- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-63 Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7435Keywords:
Kesantunan Berbahasa, Video Animasi, Anak Usia DiniAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap kesantunan berbahasa anak-anak berusia 5-6 tahun di TK Kartika 1-63 Kota Padang, yang terlihat dari sedikitnya penggunaan ungkapan sopan seperti 'tolong', 'maaf', dan 'terima kasih', serta rendahnya pemahaman anak mengenai penerapan bahasa santun dan kurangnya media digital yang mendukung pengenalan kesantunan berbahasa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kesantunan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini mencangkup semua anak di TK Kartika 1-63 dengan sampelnya yang terdiri dari kelas B1 dan B2, masing-masingnya berjumlah 10 anak. Dan teknik analisis data meliputi pengujian normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi memiliki pengaruh signifikan, dengan rata-rata skor kelas eksperimen (21,7) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (15,8). Dengan demikian, media video animasi efektif untuk meningkatkan kesantunan berbahasa anak usia dini.
Downloads
References
Alifia, V., & Hendriana, B. (2021). Video Animasi yang Dapat Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Masa Pandemi Covid 19 untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 243. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.37156
Ramadanti, A. W., & Padilah. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa dan Rara dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 95–102. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.10696
Anisa, F. (2022). Mengembangkan Kemampuan Bahasa (Keaksaraan) Dalam Menghubungkan Tulisan Sederhana Dengan Gambar Melalui Model Kombinasi Mamperga Pada Anak Kelompok B Ra Al-Ihsan Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2, 33–41.
Apriliani, E. I. (2019). Kesantunan Bahasa Anak Di Paud Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 62. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.358
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Atiasih, A., Hadianti, A. N., & Hamid, L. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 622–629. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293
Chaer, A. (2010). Kesantunan Bahasa. Rineka Cipta.
Desniarti, Zulfitri, Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SD Swasta IT Darussalam. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Rakyat, 1, 57–65. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/818
Fauziah, M. S., Trisnawati, I., & Aminuddin, A. (2022). Language Politeness of Preschool Children in the Market Environment. KnE Social Sciences, 2022, 312–327. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10751
Indayani, N. F., Rusmayadi, R., & Musi, M. A. (2022). Pengaruh Film Animasi Terhadap Perilaku Moral Anak Usia 5-6 Tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1876
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28
Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731
Liani, A., & Dafit, F. (2023). Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6798–6807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5779
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Simamora, M. S., & Sitorus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Ronatama. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 24–34. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i2.959
Nazila, A., & Alia, D. (2025). Peran Media Video Animasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 49–57. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol6.no2.a9068
Ningsih, S. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Desain E-Module Tematik Berbasis Kesantunan Berbahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 137–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1217
Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2019). Peningkatan Perkembangan Bahasa. Tarbiyah Al-Aulad, 4(1), 87–96.
Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2066
Oktavianti, R., & Hartati, S. (2023). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4689–4697. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5976
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas V sdn se-gugus sukodono sidoarjo laily rahmayanti pgsd fip universitas negeri surabaya abstrak. Jurnal PGSD, 6(4), 429–439.
Zalmi, R. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Pada Buku Cerita Bergambar Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Genta: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 482–492. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3957
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukenti, D., & Silvia, S. (2016). Penggunaan Media Sketsa dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 82–99. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1513
Abid, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba) 2019, 230–244. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/10302
Purandina, I. P. Y., & Juliari, I. G. A. I. T. (2021). Pengenalan Literasi Digital melalui Cerita Narasi Berbahasa Inggris pada Aplikasi Youtube sebagai Penanaman Karakter Anak. Widya Accarya, 12(1), 128–139. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1072.128-139
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nilam Cahaya Syafza, Nenny Mahyuddin (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: