case-based Research in Community and Social Psychology: Introduction to the Special Issue, 22, 379-389. https://doi.org/10.1002/casp.2124

IASC. (2020). Guidance for COVID-19 Prevention and Control. IASC: Inter-Agency Standing Committee, (March), 1-13.

Karmila, R., Khosiah, S., & Fahmi, F. (2020). Pengaruh rutinitas di rumah terhadap kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 14(1), 20. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3348

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Kumar, A., Nayar, K. R., & Bhat, L. D. (2020). Debate: COVID-19 and children in India. Child and Adolescent Mental Health. https://doi.org/10.1111/camh.12398

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Naja, M., Wedderburn, L., & Ciurtin, C. (2020). Covid-19 infection in children and adolescents. British Journal of Hospital Medicine, 81(8), 1-10. https://doi.org/10.12968/hmed.2020.0321

Pramono, D., & Risnawati, A. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Latihan Pembiasaan Penggunaan Toilet di KB Al-Hidayah Insan Mandiri Kabupaten Bandung, 2, 61-66. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.8

Qistia, N., Kurnia, R., & Novianti, R. (2019). Hubungan Regulasi Diri dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(3), 61-72. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i3.35

Ramli. (2005). Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasiona.

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121-129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Rusmayadi, R., & Herman, H. (2019). Effects of Social Skills on Early Childhood Independence. Journal of Educational Science and Technology (EST), 5(2), 159. https://doi.org/10.26858/est.v5i2.9274

Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45-57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sari, D. Y. (2018). Pengaruh Bimbingan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian dan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 35-44. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4436

She, J., Liu, L., & Liu, W. (2020). COVID-19 epidemic: Disease characteristics in children. Journal of Medical Virology. John Wiley & Sons, Ltd. https://doi.org/10.1002/jmv.25807

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research. Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.jare.2020.03.005

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (Bandung). Alfabeta.

Suryabrata, S. (1987). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Unicef, WHO, & IFRC. (2020). Key Messages and Actions for Prevention and Control in Schools. Key Messages and Actions for COVID-19 Prevention and Control in Schools, (March), 13.

Wei, M., Yuan, J., Liu, Y., Fu, T., Xue Yu, & Zhang, Z.-J. (2020). Novel coronavirus infection in hospitalized infants under 1 year of age in China, 129(6), 802-804. https://doi.org/10.1001/jama.2020.2131

Wiyani, N. A. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216

Yudrik, J. (2015). Psikologi Perkembangan (1 ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusutria, Y., & Febriana, R. (2019). Aktualisasi Nilai-Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577-582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.