Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini

Author


Fadilah Utami(1Mail),
Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Yogyakarta State University, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 222KB]

Published : 2021-01-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1540 times PDF Downloaded: 1705 times

Abstract


Karakter adalah nilai yang khas, watak, ataupun kepribadian yang terbentuk dan menjadi jati diri pada orang tersebut. Disiplin adalah bagian dari karakter yang harus dimiliki oleh setiap individu sebagai bekal baginya untuk masa yang akan datang. Perkembangan karakter dipengaruhi pola pengasuhan yang diterima oleh anak dari orang tua. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengasuhan keluarga terhadap perkembangan karakter disiplin anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode kajian pustaka, menelaah dan mengumpulkan berbagai sumber-sumber ilmiah yang kemudian dihubungkan dengan penelitian untuk memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kultur pengasuhan dari keluarga khususnya orang tua memiliki keterkaitan dengan perkembangan karakter disiplin anak. Perkembangan karakter disiplin anak dipengaruhi oleh pola pengasuhan, masing-masing gaya pengasuhan otoriter, pengasuhan demokratis, dan pengasuhan permisif yang diterapkan dalam keluarga yang mempengaruhi perkembangan anak dimasa depan.

Keywords


karakter, pengasuhan keluarga, anak usia dini

References


A, T. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 2.

Anwar, S. (2016). Metodologi Penelitian. Salemba Empat.

Asiatik, R. A., Abdul, W. H., & Chusnul, M. (2017). Smart Parenting Demokratis dalam Membangin Karakter Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 116.

Benjet, C., & Kazdin, A. E. (2003). Spanking children: The controversies, findings, and new directions. Clinical Psychology Review, 23(2), 197224. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0272-7358(02)00206-4

Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 12(2), 9195. https://doi.org/https://doi.org/10.9790/0837-1229195

Chatib, M. (2012). Orangtuanya ManusiaMelejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Kaifa.

Choirun, A. N. (2013). Penanaman Disiplin pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 3649. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Dahlena, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Anak di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dwiva, L. R., & Desni, Y. (2016). Penggunaan Hukuman yang Efektif dalam Membentuk Perilaku Disiplin Anak di RA Babus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(6).

Hurlock. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.

Ida, W. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Anak(Studi Deskriptif di Kelurahan Rabadompu Timur Kecamatan Raba Kota Bima). Jurnal Pendidikan Sosiologi, II(II), 4349.

Irma, R. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Karakter Anak Usia Dini. Infantia, 4(2), 8.

Juharta, Y. nur fatimah, Tjalla, A., & Hidayat, dede rahmat. (2015). (2015). Belajar Dilihat Dari Pola Asuh Authoritative , Authoritarian Dan Permisif. Insight Jurnal, 4(1), 18. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/INSIGHT.041.18

Julie, A. (1996). Discipline. In Sourcebook Naperville (p. 195).

Karmakar, R. (2015). Does Parenting Style Influence the Internalization of Moral Values in Childreen and Adolescents? Psycological Studies, 60(4), 438446. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s12646-015-0338-2

L.E.L, M. (2016). Child Development Form Infancy to Adolescene (An Active Learning Appeoach). SAGE.

Lasota, A. (2015). What do Children Learn from their Parents and what from their Grandparents? Changes in the Perception of Gender and Family Roles as Seen from the Developmental Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174. https://doi.org/Procedia - Social and Behavioral Sciences

Martaniah, M. (1964). Peranan Orang Tua yang Berhasil. Jiwa Baru.

Mastura, S. R. &. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289295.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. Indonesia Heritage Foundation.

Nauli, V. A., Karnadi, K., & Meilani, S. M. (2019). Peran Ibu Pedagang Pasar 24 Jam Terhadap Perkembangan Moral Anak (Penelitian Studi Kasus di Kota Bekasi). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 3(1), 241253. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.179

Rahmi, Y. A., & Riana, N. (2018). Pola Asuh Orang Tua untuk Meningkatkan Disiplin Anak. Jurnal Obor Penmas Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 3.

Sobur, A. (1991). Anak Masa Depan. Angkasa.

Steinberg, L., Blatt-Eisengart, I., & Cauffman, E. (2006). Patterns of competence and adjustment among adolescents from authoritative, authoritarian, indulgent, and neglectful homes: A replication in a sample of serious juvenile offenders. Journal of Research on Adolescence, 16(1), 4758. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2006.00119.x

Tsali Tsatul Mukarromah F , Ruli Hafidah, N. E. N. (2021). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 395403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Walker, L. J., & Hennig, K. H. (2010). Parenting Style and the Development of Moral Reasoning. Journal of Moral Education. Journal of Moral Education, 3741. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/030572499103133

Yanuar, A. (2012). Jenis-jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD.

Yenni, S. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 5261.

Z, M. (2014). Persamaan Model Pemikiran Al-Ghaza dan Abraham Maslow tentang Model Motivasi Konsumsi. UIN Suan Ampel Surabaya.

Zherly, W. N., & Farida, M. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(4), 351358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347


Refbacks

  • There are currently no refbacks.