Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau

Author


Zulfitrah ZR(1), Delfi Eliza(2Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  Download PDF   [File Size: 367KB]  Language: id
Published : 2020-12-11
Copyright (c) 2020 Zulfitrah ZR

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 560 times PDF Downloaded: 451 times

Abstract


Model Science Book anak usia dini untuk pengenalan literasi sains dan karakter berbasis Budaya Alam Minangkabau belum ada sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut penelitian bertujuan untuk menghasilkan Model Science book anak usia dini untuk pengenalan literasi sains dan karakter berbasis Budaya Alam Minangkabau yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan Researchand Development atau riset dan pengembangan dengan teknis riset menggunakan ADDIE model. Implementasi hasil riset diuji efektivitas dan praktikalitasnya di TK Sabbihisma 3 dengan 23 orang murid. Hasil validasi buku ini dengan 91,65%, uji praktikalitas oleh guru PAUD mendapatkan rata-rata persentase kelayakan sebesar 96,3% dan uji efektivitas oleh pengguna mendapatkan nilai rata-rata persentase kelayakan sebesar 91.4%. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah media pembelajaran dalam mengenalkan literasi sains dan karakter berbasis budaya Minangkabau yang dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Keywords


literasi sains;anak usia dini ; budaya alam minangkabau.

References


Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971981. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.480

Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 5259. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6

Astuti, S. D. (2016). Transmisi Budaya dan Kearifan Lokal pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian, 13, 1. https://doi.org/10.28918/jupe.v13i1.1190

C., G., & M. (2012). Science Concepts Young Children Learn Through Water Play. Dimensions of Early Childhood, 40(2).

Elkind, D. H. da. S., & Freddy. (2004). How to Do Character Education.

Fahmi, F., Syabrina, M., Sulistyowati, S., & Saudah, S. (2020). Strategi Guru Mengenalkan Konsep Dasar Literasi di PAUD Sebagai Persiapan Masuk SD/MI. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 931940. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.673

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Gormally, C. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring Undergraduates Evaluation of Scientific Information and Arguments. Journal: CBE Life Sciences Education, 11, 364377.

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Kemendikbud. (2014). Buku Panduan Kurikulum 2013 PAUD. Anak Usia 5-6 Tahun. kemendikbud.

Mantzicopoulos, P., & Patrick, H. (2011). Reading Picture Books and Learning Science: Engaging Young Children With Informational Text. Theory Into Practice - THEORY PRACT, 50, 269276. https://doi.org/10.1080/00405841.2011.607372.

Mardliyah, S., Siahaan, H., & Budirahayu, T. (2020). Pengembangan Literasi Dini melalui Kerjasama Keluarga dan Sekolah di Taman Anak Sanggar Anak Alam Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 892899. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.476

Pahlewi, R., Nasirun, H. M., & Syam, N. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Proses Pelarutan Pada Anak Kelompok B5 PAUD Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 9299.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137. (2014).

Ramdhani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.108

Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 152. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.277

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871

Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenadamedia Grup.

Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 385. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.345

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2021). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau Manjujai untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 13391351. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.660

Yaswinda, Y., Yulsyofriend, Y., & Sari, H. M. (2020). Analisis Pengembangan Kognitif dan Emosional Anak Kelompok Bermain Berbasis Kawasan Pesisir Pantai. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 9961008. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.711


Refbacks

  • There are currently no refbacks.