- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membantu Mengatasi Masalah Psikologis pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7398Keywords:
Layanan Bimbingan, Bimbingan dan Konseling, Masalah PsikologisAbstract
Anak usia dini merupakan masa emas anak-anak (golden age), di mana otak berkembang pesat, dan berbagai pengalaman yang dialami akan sangat mempengaruhi perkembangan mental dan sosial mereka di masa depan. Dalam proses pendidikan anak usia dini, pendidik memiliki tanggung jawab bukan hanya dalam hal kognitif, tetapi juga dalam menjaga kesehatan psikologis anak. Namun pada kenyataannya, berbagai masalah psikologis ringan seperti menarik diri, tantrum, tidak percaya diri, atau agresivitas terhadap teman sebaya sering kali muncul pada siswa Taman Kanak-Kanak. Masalah-masalah ini bila tidak ditangani dengan tepat, dapat berdampak jangka panjang terhadap perkembangan sosial-emosional anak. Pada anak usia dini, fenomena yang sering muncul adalah ditemukannya anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda masalah psikologis taraf ringan, seperti mennagis, enggan berinteraksi, mudah marah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan ini ke dalam sebuah penelitian dengan tujuan memberikan gambaran yang lebih mendalam mengenai praktik bimbingan dan konseling yang dilaksanakan secara nonformal di lingkungan pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Ahmadi, A., & Rohani, A. (1991). Bimbingan dan konseling di sekolah. Rineka Cipta.
Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini Di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1. https://doi.org/10.33474/thufuli.v2i2.8966
Bonita, E., Suryana, E., Hamdani, M. I., & Harto, K. (2022). The Golden Age?: Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Tarbawiyah?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(2), 218–228. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537
Dani, R. A. (2020). Pendampingan deteksi dini permasalahan psikologis anak. Jurnal Abdimas (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya), 5(1), 45–56.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauzi, I. (2019). Manajemen Filsafat Pendidikan Karakter (Filsafat Sebagai Asas Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Karakter). Jurnal Kependidikan, 11(April), 1–29.
Fitriyani, N., & Lestari, A. (2022). Eksplorasi pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3332–3344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2110
Inayati, T. (2010). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.
Incrementapedia. (2023). Analisis permasalahan sosial emosional pada anak usia dini TK Melati Purwakarta: aspek adaptasi sosial dan pengelolaan emosi. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–12.
Melati, H. I. (2015). Identifikasi Permasalahan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus Dan Penanganannya: Psycho Idea Jurnal Nasional UMP, 1(2), 1–11. Munandar, A., & Fitria, H. (2020). Prosedur dan teknik bimbingan konseling anak usia dini di lembaga PAUD. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 111–124. https://doi.org/10.31958/jaf.v8i2.1948
Nurhayati, I., & Susanto, R. (2021). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 56–64. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.34567
Rahmawati, D., & Hartati, T. (2021). Peningkatan perkembangan sosial-emosional anak melalui kegiatan bermain peran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Tanjungpura, 5(2), 77–85. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpauduntan/article/view/47027
Ramadina, W. (2022). Peran guru dalam menyikapi psikologi anak usia dini di PAUD Al Amin. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 87–98. Salirawati, D. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.24246/juses.v4i1p17-27
Saputra, A. D. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Mengampu Tugas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 389. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.977
Saputro, A., & Widodo, S. (2020). Pengembangan model bimbingan konseling berbasis permainan edukatif untuk menanamkan nilai karakter anak usia dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.29219
Sari, R., & Putri, E. (2022). Literasi kesehatan mental orang tua anak usia dini. Child Development Journal (CDJ), 3(2), 123–133. https://doi.org/10.33087/cdj.v3i2.90
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hadi Sumaryadi, Elnawati Elnawati, Redi Awal Maulana (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: