- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763Keywords:
alat permaian edukatif, kecerdasan kognitif, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang alat permainan edukatif berbahan limbah dalam meningkatkan kecerdasan kognitif pada anak usia dini di Raudlatul Athfal (RA) Tania, Paiton, Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus. Guna mendapatkan gambaran tentang alat permainan edukatif berbahan limbah dalam mencerdaskan kognitif pada anak usia dini, peneliti berbaur langsung dalam pembuatan alatnya dan melakukan observasi dan mendokumentasikan aktivitas pembelajaran di lembaga tersebut. Interview dilakukan terhadap kepala sekolah dan guru di Raudlatul Athfal (RA) Tania. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan kognitif anak usia dini melalui alat permainan edukatif berbahan limbah dilakukan melalui; kegiatan persiapan, penyajian materi, menghubungkan, menyimpulkan, dan mengaplikasikan media dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa guru harus memiliki inovasi dan kreatifitas dalam mengelola pembelajarannya sesuai dengan target yang ditentukannya, agar supaya mampu membangkitkan motivasi dan kecerdasan peserta didik secara totalitas.Downloads
References
Akhmad Shunhaji, N. F. (2020). Efektivitas Alat Peraga Edukatif (APE) Balok Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini Akhmad. Block Caving – A Viable Alternative?, 2(2), 1–30. https://doi.org/10.1016/j.solener.2019.02.027
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak Paud Inklusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 36–47. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.975
Ali, S. R. B., & Mukhtar, F. binti. (2017). A Case Study of Fun Learning With Numeracy Of Preschoolers. International Journal of Early Childhood Education Care, 6(9), 51–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Aliyah, S., Mufid, M., Wibowo, P. A., & Aflahani, A. P. E. (2017). Pemanfaatan Sampah Sebagai Alat Peraga Edukatif Bagi Siswa-Siswi PAUD. Journal of Dedicators Community. https://doi.org/10.34001/jdc.v1i1.439
Alwi, M., Wiyono, B. W., Bafadhal, I., & Imron, A. (2019). Diskripsi Hubungan Kepribadian, Emosi Dan Perilaku “Orientasi Service” Guru Di Era Industri 4.0. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 227–250. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.519
Ariyanti, T. (2016). The Importance Of Childhood Education For Child Development. The Art of War, 8(1), 50–58. https://doi.org/10.23943/9781400889877
Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26760
Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28.
Chong, S., & Lu, T. (2019). Early childhood teachers’ perception of the professional self and in relation to early childhood communities. Australian Journal of Teacher Education, 44(7), 53–67. https://doi.org/10.14221/ajte.2019v44n7.4
Coskun, Z. N., Adıguzel, T., & Çatak, G. (2019). Acoustic labyrinth: Validation of a game –-based heart auscultation educational tool. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 11(4), 245–256. https://doi.org/10.18844/wjet.v11i4.4394
Eldeniz Çetin, M., & Çay, E. (2020). The experiences, opinions and suggestions of special education teachers regarding leisure time activities chosen by students with intellectual disability. Participatory Educational Research, 7(1), 30–46. https://doi.org/10.17275/per.20.3.7.1
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Ferronato, N., & Torretta, V. (2019). Waste mismanagement in developing countries: A review of global issues. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(6). https://doi.org/10.3390/ijerph16061060
Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 50. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Pada Taman Kanak-Kanak Se-Kota Metro. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831
Hijriati. (2017). Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, III(2), 59–69.
I Wayan Arsana, Made Ayu Anggreni, S. R. P. (2019). Pemanfaatan Benda-Benda Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Isma, Z., Fakhriah, D., Pd, M., Yuhasriati, D., & Pd, M. (2016). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kognitif Melalui Ape Kartu Angka Bergambar Di Tk Bungong Seulanga Lamteuba Dro Kabupaten Aceh Besar. 1(1), 123–130.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Laila, A. N., & Candraloka, O. R. (2019). Pemanfaatan Potensi Alam sebagai Alat Permainan Edukatif di PAUD Delima Jobokuto Jepara. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 76. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2883
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196
Masruroh. (2019). Peningkatan Perkembangan Kognitif melalui Permainan Balok Geometri pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya. Jurnal Motoric, 3(2), 55–64. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Masyithoh, S. (2019). Implementasi Assesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Care Children Advisory Research and Education, 7(1), 27–35.
Misrayeti, & Mahyuddin, N. (2020). The Implementation of Mathematics Learning in the Preparation Center Islamic Kindergarten Raudhatul Jannah City of Payakumbuh. 44(Icece 2019), 84–92. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200715.017
Munawar, M. (2019). Supervisi Akademik: Mengurai Problematika Profesionalisme Guru di Sekolah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 135–155. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.522
Murphy, C., Doherty, A., & Kerr, K. (2016). “It is through others that we become ourselves.” A study of Vygotskian play in Russian and Irish schools. International Research in Early Childhood Education, 7(2), 129–146. https://doi.org/10.4225/03/584E38BF1547A
Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 91. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.12
Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2019). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 240. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311
Ni made ayu suryaningsih. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. 5(2), 212–220.
Nur Hayati, Nur Cholimah, M. C. (2017). Kata kunci : keterampilan kognitif, anak usia dini. Pendidikan Anak Is Licensed under a Creative, 6(2), 181–189.
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Nurlaili. (2018). Al Fitrah Al Fitrah. 2(1), 242–250.
Nurmiyanti, L., & Candra, B. Y. (2019). Kepemimpinan Transformasional dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 13–24. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.646
Pllana, D. (2019). Creativity in Modern Education. World Journal of Education, 9(2), 136–140. https://doi.org/10.5430/wje.v9n2p136
Purwanto, A., Sopa, A., Primahendra, R., Kusumaningsih, S. W., & Pramono, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transactional, Transformational, Authentic Dan Authoritarian Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kudus. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.938
Puspitasari, C. (2017). A New Tool To Facilitate Learning Reading For Early Childhood. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 5(3), 1–15.
Rahayu, E., Suryanti, H. H., & Setiawan, M. H. Y. (2019). Jurnal audi. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PUD, 4(1), 18–34.
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260
Retnaningrum, W. (2016). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Bermain Memancing. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 207–218. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11284
Rif’atin. (2020). Interview.
Rohmalina. (2016). 3R (Recuce, Reuse, Recycle) sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAUD dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah di PAUD Siaga Kota Cimahi. JurnalTunas Siliwangi, 2(2), 43–53.
Rosdiana, A., Dian Yulistianti, H., Nor Laila, A., & Kunci, K. (2018). Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini Di Kuwasen Jepara. Jdc, 2(1), 1–7.
Rouse, E., & Joseph, D. (2019). The theory–practice challenge: International early childhood education students making connections in Australia. Teachers’ Work, 16(1 & 2), 31–47. https://doi.org/10.24135/teacherswork.v16i1and2.277
Rusmiyati. (2020). Interview.
Sahjat, S., & Samad, F. (2018). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Playdough Sebagai Sumber Belajar. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 25–29.
Sanitasari, R. D., Andreswari, D., & Purwandari, E. P. (2017). Sistem Monitoring Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun Berbasis Android. Journal Rekursif, 5(1), 1–10.
Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 58–78.
Selvi, M., & Çoşan, A. Ö. (2018). The effect of using educational games in teaching kingdoms of living things. Universal Journal of Educational Research, 6(9), 2019–2028. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060921
Shafiah. (2020). Interview.
Sulastri, Y. L., Rahma, A., & Hakim, L. L. (2017). IbM Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Anak Bagi Guru Paud di Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 84. https://doi.org/10.30999/jpkm.v7i2.177
Tatminingsih, S. (2019). Alternatif Stimulasi Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Komprehensif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.130
Trenggonowati, D. L., & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56.
Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24
Winitri, R., & Nurani, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun ditinjau dari Pemahaman Guru Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 491–501. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.402
Zamroni, Z. (2020). Smart Parenting in Improving Students’ Spiritual Intelligence in Pesantren-Based Madrasahs. Ta’dib, 23(1), 51–62. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1947
Zherly Nadia Wandi, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 897–906.


