Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengatasi Masalah Psikologis pada Anak Usia Dini

Authors

  • Hadi Sumaryadi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Elnawati Elnawati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia
  • Redi Awal Maulana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7398

Keywords:

Layanan Bimbingan, Bimbingan dan Konseling, Masalah Psikologis

Abstract

Anak usia dini merupakan masa emas anak-anak (golden age), di mana otak berkembang pesat, dan berbagai pengalaman yang dialami akan sangat mempengaruhi perkembangan mental dan sosial mereka di masa depan. Dalam proses pendidikan anak usia dini, pendidik memiliki tanggung jawab bukan hanya dalam hal kognitif, tetapi juga dalam menjaga kesehatan psikologis anak. Namun pada kenyataannya, berbagai masalah psikologis ringan seperti menarik diri, tantrum, tidak percaya diri, atau agresivitas terhadap teman sebaya sering kali muncul pada siswa Taman Kanak-Kanak. Masalah-masalah ini bila tidak ditangani dengan tepat, dapat berdampak jangka panjang terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Pada anak usia dini, fenomena yang sering muncul adalah ditemukannya anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda masalah psikologis taraf ringan, seperti mennagis, enggan berinteraksi, mudah marah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan ini ke dalam sebuah penelitian dengan tujuan memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai praktik bimbingan dan konseling yang dilaksanakan secara nonformal di lingkungan pendidikan anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A., & Rohani, A. (1991). Bimbingan dan konseling di sekolah. Rineka Cipta.

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966

Bonita, E., Suryana, E., Hamdani, M. I., & Harto, K. (2022). The Golden Age?: Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218–228. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Dani, R. A. (2020). Pendampingan deteksi dini permasalahan psikologis anak. Jurnal Abdimas (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya), 5(1), 45–56.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauzi, I. (2019). Manajemen Filsafat Pendidikan Karakter (Filsafat Sebagai Asas Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Karakter). Jurnal Kependidikan, 11(April), 1–29.

Fitriyani, N., & Lestari, A. (2022). Eksplorasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3332–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2110

Inayati, T. (2010). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

Incrementapedia. (2023). Analisis permasalahan sosial emosional pada anak usia dini TK Melati Purwakarta: aspek adaptasi sosial dan pengelolaan emosi. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12.

Melati, H. I. (2015). Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Dan Penanganannya: Psycho Idea Jurnal Nasional UMP, 1(2), 1–11. Munandar, A., & Fitria, H. (2020). Prosedur dan teknik bimbingan konseling anak usia dini di lembaga PAUD. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 111–124. https://doi.org/10.31958/jaf.v8i2.1948

Nurhayati, I., & Susanto, R. (2021). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 56–64. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.34567

Rahmawati, D., & Hartati, T. (2021). Peningkatan perkembangan sosial-emosional anak melalui kegiatan bermain peran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tanjungpura, 5(2), 77–85. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpauduntan/article/view/47027

Ramadina, W. (2022). Peran guru dalam menyikapi psikologi anak usia dini di PAUD Al Amin. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 87–98. Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27

Saputra, A. D. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 389. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.977

Saputro, A., & Widodo, S. (2020). Pengembangan model bimbingan konseling berbasis permainan edukatif untuk menanamkan nilai karakter anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.29219

Sari, R., & Putri, E. (2022). Literasi kesehatan mental orang tua anak usia dini. Child Development Journal (CDJ), 3(2), 123–133. https://doi.org/10.33087/cdj.v3i2.90

Downloads

Published

14-09-2025

How to Cite

Sumaryadi, H., Elnawati, E., & Maulana, R. A. (2025). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengatasi Masalah Psikologis pada Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 2192–2198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7398

Issue

Section

Articles