Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19


Lia Kusuma(1Mail), Dimyati Dimyati(2), Harun Harun(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Lia Kusuma, Dimyati -
Article Analytic
  [File Size: 585KB]  Language: id
Received : 2020-12-10  |  Published : 2021-06-03
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 70 times  PDF Downloaded: 30 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perhatian orang tua dalam mendukung keterampilan sosial anak selama masa pandemic covid-19. Alasan mengambil penelitian ini karena dengan adanya kebijakan physical distancing menuntut sementara waktu untuk tidak berinteraksi sosial secara langsung dengan teman sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala perhatian orang tua dan didistribusikan secara online. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 64 orang tua yang terkumpul dari hasil penyebaran kuesioner melalui broadcast Telegram, Whatsapp, IG dan FB selama 1 minggu. Hasil penelitian didapatkan bahwa 76,19% atau 48 orang termasuk ke dalam kategori tinggi dalam memberikan perhatian pada anak selama berada di rumah. Kekhawatiran orang tua akan kurang terasahnya keterampilan sosial dapat diminimalkan dengan memberikan perhatian yang dapat dilakukan di rumah melalui pemberian kasih sayang, pengawasan, pemberian keteladanan dan mengajarkan berbuat baik kepada sesama

Keywords


perhatian orang tua; keterampilan sosial; covid-19

References


A'yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33-40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601

Annisa, A., Marlina, S., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak Di Kelompok Bermain Gugus I Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 59-66. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66

Astarini, N., Hamid, S. I., & Rustini, T. (2018). Studi Dampak Tavangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554

Azhari, T. D., Bahari, Y., & Ulfah, M. (2019). Pelaksanaan Fungsi Keluarga dalam Mendidik Anak Pada Keluarga Broken Home di RW 04 Kelurahan Tanjung Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1-8.

Azizah, N. (2020). Ahli Sebut Pandemi Berdampak Pada Psikologis Anak. Republika.Co.Id.

Bastian, R., Syur'aini, & Ismaniar. (2020). Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Masyarakat Desa Koto Lamo Sumatera Barat. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 16-25.

Batra, S. (2013). The Psychosocial Development of Children: Implications for Education and Society - Erik Erikson in Context. Contemporary Education Dialogue, 10(2), 249-278. https://doi.org/10.1177/0973184913485014

Bodrova, E., & Leong, D. J. (2015). Vygotskian and Post-Vygotskian Views on Children's Play. American Journal of Play, 7(3), 371-388.

Choirina, V. N. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63-69. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31354

Connolly, G. J. (2017). Applying Social Cognitive Theory in Coaching Athletes: The Power of Positive Role Models. Strategies, 30(3), 23-29. https://doi.org/10.1080/08924562.2017.1297750

Coplan, R. J., Rose-Krasnor, L., Weeks, M., Kingsbury, A., Kingsbury, M., & Bullock, A. (2013). Alone is a crowd: Social motivations, social withdrawal, and socioemotional functioning in later childhood. Developmental Psychology, 49(5), 861-875. https://doi.org/10.1037/a0028861

Dalton, L., Rapa, E., & Stein, A. (2020). Protecting the psychological health of children through effective communication about COVID-19. The Lancet Child and Adolescent Health, 4(5), 346-347. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30097-3

Damayanti, E., Ahmad, A., & Bara, A. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak Di Sorowako. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 1-22. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.1-22

Ermayani, T. (2015). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Keterampilan Hidup. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 127-141. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.8618

Fajarwati, A. (2015). Penerapan Latihan Kehidupan Praktis Anak Usia 3- 4 Tahun. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 21-28.

Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39-44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).

Fore, H. (2020). Jangan biarkan anak-anak menjadi korban tersembunyi pandemi COVID-19.

Gouley, K. K., Brotman, L. M., Huang, K. Y., & Shrout, P. E. (2008). Construct validation of the social competence scale in preschool-age children. Social Development, 17(2), 380-398. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2007.00430.x

Gresham, F. M., & Reschly, D. J. (1987). Dimensions of social competence: Method factors in the assessment of adaptive behavior, social skills, and peer acceptance. Journal of School Psychology, 25(4), 367-381. https://doi.org/10.1016/0022-4405(87)90038-0

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (2020). Peta Sebaran Kasus COVID-19 di Indonesia. Covid19.Go.Id.

Haryanti, D., Ashom, K., & Aeni, Q. (2019). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2), 64. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70

Hasanah, A. U. (2019). Stimulasi Keterampilan Sosial untuk Anak Usia Dini. Fascho: Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3508

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1-10.

Kandari, N., & Ohorella, F. (2020). Penyuluhan Physical Distancing Pada Anak di Panti Asuhan Al Fakri. Jurnal Abdimas Kesehatan Perintis, 2(1), 37-41.

Karnawati, & Mardhianto. (2020). Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19 : Didaché:Journal of Christian Education, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.46445/djce.v1i1.291

Karo, R. K., Haenilah, E. Y., & Fatmawati, N. (2019). Perkembangan Sosial Anak Melalui Permainan Modern Rama. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 5(1).

Khusniyah, N. L. (2018). Peran Orang Tua sebagai Pembentuk Emosional Sosial Anak. Qawwam, 11(2), 87-101. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.782

Kilic, K. M., & Aytar, F. A. G. (2017). The effect of social skills training on social skills in early childhood, the relationship between social skills and temperament. Journal: Education and Science, Egitim Ve Bilim, 42(191), 185-204. https://doi.org/10.15390/EB.2017.7162

Langeveld, J. H., Gundersen, K. K., & Svartdal, F. (2012). Social Competence as a Mediating Factor in Reduction of Behavioral Problems. Scandinavian Journal of Educational Research, 56(4), 381-399. https://doi.org/10.1080/00313831.2011.594614

Lestari, D. S. D. (2018). Social Skill Komunitas Motor CBR (JCRI). Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Lestari, P. (2018). Efektivitas Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.29406/jepaud.v6i1.1363

Lindberg, S. (2020). Impact of Isolation on Childhood Development. Verywell Family.

Lynch, S. A., & Simpson, C. G. (2010). Social Skills: Laying the Foundation for Success. Dimensions of Early Childhood, 38(2), 3-12.

Mahanani, M. (2015). Hubungan perhatian orangtua dengan perkembangan sosial anak usia 4 -5 tahun di desa birit Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten tahun 2015. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. In Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Marinho, M. L., & Casanova. (2017). Environmental influence on the development of social skills in children. Extensio: Revista Eletrônica De Extensão, 14(26), 2-11. https://doi.org/10.5007/1807-0221.2017v14n26p2

Mukarromah, T. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Studi Deskriptif Peran Orang Tua terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145-3151. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2520

Negoro, E. S., & Lestari, S. (2019). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Sikap Prososial Pada Remaja Laki-laki. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nuraida, E., & Milyartini, R. (2016). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Angklung ( Penelitian Tindakan Kelas di TK Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia ). Swara, 4(2), 1-14.

Pahenra, Salwiah, & Taslim, N. R. (2018). Deskripsi Pola Asuh Orang tua yang Bekerja Pada Anak Usia Dini di TK Tunas Makarti Kota Kendari. Jurnal Smart PAUD, 1(2), 176-182. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i2.4730

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27-33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Prantoro, G. (2015). Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Bakiak dan Engklek Terhadap Keterampilan Anak Usia Dini. E-Jurnal Skripsi Prodi Teknologi Pendidikan, 4(3), 1-10.

Pratiwi, M. R., Mukaromah, & Herdiningsih, W. (2018). Peran Pengawasan Orang tua Pada Anak Pengguna Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 35-37. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.73

Prodjo, W. A. (2020). Saat Covid-19, Dukungan Psikososial Anak Penting Diberikan. Kompas.Com.

Pujiningtyas, M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengembangan Sikap Sosial Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Tarbiyatul Banin Ii Kota Salatiga. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019a). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52-65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019b). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 52-65. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5312

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037

Rubin, K. H., Bukowski, W. M., Parker, J. G., & Bowker, J. C. (2008). Peer Interactions, Relationships, and Groups. Developmental Psychology: An Advanced Course, 1-82.
https://doi.org/10.1002/9780470147658.chpsy0310

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369-376. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Sarnelle, K. Y. (2018). Teacher perspectives on social thinking. Rowan University.

Setiawan, H. Y. (2017). Permainan Kooperatif Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal AUDI, 1(1), 32-37.

Sloane, A., & Seale. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Canadian Journal of University Continuing Education, 35(2), 223-223. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.577

Stagnitti, K. (2004). Understanding play: The implications for play assessment. Australian Occupational Therapy Journal, 51(1), 3-12. https://doi.org/10.1046/j.1440-1630.2003.00387.x

Sukatin, Qomariyyah, Horin, Y., Afrilianti, A., Alivia, & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 6(2), 156-171. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Sunardi, J., & Kriswanto, E. S. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Negeri Yogyakarta saat pandemi Covid-19 Clean and healthy life behavior of Yogyakarta State University sports education students during the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 156-167. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.35082

Suud, F. M. (2017). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Analisis Psikologi Pendidikan Islam). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 227-253. https://doi.org/https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11

Syafrida, R. (2014). Regulasi Diri dan Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Keterampilan Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 375-384. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.082

Tahmores, A. H. (2011). Role of play in social skills and intelligence of children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 2272-2279. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.444

Takahashi, Y., Okada, K., Hoshino, T., & Anme, T. (2015). Developmental Trajectories of Social Skills during Early Childhood and Links to Parenting Practices in a Japanese Sample. Polos One, 1-14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0135357

Umayah. (2017). Perkembangan Sosial Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 85-96.

UNICEF. (2020). Kiat Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19). Unicef.Org.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(1), 159-176. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wang, G., Zhang, Y., Zhao, J., Zhang, J., & Jiang, F. (2020). Mitigate the effects of home confinement on children during the COVID-19 outbreak. In The Lancet (Vol. 395, Issue 10228, pp. 945-947). Lancet Publishing Group. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30547-X

Wardhanii, I. K. (2020). Stimulasi Perkembangan Sosial Anak Selama di Rumah. PUSPENSOS (Pusat Penyuluh Sosial).

Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563

Wulandari, D. P. Y. (2020). Menjadi " Teman " bagi Anak di Masa Pandemi Anak dan Teman. Universitas Airlangga.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Zhao, M., Wang, M., Zhang, J., Ye, J., Xu, Y., Wang, Z., Ye, D., Liu, J., & Wan, J. (2020). Advances in the relationship between coronavirus infection and cardiovascular diseases. Biomedicine and Pharmacotherapy, 127(May), 1-15. https://doi.org/10.1016/j.biopha.2020.110230

Zulfitri. (2017). Pengaruh Pemberian Penguatan terhadap Perkembangan Moral Anak di Kelompok b3 TK Negeri Pembina Palu. Jurnal Pendidikan PAID, 4(2), 1-11.
https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1173


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.