Feasbylity Study Perlindungan Hukum untuk Anak Usia Dini yang Bercompetitive Advantage

Author


Herawati Herawati(1Mail), Hazilina Hazilina(2), Firdaus Zar'in(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia(1)
Hukum, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 263KB]  Language: id
Published : 2020-12-27
Copyright (c) 2020 Herawati Herawati Herawati, Hazilina Hazilina Hazilina, Firdaus Zar'in Zar'in

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 472 times PDF Downloaded: 267 times

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan banyaknya kasus tindak kekerasan terhadap anak usia dini di masa pandemi Covid-19 dan era new normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fasilitas-fasilitas perlindungan hukum apa saja yang dibutuhkan anak usia dini di Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu adanya pusat studi gender dan anak untuk mengatasi kekerasan yang dialami anak usia dini. Kebaruan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah pentingnya pusat studi gender dan anak usia dini di berbagai daerah. Dampak dari hasil penelitian ini adalah para akademisi yang ada di perguruan tinggi perlu terlibat secara langsung dalam mengatasi berbagai kasus kekerasan yang dialami anak usia dini dengan bekerjasama secara berkelanjutan dengan pihak-pihak terkait untuk menekan terjadinya kekerasan pada anak usia dini yang semakin tinggi setiap bulannya.

Keywords


fasilitas; perlindungan hukum; anak usia dini, new normal

References


Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Azizah, Q., & Panigoro, R. (2019). Pendidikan anak berbasis gender dalam islam. JSGA, 01(01), 2540.

Cegli?ski, P. (2017). The concept of competitive advantages. Logic, sources and durability. Journal of Positive Management, 7(3), 57. https://doi.org/10.12775/jpm.2016.016

Hillis, S., Mercy, J., Amobi, A., & Kress, H. (2016). Global Prevalence of Past-year Violence Against Children : A Systematic Review and Minimum Estimates. Pediatrics, 137(3), 115.

Mahdalena. (2015). Marah Bentuk Kasih Sayang pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 119129.

Muarifah, A., Wati, D., E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan Pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757765. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451

Nationally, A. (1990). Convention on the Rights of the Child. General Assembly Resolution, 1(11), 115.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini ; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 10001010. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2020). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 448462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322

Roziqoh, & Suparno. (2014). Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 86100.

Suryanef. (2020). Kebijakan pendidikan responsif gender: perluasan akses perempuan terhadap pendidikan menengah di sumatera barat. Jurnal Ilmiah Kajian Gender, 1(7), 205223. https://doi.org/10.15548/jk.v3i2.60

Tanoto, W. (2019). 4.294 Anak Menjadi Penyintas Kekerasan. Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/cupitu7grafi/5c2dce5c43322f62a714bbb2/kekerasan-terhadap-anak

Thalib, M., C. (2021). Refleksi Perlindungan Hak Anak Butuh Kasih di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 566575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.672

Thalib, M. C. (2020). Refleksi Perlindungan Hak Anak Butuh Kasih di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.672

Vega, A., D., Hapidin, & Karnadi. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

Wahyudi, D., Ali, M., & Intan Verentia Saputri. (2019). Internalisasi nilai kesetaraan gender dalam praktik pendidikan islam responsif gender. JSGA, 01(02), 83102.

Witarsa, R., Fadhilaturrahmi, & Rizal, M. S. (2020). Pengaruh Asupan Nutrisi Shake Kacang Kedelai terhadap Skala Lemak Perut Guru-guru Sekolah Dasar di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal basicedu, 3(2), 524532.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.