Pengaruh Aplikasi English for Kids terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Authors

  • Shelly Febriani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Saridewi Saridewi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Rismareni Pransiska Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Resti Elma Sari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7392

Keywords:

English for Kids, kosakata bahasa inggris, anak usia dini

Abstract

Metode pengenalan kosakata masih monoton, kurang efektif, tidak menarik serta tidak memotivasi anak. Pendekatan yang digunakan belum mampu menarik minat anak-anak secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi mereka dalam mempelajari bahasa Inggris ini, situasi ini mengindikasikan adanya kesenjangan antara metode pengajaran yang diterapkan dengan kebutuhan dan karakteristik belajar anak usia dini.Studi ini dimaksudkan guna mengungkapkan pengaruh penggunaan aplikasi English for Kids terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia dini di TK Negeri I Padang. Total sampel 28 anak, mencakup 14 anak kelas eksperimen (B4) serta 14 anak kelas kontrol (B2). Metode quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttes dipakai diriset ini. Dalam menganalisis data,peneliti menggunakan seraingkaian uji normalitas,uji homogenitas,serta uji hipotesis guna memastiakan kelayakan dan kekuatan data yang di peroleh. Temuan mengindikasikan anak-anak yang belajar menggunakan aplikasi English for Kids mengalami peningkatan signifikan dipenguasaan kosakata bahasa Inggris dibandingkan dengan anak yang memakai video pembelajaran dari Youtube. Aplikasi ini efektif sebagai media belajar interaktif dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hori, R., Fujii, M., Toguchi, T. (2025). Impact of an EFL Digital Application on Learning, Satisfaction, and Persistence in Elementary School Children. Early Childhood Educ J, 53(1), 1851–1862. https://doi.org/10.1007/s10643-024-01653-5

Ibrahim, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning di Desa Wekke’e. Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas), 1(1), 44-57. https://doi.org/10.69623/j-abmas.v1i1.63

Kim, J., Gilbert, J., Yu, Q., & Gale, C. (2021). Measures matter: A meta-analysis of the effects of educational apps on preschool to grade 3 children’s literacy and math skills. Aera Open, 7(1), https://doi.org/10.1177/23328584211004183 .

Lee, S. H., & Aspiranti, K. B. (2023). Using multimodal educational apps to increase the vocabulary of children with and without reading difficulties. International Journal of Child-Computer Interaction, 36(1), 100579. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2023.100579

Monica, S. Z., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4657-4664 .

Nasution, S. (2016). Pentingnya pendidikan Bahasa Inggris pada anak usia dini. Warta Dharmawangsa, 50(1). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.198.

Pollatu, D., Karesina, D. M., Toegiyo, E. F., Kowarin, S., & Ba ragain, S. (2022). Teknik Evaluasi Pembelajaran di Era Digital. DIDAXEI, 3(2), 469–483.

Ramadani, S., Hsb, L. A., Maharani, A., Nabillah, R., Mutmainna, S., & Wahyuni, S. (2023). Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Pada Anak Tahap Awal. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 740–753. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/737/701

Ramadhini, H. T., Rosidah, L., & Khosiah, S. (2022). Hubungan Game Edukasi Bahasa Inggris Terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 153-160. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.15415

Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2013). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics. Routledge.

Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).

Silaen, R. R., Seventiana, I., Purba, C. F., Simbolon, D. W., Sianturi, M., Tobing, S. M. L., Herman, H., Gultom, B. T., & Simamora, B. A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Descriptive Text di Kelas 5 SD Negeri 122377 Pematangsiantar. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 94–105. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.977

Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606

Taufiqurrahman, S., & Suyadi, S. (2020). Analisis aspek perkembangan bahasa anak usia dasar dalam proses pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2). https://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6234

Telussa, J., Walakula, J., Damo, A., Muskitta, A., & Abrahams, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAXEI, 4(1), 466–488. https://core.ac.uk/download/pdf/586374426.pdf

Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707

Wardani, E. A., & Alim, M. L. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball di Kelompok Bermain Nurul Falah Desa Teratak. Journal on Teacher Education, 3(2), 183–199.

Yanuarti, R., Al-Faruq, H. A., & Ramadhani, C. B. (2023). Flashcard Digital Berbasis Android Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(4) . https://ejournal.poltekharber.ac.id/index.php/abdimas/article/download/6054/pdf

Downloads

Published

02-08-2025

How to Cite

Febriani, S., Saridewi, S., Pransiska, R., & Sari, R. E. (2025). Pengaruh Aplikasi English for Kids terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1826–1833. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7392

Issue

Section

Articles