Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-63 Kota Padang

Authors

  • Nilam Cahaya Syafza Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Nenny Mahyuddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7435

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Video Animasi, Anak Usia Dini

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap kesantunan berbahasa anak-anak berusia 5-6 tahun di TK Kartika 1-63 Kota Padang, yang terlihat dari sedikitnya penggunaan ungkapan sopan seperti 'tolong', 'maaf', dan 'terima kasih', serta rendahnya pemahaman anak mengenai penerapan bahasa santun dan kurangnya media digital yang mendukung pengenalan kesantunan berbahasa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kesantunan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini mencangkup semua anak di TK Kartika 1-63 dengan sampelnya yang terdiri dari kelas B1 dan B2, masing-masingnya berjumlah 10 anak. Dan teknik analisis data meliputi pengujian normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi memiliki pengaruh signifikan, dengan rata-rata skor kelas eksperimen (21,7) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (15,8). Dengan demikian, media video animasi efektif untuk meningkatkan kesantunan berbahasa anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156

Ramadanti, A. W., & Padilah. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 95–102. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10696

Anisa, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga Pada Anak Kelompok B Ra Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2, 33–41.

Apriliani, E. I. (2019). Kesantunan Bahasa Anak Di Paud Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 62. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.358

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690

Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108

Atiasih, A., Hadianti, A. N., & Hamid, L. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 622–629. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293

Chaer, A. (2010). Kesantunan Bahasa. Rineka Cipta.

Desniarti, Zulfitri, Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SD Swasta IT Darussalam. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Rakyat, 1, 57–65. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/818

Fauziah, M. S., Trisnawati, I., & Aminuddin, A. (2022). Language Politeness of Preschool Children in the Market Environment. KnE Social Sciences, 2022, 312–327. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10751

Indayani, N. F., Rusmayadi, R., & Musi, M. A. (2022). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1876

Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

Liani, A., & Dafit, F. (2023). Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6798–6807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5779

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Simamora, M. S., & Sitorus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ronatama. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 24–34. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.959

Nazila, A., & Alia, D. (2025). Peran Media Video Animasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–57. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol6.no2.a9068

Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217

Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa. Tarbiyah Al-Aulad, 4(1), 87–96.

Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2066

Oktavianti, R., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4689–4697. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5976

Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.

Zalmi, R. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Pada Buku Cerita Bergambar Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Genta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 482–492. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3957

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukenti, D., & Silvia, S. (2016). Penggunaan Media Sketsa dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 82–99. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1513

Abid, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 230–244. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10302

Purandina, I. P. Y., & Juliari, I. G. A. I. T. (2021). Pengenalan Literasi Digital melalui Cerita Narasi Berbahasa Inggris pada Aplikasi Youtube sebagai Penanaman Karakter Anak. Widya Accarya, 12(1), 128–139. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1072.128-139

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Downloads

Published

10-08-2025

How to Cite

Syafza, N. C., & Mahyuddin, N. (2025). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-63 Kota Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1913–1923. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7435

Issue

Section

Articles