analisis Implementasi Cooking Day dalam Mengatasi Fatherless dan Stereotip Gender pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nurhasanah Nurhaasanah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, Indonesia
  • Aulia Annisa Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, Indonesia
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Angel Laura Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7410

Keywords:

Anak usia dini, Cooking Day, fatherless, sterotip gender, peran ayah

Abstract

 Riset ini dilakukan agar melihat bagaimana program Cooking Day dijalankan dalam menanggapi masalah fatherless, serta pandangan umum tentang peran gender pada anak-anak kecil. Program ini dibuat dengan tujuan agar para ayah lebih terlibat dalam merawat anak, sekaligus membantu anak memahami bahwa peran gender itu setara. Penelitian ini memakai cara kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data lewat pengamatan dan obrolan dengan 25 orang tua dan 4 guru di PAUD Kota Binjai. Hasilnya memperlihatkan bahwa Cooking Day berhasil membuat para ayah lebih sering ikut serta dalam kegiatan anak, mengurangi efek dari tidak adanya sosok ayah, dan membuat anak-anak lebih terbuka tentang peran gender. Anak-anak yang ikut program ini mengalami kemajuan dalam kemampuan bergaul, bekerja sama, dan menyadari pentingnya kesetaraan peran antara laki-laki dan perempuan. Kesimpulannya, Cooking Day bisa jadi pilihan yang bagus dalam mendidik karakter dan memperkuat identitas anak usia dini agar lebih inklusif dan setara gender.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghitsny, A., & Mursid, M. (2024). Implementasi Cooking Class Bagi Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 219–230.

Angelina, R. L., & Aulina, C. N. (2024). Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Fun Cooking Class: Penerapan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 844–857. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i2.1688

Ayunda, Z., & Aulia, A. (2022). Kelekatan (Attachment) Orang Tua Dalam Stimulasi Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 74–82.

Bastian, A., & Novitasari, Y. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4359–4366. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2639

Chaiklin, S. (2003). The zone of proximal development in vygotsky’s analysis of learning and instruction. In Vygotsky’s Educational Theory in Cultural Context (Vol. 1, Issue 2, pp. 39–64). Cambridge, UK: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511840975.004

Dwi Handayani, O., & Anisa, R. (2023). Pengembangan Media Pengenalan Identitas Gender melalui Buku Lift The Flap pada Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 551–565. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.264

Erviana, Y., Kasanah, U., Sari, N., Nidha Eka Restuti Munawir, A., Mahendra, Y., Munawaroh, S., Nur Maulidia, L., Mulyawan, G., Sya, N., Ratri Dwi Mulyani, B., Syaputra Sitio, D., Maria, Y. D., Kara, K., Muzdalifah, F., Hajar Larekeng, S., Maria Separ, F., Dwitalia Sari, D., Sari, M., Rahmawati, E., & Yansa, H. (2024). Perkembangan Anak Usia Dini Kunci untuk Orang Tua dan Pendidik. In Penerbit Mifandi Mandiri Digital (Vol. 1, Issue 01).

Hidayati, H. (2021). Peran Ayah Dalam Pembentukan Keadilan Gender Melalui Pendidikan Islam Pada Anak Usia 6-8 Tahun Di Dusun Jayan, Kalurahan Canden, Kapanewon Jetis Bantul [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30587%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/30587/19913038 Husnul Hidayati.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lestari, G. A., Abddurrazaq, A., & ... (2023). Dampak Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kesadaran Gender Anak (Studi Kasus Orang Tua Remaja “D” Yang Berperilaku Feminim Di Desa Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang). Adiba: Journal of Education, 3(3), 375–379. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/319

Masruroh, R., Iskandar, & Dewi, D. T. (2024). Exploring the Moderating Effect of Gender on the Relationship between Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behavior. International Journal Administration, Business & Organization, 5(2), 56–62. https://doi.org/10.61242/ijabo.24.408

McCabe, P. C. (2022). Early childhood educators’ beliefs about child behavior and adult outcomes related to gender and play. Psychology in the Schools, 59(1), 51–75. https://doi.org/10.1002/pits.22502

Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J., & Rohidi, T. R. (1996). Qualitative Data Analysis. UI-Press.

Nurhasanah, N., Lestari, I., & Hermansyah, T. A. (2023). Penyuluhan Kepada Orang Tua Dalam Menjalani Komunikasi Yang Efektif Antara Orangtua dan Anak. Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.56114/maslahah.v4i1.530

Nurhasanah, N., & Putra, S. (2023). Mother Figure in Children’s Education. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7073–7078. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5467

Nurhasanah, & Ningsih, A. D. (2023). Perkembangan Remaja Berdasarkan Gender. Journal of Counseling and Education, 4(2), 35–41.

Oleschuk, M. (2019). Gender, Cultural Schemas, and Learning to Cook. Gender and Society, 33(4), 607–628. https://doi.org/10.1177/0891243219839669

Pauzannoor, S. R., Loita, A., & Sianturi, R. (2024). Pengaruh Kegiatan Cooking Class terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Kautsar. Jurnal PAUD Agapedia, 8(2), 199–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i2.77299

Prastiyani, W. (2017). Peran Ayah Muslim dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Kampung Karanganyar, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 22(2), 68–88. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol22.iss2.art6

Rachmanulia, N., & Dewi, K. S. (2023). Dinamika Psikologis Pada Anak Perempuan dengan Fatherless di Usia Dewasa Awal: Studi Fenomenologis. Prosiding Konferensi Mahasiswa Psikologi Indonesia, 4, 88–98.

Rahmawati, E. (2017). Hubungan pola asuh ayah dengan perilaku disiplin anak di RA Muslimat NU 9 Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Risman, B. J., Myers, K., & Sin, R. (2018). Limitations of the Neoliberal Turn in Gender Theory. Gender Reckonings: New Social Theory and Research, 277–298.

Salamah, N., Zafi, A. A., & Wathani, S. N. (2021). Antisipasi Child Sexual Abuse Melalui Pengenalan Identitas Gender Anak Usia Dini Dengan Perspektif Pendidikan Islam. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 152–171. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.9035

Susanti, R., & Ariyati, I. (2024). The Effect of Fatherless on Children Social Development. ScidacPlus, 1(1), 27–33. https://journal.scidaplus.com/index.php/jgs/

W. Yudhistira, A. (2023). Ironi “Fatherless Country” dalam Citra Keluarga Ideal Indonesia. Katadata.Co.Id, 2023(September), 1. https://katadata.co.id/analisisdata/64618dee06caa/ironi-fatherless-country-dalam-citra-keluarga-ideal-indonesia

Wardhani, H. K. K., Redjeki, E. S., & Rasyad, A. (2017). Implementasi Kegiatan Cooking Day sebagai Upaya Peningkatan Hubungan Kerja Sama Antara Anak dengan Orang Tua dalam Konteks Pembelajaran. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 163–170. https://doi.org/10.17977/um027v2i22017p163

Widiyono, A. (2022). Kegiatan Cooking Class Untuk Menumbuhkan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak Di Ra Imama Mijen Semarang. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 59–68. https://doi.org/10.25078/pw.v7i1.515

Wiwin Yunita, Ulfasari, N., Wahyuni, D., & Nasution, S. T. (2025). Cooking Class Sebagai Media Pendidikan Luar Sekolah untuk Anak Usia Dini. Muallimun: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 56–67. https://doi.org/10.23971/muallimun.v5i1.9986

Yarrow, L. J., & Zaslow, M. (1981). Review of The ecology of human development: Experiments by nature and design. American Journal of Orthopsychiatry, 51(2), 363–365. https://doi.org/10.1037/h0098898

Downloads

Published

17-09-2025

How to Cite

Nurhaasanah, N., Annisa, A., Sit, M., & Laura, A. (2025). analisis Implementasi Cooking Day dalam Mengatasi Fatherless dan Stereotip Gender pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 2242–2250. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7410

Issue

Section

Articles