- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
analisis Implementasi Cooking Day dalam Mengatasi Fatherless dan Stereotip Gender pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7410Keywords:
Anak usia dini, Cooking Day, fatherless, sterotip gender, peran ayahAbstract
Riset ini dilakukan agar melihat bagaimana program Cooking Day dijalankan dalam menanggapi masalah fatherless, serta pandangan umum tentang peran gender pada anak-anak kecil. Program ini dibuat dengan tujuan agar para ayah lebih terlibat dalam merawat anak, sekaligus membantu anak memahami bahwa peran gender itu setara. Penelitian ini memakai cara kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data lewat pengamatan dan obrolan dengan 25 orang tua dan 4 guru di PAUD Kota Binjai. Hasilnya memperlihatkan bahwa Cooking Day berhasil membuat para ayah lebih sering ikut serta dalam kegiatan anak, mengurangi efek dari tidak adanya sosok ayah, dan membuat anak-anak lebih terbuka tentang peran gender. Anak-anak yang ikut program ini mengalami kemajuan dalam kemampuan bergaul, bekerja sama, dan menyadari pentingnya kesetaraan peran antara laki-laki dan perempuan. Kesimpulannya, Cooking Day bisa jadi pilihan yang bagus dalam mendidik karakter dan memperkuat identitas anak usia dini agar lebih inklusif dan setara gender.
Downloads
References
Aghitsny, A., & Mursid, M. (2024). Implementasi Cooking Class Bagi Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 219–230.
Angelina, R. L., & Aulina, C. N. (2024). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Class: Penerapan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 844–857. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1688
Ayunda, Z., & Aulia, A. (2022). Kelekatan (Attachment) Orang Tua Dalam Stimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 74–82.
Bastian, A., & Novitasari, Y. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4359–4366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2639
Chaiklin, S. (2003). The zone of proximal development in vygotsky’s analysis of learning and instruction. In Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context (Vol. 1, Issue 2, pp. 39–64). Cambridge, UK: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511840975.004
Dwi Handayani, O., & Anisa, R. (2023). Pengembangan Media Pengenalan Identitas Gender melalui Buku Lift The Flap pada Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 551–565. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.264
Erviana, Y., Kasanah, U., Sari, N., Nidha Eka Restuti Munawir, A., Mahendra, Y., Munawaroh, S., Nur Maulidia, L., Mulyawan, G., Sya, N., Ratri Dwi Mulyani, B., Syaputra Sitio, D., Maria, Y. D., Kara, K., Muzdalifah, F., Hajar Larekeng, S., Maria Separ, F., Dwitalia Sari, D., Sari, M., Rahmawati, E., & Yansa, H. (2024). Perkembangan Anak Usia Dini Kunci untuk Orang Tua dan Pendidik. In Penerbit Mifandi Mandiri Digital (Vol. 1, Issue 01).
Hidayati, H. (2021). Peran Ayah Dalam Pembentukan Keadilan Gender Melalui Pendidikan Islam Pada Anak Usia 6-8 Tahun Di Dusun Jayan, Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis Bantul [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30587%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30587/19913038 Husnul Hidayati.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Lestari, G. A., Abddurrazaq, A., & ... (2023). Dampak Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesadaran Gender Anak (Studi Kasus Orang Tua Remaja “D” Yang Berperilaku Feminim Di Desa Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang). Adiba: Journal of Education, 3(3), 375–379. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/319
Masruroh, R., Iskandar, & Dewi, D. T. (2024). Exploring the Moderating Effect of Gender on the Relationship between Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior. International Journal Administration, Business & Organization, 5(2), 56–62. https://doi.org/10.61242/ijabo.24.408
McCabe, P. C. (2022). Early childhood educators’ beliefs about child behavior and adult outcomes related to gender and play. Psychology in the Schools, 59(1), 51–75. https://doi.org/10.1002/pits.22502
Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J., & Rohidi, T. R. (1996). Qualitative Data Analysis. UI-Press.
Nurhasanah, N., Lestari, I., & Hermansyah, T. A. (2023). Penyuluhan Kepada Orang Tua Dalam Menjalani Komunikasi Yang Efektif Antara Orangtua dan Anak. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.56114/maslahah.v4i1.530
Nurhasanah, N., & Putra, S. (2023). Mother Figure in Children’s Education. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7073–7078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5467
Nurhasanah, & Ningsih, A. D. (2023). Perkembangan Remaja Berdasarkan Gender. Journal of Counseling and Education, 4(2), 35–41.
Oleschuk, M. (2019). Gender, Cultural Schemas, and Learning to Cook. Gender and Society, 33(4), 607–628. https://doi.org/10.1177/0891243219839669
Pauzannoor, S. R., Loita, A., & Sianturi, R. (2024). Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Kautsar. Jurnal PAUD Agapedia, 8(2), 199–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i2.77299
Prastiyani, W. (2017). Peran Ayah Muslim dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Kampung Karanganyar, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 68–88. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art6
Rachmanulia, N., & Dewi, K. S. (2023). Dinamika Psikologis Pada Anak Perempuan dengan Fatherless di Usia Dewasa Awal: Studi Fenomenologis. Prosiding Konferensi Mahasiswa Psikologi Indonesia, 4, 88–98.
Rahmawati, E. (2017). Hubungan pola asuh ayah dengan perilaku disiplin anak di RA Muslimat NU 9 Kota Malang. Universitas Negeri Malang.
Risman, B. J., Myers, K., & Sin, R. (2018). Limitations of the Neoliberal Turn in Gender Theory. Gender Reckonings: New Social Theory and Research, 277–298.
Salamah, N., Zafi, A. A., & Wathani, S. N. (2021). Antisipasi Child Sexual Abuse Melalui Pengenalan Identitas Gender Anak Usia Dini Dengan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 152–171. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9035
Susanti, R., & Ariyati, I. (2024). The Effect of Fatherless on Children Social Development. ScidacPlus, 1(1), 27–33. https://journal.scidaplus.com/index.php/jgs/
W. Yudhistira, A. (2023). Ironi “Fatherless Country” dalam Citra Keluarga Ideal Indonesia. Katadata.Co.Id, 2023(September), 1. https://katadata.co.id/analisisdata/64618dee06caa/ironi-fatherless-country-dalam-citra-keluarga-ideal-indonesia
Wardhani, H. K. K., Redjeki, E. S., & Rasyad, A. (2017). Implementasi Kegiatan Cooking Day sebagai Upaya Peningkatan Hubungan Kerja Sama Antara Anak dengan Orang Tua dalam Konteks Pembelajaran. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 163–170. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p163
Widiyono, A. (2022). Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak Di Ra Imama Mijen Semarang. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 59–68. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.515
Wiwin Yunita, Ulfasari, N., Wahyuni, D., & Nasution, S. T. (2025). Cooking Class Sebagai Media Pendidikan Luar Sekolah untuk Anak Usia Dini. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.23971/muallimun.v5i1.9986
Yarrow, L. J., & Zaslow, M. (1981). Review of The ecology of human development: Experiments by nature and design. American Journal of Orthopsychiatry, 51(2), 363–365. https://doi.org/10.1037/h0098898
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhasanah Nurhaasanah, Aulia Annisa, Masganti Sit, Angel Laura (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: