Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak

Author


Mustajab Mustajab(1Mail), Hasan Baharun(2), Lutfiatul Iltiqoiyah(3),
Pendidikan Agama Islalm, Institut Agama Islam Negeri Jember, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 352KB]

Published : 2020-11-19

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1283 times PDF Downloaded: 653 times

Abstract


Kecerdasan majemuk sangat penting untuk dikembangkan pada anak didik, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat guna untuk mencapai target tersebut, salah satunya adalah pendekatan BCCT (Beyond Centre And Circle Time). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang manajemen pembelajaran pada anak usia dini melalui pendekatan BCCT (beyond centre and circle time) dalam meningkatkan multiple intelligences anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada siswa di TK Namira School dan TK Islam Terpadu Permata, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam menerapkan BCCT guna meningkatkan multiple intelligences anak, diperlukan pengelolaan yang terencana, terstruktur dan sistematis. Melalui perencanaan desain pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang sistemik, multiple intelligences anak dapat dikembangkan dengan baik.

Keywords


kecerdasan majemuk; manajemen pembelajaran; pendekatan bcct

References


Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 3647. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975

Ardimen. (2016). Pengembangan Multiple Intelligence Melalui Pembelajaran Integratif Berbasis Games. Jurnal Edukasi, 2(2), 107129.

Aryani, A. D., Sudjito, D. N., & Sudarmi, M. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intellegence yang Dominan dalam Kelas pada Materi Tekanan. 6(2), 133136.

Ayasrah, S. M., & Aljarrah, A. H. (2020). The differences in multiple intelligences between the students of jordan university of science and technology. International Journal of Higher Education, 9(4), 3545. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n4p35

Azeez, A. T. A. (2016). Analysis of Management Practices in Lagos State Tertiary Institutions through Total Quality Management Structural Framework. Journal of Education and Practice, 7(8), 626.

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01), 128.

Baharun, H., & Adhimah, S. (2019). Adversity Quotient: Complementary Intelligence in Establishing Mental Endurance Santri in Pesantren. Jurnal Ilmiah ISLAM FUTURA, 19(1), 128143.

Beceren, B. . (2010). Determining multiple intelligences pre-school children (4-6 age) in learning process. Procedia Social and Behavioral Sciences, 2(2), 24732480. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.356

Bustami, Murniati, C. Z. H. (2012). Manajemen Pendidikan Paud Al- Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(2), 112.

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Delgoshaei, Y., & Delavari, N. (2012). Applying multiple-intelligence approach to education and analyzing its impact on cognitive development of pre-school children. Procedia - Social and Behavioral Sciences 32, 32(2010), 361366. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.054

Elfrida Ita. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 4552.

Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254

Fatmini. (2020). Interview.

Fitriani, A. F. J. Z. A. A. S. S. F. (2018). Improving Speaking Skills Using The Beyond Centers And Circle Time (BCCT) Technique. English Education Journal (EEJ), 9(3), 443465.

Habibi, Y., Srifariyati, Hasan, H., & Subhi, M. R. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligence. Jurnal Madaniyah, 7(2), 237260.

Hamzah, N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran BCCT Bagi Anak Usia Dini ; Study Pelaksanaan BCCT Di Tk Islam Mujahidin Pontianak. At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam Journal, 10(2), 119131.

Hanafin, J. (2014). Multiple Intelligences Theory , Action Research , and Teacher Professional Development : The Irish MI Project. 39(4).

Hanifah, H., & Amaliah, F. (2018). Manajemen Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Pos PAUD Dahlia 15. Jurnal Comm-Edu, 1(3), 2429.

Hasanaha, N., & Harmawati, D. (2020). Manajemen Pembelajaran Taman Kanak-Kanak Model Sentra dengan Pendekatan Beyond Centers And Circle Time ( BCCT ). Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 4(1), 3033.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Keklik, I. (2020). Multiple Intelligences Profiles in Prospective Teachers. Education Reform Journal, 5(1), 2744.

Khairun Nisa, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Kristiawan, R., & Muhammad. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 7686.

Larson, K. E., Pas, E. T., Bradshaw, C. P., Rosenberg, M. S., & Day-Vines, N. L. (2018). Examining how proactive management and culturally responsive teaching relate to student behavior: Implications for measurement and practice. School Psychology Review, 47(2), 153166. https://doi.org/10.17105/SPR-2017-0070.V47-2

Legowo, E. (2017a). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 18. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p001

Legowo, E. (2017b). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 18.

Marifah A, U., & Muthmainnah, A. (2015). Metode Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 117124.

Maghfirah, E. (2020). Interview.

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Patintingan, M. L. (2017). Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Times dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosio-Emosional Anak di Paud Tumbuh Kembang Anak Makassar. PERSPEKTIF: Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani, 2(2), 201207.

Rofiah, N. H. (2016). Menerapkan multiple intelligences dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 6979.

Rofiq, A. (2017). Wealth Management Strategi Pengelolaan Asset:Transparansi, Akuntabilitas, Efektifitas, Efisiensi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 6775.

Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan anak usia dini Rohmat.

Sabriye ?ener, A. . (2018). An Investigation between Multiple Intelligences and Learning Styles ?. 6(2), 125132. https://doi.org/10.11114/jets.v6i2.2643

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 5878.

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Saufi, A., & Hambali. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 2954.

?ener, S., & okal??kan, A. (2018). An Investigation between Multiple Intelligences and Learning Styles. Journal of Education and Training Studies, 6(2), 125132. https://doi.org/10.11114/jets.v6i2.2643

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 4(1), 15.

Suharti. (2018). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi pada PAUD Negeri Pembina Curup dan PAUD Pertiwi Kabupaten Rejang Lebong). 2(1).

Tanju Grkan, a?layan Diner, B. . (2019). Integrating Multiple Intelligences into Daily Plans: A Preschool Example. 10(3), 321345. https://doi.org/10.17569/tojqi.515616

Trenggonowati, D. L. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus di Kota Cilegon. Jurnal Industrial Services, 4(1), 4856. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Wilson, S. D. (2018). Implementing Co-Creation And Multiple Intelligence Practices To Transform The Classroom Experience. Contemporary Issues in Education Research (CIER), 11(4), 127132. https://doi.org/10.19030/cier.v11i4.10206

Winarti, A., Yuanita, L., & Nur, M. (2019). The effectiveness of multiple intelligences based teaching strategy in enhancing the multiple intelligences and Science Process Skills of junior high school students. Journal of Technology and Science Education, 9(2), 122135. https://doi.org/10.3926/jotse.404

Yalda Delgoshaeia, N. D. (2012). Applying multiple-intelligence approach to education and analyzing its impact on cognitive development of pre-school children. 361366. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.054

Yildiz, M., ntrk, Y., & Efek, E. (2020). The Investigation of Multiple Intelligence Modalities of University Students Receiving Sports Education. Asian Journal of Education and Training, 6(2), 246255. https://doi.org/10.20448/journal.522.2020.62.246.255

Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management Di SMK Muhammadiyah Prambanan. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 2435. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.967

Zamroni, Z. (2020). Smart Parenting in Improving Students Spiritual Intelligence in Pesantren-Based Madrasahs. Tadib, 23(1), 5162. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1947


Refbacks

  • There are currently no refbacks.