Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Interpersonal Anak di Desa Wonokerto Kabupaten Lumajang

Yessy Nur Endah Sary(1*),

(1) STIKes Hafshawaty Pesantren Zainul Hasan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak atau bisa dikatakan perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak, termasuk cara penerapan aturan, mengajarkan nilai atau norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku baik sehingga dijadikan panutan bagi anaknya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak di DesaWonokerto KabupatenLumajang. Desain penelitian analitik korelasional . Sampel 44 murid TK dengan menggunakan total sampling. Analisis dengan Spearman Rank.Hasil analisis hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak TK diperoleh bahwa penerapan pola asuh mayoritas adalah pola asuh otoriter sebanyak 20 (45,5%). Kecerdasan interpersonal anak TK mayoritas baik sebanyak 40 (90,9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah  ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal anak di Desa Wonokerto Kabupaten Lumajang


Keywords


Pola Asuh; Kecerdasan Interpersonal

Full Text:

PDF Full Text

References


Apriastuti, Dwi Anita. Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol.4 No.1. Tahun 2013

Bachtiar, Muhammad Yusri. Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Anak Kelas A Di TK Buah Hati Kota Makasar. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.3.No.2 Tahun 2017

Damayanti, Ranie. Pengaruh Bermain Peran Mikro Terhadap Kecerdasan Interpersonal .Jurnal Obsesi. Vol.2.No.1.Tahun 2018

Jannah, Hasanatud. Bentuk Pola AsuhOrang Tua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Di Kecamatan Ampek Angkek. Jurnal Pesona PAUD. Vol.1 No.1. Tahun2011

Martin. Analisis Interpersonal Anak Usia Dini Dan Implementasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Sosial Vol.3, No.2, 2016

Muslihuddin, dkk, 2008. Kecerdasan Interpersonal Anak. Jakarta :gramedia

Nasution, Rahmi Khairani. Pengaruh Permainan Tradisional Pecah Piring Dan Ular Naga Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Analitika Jurnal.Vol.5, No.2, 2013

Theresia,2009.Kamus bahasa Indonesia Fajar Mulya, Surabaya.

Robbiyah. Pengaruh Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi. Vol.2 No.1 Tahun 2018

Sonera, Sita. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Disiplin Siswa Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2.No.1. Tahun 2013

Suwanti,Iis. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Jurnal Keperawatan & Kebidanan. Tahun 2016

Wicaksono, Galih. Penerapan Teknik Bermain Peran Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X Multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Vol.1.No.1.Tahun 2013




DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Article Metrics

Abstract view : 134 times
PDF Full Text - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2549-8959 (Online) and ISSN 2356-1327 (Print)
Editorial Address : 
Departement of Early Childhood Teacher Education
Faculty of Education University of Pahlawan Tuanku Tambusai
Jalan Tuanku Tambusai 23 Bangkinang, Kampar, Riau, Indonesia 
Pos Code 28411 Telp. 0762 21677
Contact Us : 0822 8558 0676 (Fauziddin) dan 0853 2114 9444 (Putri)
Email : admin@obsesi.or.id
Blog : https://blog.obsesi.or.id