Kurikulum Penanaman Sikap Berbasis Kecerdasan Emosi Bagi Anak Usia Dini di Provinsi Lampung

Author


Nilawati Tadjuddin(1Mail), Syofyan Soleh(2), Untung Nopriansyah(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 512KB]  Language: id
Available online: 2021-06-25  |  Published : 2021-06-25
Copyright (c) 2021 nilawati tadjuddin, Syofyan Soleh Soleh, Untung Nopriansyah
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 96 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Permasalahan penelitian ini yaitu, lembaga pendidikan anak usia dini dalam kegiatan belajar lebih memfokuskan dengan kegiatan membaca, menulis dan berhitung sedangkan penanaman sikap bagi anak usia dini masih sangat kurang diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan seperangkat kurikulum penanaman sikap berbasis kecerdasan emosi bagi anak usia dini, Mengembangkan desain pembelajaran yang merupakan implementasi dari kurikulum penanaman sikap berbasis kecerdasan emosi bagi anak usia dini dan menghasilkan seperangkat dokumen tertulis. Metode Penelitian ini adalah R&D dan dalam penelitian ini dimulai dengan penyebaran angket yang dilakukan untuk mencari informasi tentang pengembangan dan penerapan kurikulum penanaman sikap yang telah dilakukan selama ini di kelompok bermain. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat kelompok bermain yang telah mengembangkan dan menerapkan kurikulum penanaman sikap berbasis kecerdasan emosional. Dalam penelitian pengembangan ini terdapat beberapa tahapan yaitu tahap pra survey pengembangan kurikulum, tahap pengembangan kurikulum, dan tahap penerapan

Keywords


kurikulum penanaman sikap; kecerdasan emosi; anak usia dini

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Bennett, N., Borg, W. R., & Gall, M. D. (1984). Educational Research: An Introduction. British Journal of Educational Studies, 32(3), 274. https://doi.org/10.2307/3121583

Cakan, M., & Altun, S. A. (2005). Adaptation of an emotional intelligence scale for Turkish educators. International Education Journal, 6(3), 367-372.

Catron, C. E., & Allen, J. (2007). Early childhood curriculum: A creative play model. Prentice Hall.

Chang, S. L. (2006). The Systematic Design of Instruction. In Educational Technology Research and Development (Vol. 54, Issue 4). haper Colllin Publiter. https://doi.org/10.1007/s11423-006-9606-0

Colker, D. D. T. D. L. J. (n.d.). Creativecurriculum For Early Childhood. Teaching Strategies.

Dewantoro, K. H. (1962). Karja Ki Hadjar Dewantara - Bagian Pertama : Pendidikan. Https://Id.Wikipedia.Org/Wiki/Ki_Hadjar_Dewantara; Percetakan Taman Siswa. https://id.wikipedia.org/wiki/Ki_Hadjar_Dewantara

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Goleman, D. (2001). Emotional intelligence: Issues in paradigm building. The emotionally intelligent workplace, 13-26. Building, 1-13.

Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mayer, R. E. (2013). Designing instruction for constructivist learning. In Instructional-Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory (Vol. 2, pp. 141-159). Lawrence Associates. https://doi.org/10.4324/9781410603784-13

Nofianti, R. (2021). Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.

Nur, K. (2021). Penggunaan Metode Montessori Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ), 1(1), 42-56.

Wahyudi, W., Budiman, D., & Saepudin, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 1. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11732

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249-265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932

Zulkarnain, A. I., Supriadi, G., & Saudah, S. (2020). Problematika Lembaga PAUD dalam Memenuhi Kebutuhan Tenaga Pendidik Sesuai Kualifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.491


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.