Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini


Bina Fitriah Ardiansari(1Mail), Dimyati Dimyati(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Bina Fitriah Ardiansari
Article Analytic
  [File Size: 291KB]  Language: id
Received : 2020-11-28  |  Published : 2021-06-02
Article can trace at:

Article Metrics

 Abstract Views: 69 times  PDF Downloaded: 16 times

Abstract


Tuntutan pembelajaran yang semakin kompleks menyebabkan semakin berkurangnya aktivitas yang berkaitan dengan nilai agama Islam pada anak usia dini. Sedangkan, pendidikan nilai agama Islam pada anak usia dini merupakan pondasi yang sangat penting sebagai peletakkan dasar keagamaan supaya menjadi pribadi yang taat beribadah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai agama Islam pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka dengan mengumpulkan data dari karya tulis ilmiah dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai agama Islam dapat ditanamkan melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Oleh karena itu sebagai seorang guru maupun orang tua harus berupaya memiliki kepribadian baik yang dapat dijadikan contoh sebagai sifat teladan bagi anak. Guru dan orangtua sebaiknya selalu meningkatkan wawasan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan yang berkaitan dengan pengembangan nilai agama Islam anak usia dini

Keywords


nilai agama; islam; anak usia dini

References


Afiyah, A., Pratama, M. M., & Nurhasanah, R. (2019). Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas, 2(1), 71. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3303

Agustriana, N. (2018). Pengaruh Metode Edutainment Dan Identitas Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Al-Fitrah: Jornal of Early Childhood Islamic Education, 15. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1517

Akmal, A. (2018). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Menigkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Kelompok B3 Tk Islam YLPI Marpoyan. Generasi Emas, 1(1), 62. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2257

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Arsyad, J. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sholat Fardhu Dan Baca Al-Qur'an Melalui Metode Tutor Sebaya di SMPN 4 Lima Puluh Kabupaten Batu Bara. Jurnal An Sira: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam. http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i1.984

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Ayuningrum, D. (2018). Peningkatan Kemampuan Hafalan Bacaan Sholat Anak Usia 6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Islam, 15. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.13

Bahri, H., & Fitriani. (2019). Edutaiment Dalam Perkembangan Nilai Nilai Moral Dan Agama Anak. At-Ta'lim : Media Informasi Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1951

Denico, A. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Kb Cerdas Kecamatan Batu Hampar Kabupaten Rokan Hilir. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 01(02), 18. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2564

Fadli, F. (2019). Metode Praktik Dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Pada Anak Usia Dini Di Paud Mawar Tasikrejo Pemalang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 16. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4938

Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2016). Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya. Sari Pediatri, 11(2), 5. https://doi.org/10.14238/sp11.2.2009.136-41

Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 12. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.189-200

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10. ttps://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.37

Fitriyah, F. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Tk Al-Muhsin. Islamic EduKids, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809

Hadi, S. (2017). Pola Pengasuhan Islami Dalam Pendidikan Keluarga (Penguatan Peran Keluarga Jamaah Masjid Baitul Abror Teja Timur). TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 117. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1290

Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Instrument Evaluasi yang digunakan dalam Pembelajaran Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 13. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.569

Hartati, S., & Zulminiati, Z. (2020). Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1035-1044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.521

Hasanah, N., & Sugito. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.456

Hermawan, R. (2019). Pengajaran Sholat Pada Anak Usia Dini Perspektif Hadis Nabi Muhammad SAW. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 282-291. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2301

Iftitah, S. L. (2020). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di TK Islamic Center Surabaya. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 23. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9407

Imroatun, Nirnala, I., Juhri, & Muqdamien, B. (2020). Kajian Literatur Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Isnaningsih, A., & Rohman, A. (2019). Participation of Mothers Who Work in Religious Activities Towards Child Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 199. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.157

Julianto, T. A. (2020). Metode Menghafal dan Memahami al-Qur'an bagi anak usia dini melalui Gerakan Isyarat ACQ. Iqro: Journal of Islamic Education, 14. https://doi.org/10.24256/iqro.v3i1.1439

Kholida, L. (2017). Konfirmasi Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 18. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i1.549

Latuconsina, H., Nazilatul Ula, N. S., Choirunnisa, S. M., Kurniawati, F. M., Nuresa, R., Zuhri, A. S., Umbu Nay, S. I., Arifin, S., Rumkel, R. H., Masykuri, A. A., & Muzayid, A. (2020). Peningkatan Ibadah dan Amaliah Sosial Berbasis Masjid. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(2), 59. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i2.6548

Maarif, V., Nur, H. M., & Chandrayoga, F. (2020). Game Edukasi Hafalan Surat Pendek Al-Qur'an The Adventure Of Ali. IJSE: Indonesian Journal Software Engineering, 1, 9. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.8059

Makhmudah, S. (2020). Penanaman Nilai Keagamaan Anak Melalui Metode Bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189

Marlina, M. (2018). Teori Behavior dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Surat Pendek Al-Quran. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 6(4), 407-426. https://doi.org/10.15575/irsyad.v6i4.907

Mistiningsih, C., & Fahyuni, E. F. (2020). Manajemen Islamic Culture Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa. MANAZHIM, 2(2), 157-171. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.856

Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.550

Muntaz, A., Hariansyah, Y., & Aryanto. (2016). Perancangan Buku Doa Untuk Anak-Anak. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 1, 9. http://dx.doi.org/10.36982/jsdb.v1i1.41

Nasution, U., & Fathurrahman. (2020). Relevansi Hadis Larangan Marah Terhadap Kognis Dan Memori. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 8. https://doi.org/10.15548/alqalb.v11i1.1221

Nofiaturrahmah, F. (2017). Pendidikan Karakter yang Menyenangkan (Studi di PAUD Shofa Azzahro). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 181. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2357

Noor, T. R. (2017). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Di Kb Al Muslim Surabaya. Edusiana: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 12. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.7

Parisi, S. A. (2017). Tingkat Efisiensi dan Produktivitas Lembaga Zakat di Indonesia. ESENSI, 7(1), 63-72. https://doi.org/10.15408/ess.v7i1.3687

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rahmawati, D., & Dwiyanti, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. Seling: Jurnal Program Studi PGRA. https://doi.org/10.29062/seling.v4i1.160

Revita, D., & Hartati, S. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Ibadah Wudhu Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Dar El-Iman 2 Kota Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 26. https://doi.org/10.24036/108650

Riofita, H. (2016). Bentuk Peranan Guru Dalam Memberikan Pendidikan Kepemimpinan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 85. https://doi.org/10.24014/potensia.v2i1.2533

Ritonga, R. A., & Sutapa, P. (2020). Literasi dan Gender: Kesenjangan yang Terjadi di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.749

Rizqina, A. L., & Suratman, B. (2020). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Didakta: Jurnal Kependidikan, 14(1), 12. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.760

Sa'adah, N., & Muqowim, M. (2020). Penyampaian Pesan Moral Hadis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng Cas Cis Cus. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 147. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3495

Saputra, M. A. (2014). Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di R.A. Ddi Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam: Jurnal Penelitian Agama dan Sosial Budaya, 14. https://doi.org/10.31969/alq.v20i2.190

Sari, N. Y., & Wisroni, W. (2020). The Urgency of Parental Guidance for Youth Education in the Belajar Dari Rumah (BDR) Era. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 309. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109565

Siswanta, J. (2017). Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015). Inferensi, 11(1), 97. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118

Slamet, S., Ernawati, J., Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Nugroho, A. M., & Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya. (2015). Pemanfaatan Ruang Telaga Pada Tradisi Sedekah Bumi Desa Cerme Kidul, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Review of Urbanism and Architectural Studies, 13(1), 47-55. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2015.013.01.5

Sucipto, S. (2017). Peningkatan Pemahaman Cara Berwudhu melalui Penerapan Metode Demonstrasi dan Simulasi di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 25. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i1.21

Sumarno, M. S. (2014). Perlakuan Akuntansi Zakat Pada Badan Amil Zakat (Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Akuntansi Akunesa, 24.

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur'an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Trisnawati, Puastuti, D., & Lutvia Soleha. (2020). Pemilihan Media Pembelajaran Terbaik Sebagai Sarana Pembelajaran yang Efektif Menggunakan Metode SAW. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.30474

Uyuni, Y. R. (2019). Konsep Pola Asuh Orang Tua Dalam Perspektif Islam Terhadap Tumbuh Kembang Anak Dalam Keluarga. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v4i1.1964

Wahab, W. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PUSAKA, 6(1), 79-92. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i1.39

Wahyuningsih, D., & Suyanto, S. (2015). Implementasi Kearifan Lokal Melalui Model BCCT Untuk Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. JPPM: Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i1.4840

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Wilis, A. N., & Hartati, S. (2020). Kegiatan Ibadah Sholat Di Sentra Ibadah Pada Taman Kanak-Kanak Khaira Ummah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 8. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.497

Yasyakur, M. (2016). Penanaman Nilai Keislaman Pada Anak Dhuafa Di Paud Insan Cerdas Kota Bekasi. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 05, 46. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.804


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.