Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini

(1) Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
(2) Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
(3) Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia
(4) Pendidikan Bahasa Indonesia, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang, Indonesia

Copyright (c) 2020 susi Darihastining, Silvina Nur Aini, siti maisaroh, Diana Mayasari
DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923
Download Full Text:

Received : 2020-11-28 | Published : 2020-12-17
Abstract
Keywords
References
Bachri, S. B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.
Darihastining, S., Ambarwati, A., Kustiyarini, K., & Sulistyaningsih, E. (2019). Jombang Local Stage Literary As The Strengthening Media For Character Education of Cultural Literacy. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3493601
Ditha Prasanti, & Dinda Rakhma Fitriani. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas PadjadjaranProgram Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadharma, 2(1), 13–19.
Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan model pembelajaran. Jakarta: Indeks.
Eliza, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Learning (CTL) Berbasis Centra Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII No. 2(2), 94–106.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogik, 3, 153–163.
Eliza, D. (2019). Wordless and Picture Books Model Development based on Minangkabau Folklore to Build Early Childhood Character and Literacy. 178(ICoIE 2018), 498–504. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.107
Hapsari, R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengelompokkan Benda Dengan Media Bola Warna. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5251
Hurlock, E. B. (2011). Perkembangan Anak. Gelora Aksara Pratama.
Kesuma, M. Y. S. A., & Siswanto. (2018). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Kajian Pendidikan Akuntansi, 7(1), 1–18.
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Pujiastuti, D. (2019). Pemanfaatan Media Audio Visual Cerita Wayang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Jawa Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan 2015, 297–303.
Sanjaya, A. (2016). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa dan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 20(1).
Santos, L. H., Waldner, B. J., Fuchs, J. E., Pereira, G. A. N., Liedl, K. R., Caffarena, E. R., & Ferreira, R. S. (2019). Understanding Structure-Activity Relationships for Trypanosomal Cysteine Protease Inhibitors by Simulations and Free Energy Calculations. Journal of Chemical Information and Modeling, 59(1), 137–148. https://doi.org/10.1021/acs.jcim.8b00557
Sartini, S. (2004). Menggali kearifan lokal nusantara sebuah kajian filsafati. Jurnal Filsafat, 37(2), 111–120.
Sugiyono. (2008). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.
Sukremi, K., Agung, A. A. G., & Ambara, D. P. (2013). Penerapan Metode Drill Berbantuan Media Tangram untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B2 di TK Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1136
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.
Tampubolon. (1993). Mengembangkan minat dan kebiasaan membaca pada anak. Angkasa.
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early Childhood. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055
We, Asfi Yanti, and P. Y. F. (2017). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(5), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660
Wihyanti, R., Subiyantoro, S., & Fadhilah, S. S. (2018). Internalisasi Karakter Nasionalisme dalam Kediversitasan Etnis di Sekolah Dasar Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 79–104.
Article Metrics


This article can be traced from:
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.