Analisis Pembelajaran Online Anak Usia Dini Masa Pandemi COVID -19 Kota dan Perdalaman

Author


Kartini Kartini(1Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Article Analytic
  [File Size: 277KB]  Language: id
Available online: 2021-07-15  |  Published : 2021-07-15
Copyright (c) 2021 Kar Tini Kartini
Article can trace at:

Article Metrics

Abstract Views: 130 times PDF Downloaded: 50 times

Abstract


Pandemic COVID-19 telah memengaruhi aspek pendidikan dan proses pembelajaran online diterapkan pada institusi sekolah di seluruh Indonesia baik di kota maupun di perdalaman. Sistem pembelajaran online membutuhkan fasilitas gadget dan media internet. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan pembelajaran anak usia dini berbasis online pada masa pandemic COVID-19 di kota dan perdalaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi pustaka serta lapangan. Penelitian dilakukan di kota Melawi Kalimantan Barat. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, analisis jurnal dan buku terkait. Hasil penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran online yang dilaksanakan di kota cenderung lebih produktif karena kemudahan fasilitas yang dapat diakses dan dukungan penuh dari orang tua. Sedangkan dalam pembelajaran online, deerah perdalaman kurang aktif karena minimnya fasilitas yang memadai dan kurangnya dukungan dari orang tua

Keywords


pandemic covid-19; pembelajaran online; kota; perdalaman

References


Aghajani, M., & Adloo, M. (2018). The effect of online cooperative learning on students' writing skills and attitudes through telegram application. International Journal of Instruction, 11(3), 433-448. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11330a

Alia, T. (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital. A Journal of Language, Literature, Culture and Education, 14(1), 65-78.
https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.639

Asmaroini, A. P., & Utami, P. S. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Demokrasi Siswa Sma Di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan …, 2(2). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/138
https://doi.org/10.17977/um019v2i12017p001

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330. https://e-resources.perpusnas.go.id:2093/doi/abs/10.1142/S0192415X20500500

Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1(1), 1-12.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59-67.

Fauziah, F., & Munastiwi, H. E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak Fitria Fuaziah Hasanah, Erni Munastiwi Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Age Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35-46. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2359
https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04

Firmansyah, T., Supriyanto, A., & Timan, A. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Sma Laboratorium. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 179-184. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p179

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340-348.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4-8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Huntsinger Carlos S., J. P. E. (2009). Parental involvement in children's schooling: Different meanings in different cultures. Early Childhood Research Quarterly, 24(4), 398-410. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2009.07.006

Koesoema Doni. (2010). Pendidika Karakter: Strategi Medidik Anak Di Era Global. Grasindo.

Mahase, E. (2020). Coronavirus covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. BMJ (Clinical Research Ed.), 368(February), m641. https://doi.org/10.1136/bmj.m641

Mahfud, M. N., & Wulansari, A. (2018). Penggunaan Gadget untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan, 58-63.

Maragustam. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Mulyasa E. (2008). Guru Yang Profesional: MenciptakanPembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya.

Munastiwi, E. (2018). Manajemen Model Pembinaan Kelompok Guru PAUD Model 'Multi-Workshop.' Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 51-60. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-04

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(2), 155-165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129

Nasution, M. R. (2020). Covid-19 Tidak Menjadi Hambatan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, April. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28543.36005/1

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018). Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications. Journal of Global Information Technology Management, 21(4), 233-241. https://doi.org/10.1080/1097198X.2018.1542262

Rusdiana, A., Sulhan, M., Arifin, I. Z., & Kamludin, U. A. (2020). Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19. Scientific Writing of the Bandung State Islamic University 2020, 1-10.

Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Times Indonesia.

Vito Benediktus, K. H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa Dan Kota. Prosiding Penelilitian Dan Pengabdian Kepadamasyarakat, 2. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13533

Volery, T., & Lord, D. (2000). Critical success factors in online education. International Journal of Educational Management, 14(5), 216-223. https://doi.org/10.1108/09513540010344731


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.