- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Aplikasi English for Kids terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7392Keywords:
English for Kids, kosakata bahasa inggris, anak usia diniAbstract
Metode pengenalan kosakata masih monoton, kurang efektif, tidak menarik serta tidak memotivasi anak. Pendekatan yang digunakan belum mampu menarik minat anak-anak secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya motivasi mereka dalam mempelajari bahasa Inggris ini, situasi ini mengindikasikan adanya kesenjangan antara metode pengajaran yang diterapkan dengan kebutuhan dan karakteristik belajar anak usia dini.Studi ini dimaksudkan guna mengungkapkan pengaruh penggunaan aplikasi English for Kids terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak usia dini di TK Negeri I Padang. Total sampel 28 anak, mencakup 14 anak kelas eksperimen (B4) serta 14 anak kelas kontrol (B2). Metode quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttes dipakai diriset ini. Dalam menganalisis data,peneliti menggunakan seraingkaian uji normalitas,uji homogenitas,serta uji hipotesis guna memastiakan kelayakan dan kekuatan data yang di peroleh. Temuan mengindikasikan anak-anak yang belajar menggunakan aplikasi English for Kids mengalami peningkatan signifikan dipenguasaan kosakata bahasa Inggris dibandingkan dengan anak yang memakai video pembelajaran dari Youtube. Aplikasi ini efektif sebagai media belajar interaktif dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris bagi anak usia dini.
Downloads
References
Hori, R., Fujii, M., Toguchi, T. (2025). Impact of an EFL Digital Application on Learning, Satisfaction, and Persistence in Elementary School Children. Early Childhood Educ J, 53(1), 1851–1862. https://doi.org/10.1007/s10643-024-01653-5
Ibrahim, M. (2025). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Fun Learning di Desa Wekke’e. Jurnal Pengabdian Masyarakat (J-AbMas), 1(1), 44-57. https://doi.org/10.69623/j-abmas.v1i1.63
Kim, J., Gilbert, J., Yu, Q., & Gale, C. (2021). Measures matter: A meta-analysis of the effects of educational apps on preschool to grade 3 children’s literacy and math skills. Aera Open, 7(1), https://doi.org/10.1177/23328584211004183 .
Lee, S. H., & Aspiranti, K. B. (2023). Using multimodal educational apps to increase the vocabulary of children with and without reading difficulties. International Journal of Child-Computer Interaction, 36(1), 100579. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2023.100579
Monica, S. Z., & Muryanti, E. (2023). Efektivitas Media Power Point Interaktif dalam Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4657-4664 .
Nasution, S. (2016). Pentingnya pendidikan Bahasa Inggris pada anak usia dini. Warta Dharmawangsa, 50(1). https://doi.org/10.46576/wdw.v0i50.198.
Pollatu, D., Karesina, D. M., Toegiyo, E. F., Kowarin, S., & Ba ragain, S. (2022). Teknik Evaluasi Pembelajaran di Era Digital. DIDAXEI, 3(2), 469–483.
Ramadani, S., Hsb, L. A., Maharani, A., Nabillah, R., Mutmainna, S., & Wahyuni, S. (2023). Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Pada Anak Tahap Awal. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(6), 740–753. https://publisherqu.com/index.php/Al-Furqan/article/view/737/701
Ramadhini, H. T., Rosidah, L., & Khosiah, S. (2022). Hubungan Game Edukasi Bahasa Inggris Terhadap Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 153-160. https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v9i2.15415
Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2013). Longman dictionary of language teaching and applied linguistics. Routledge.
Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).
Silaen, R. R., Seventiana, I., Purba, C. F., Simbolon, D. W., Sianturi, M., Tobing, S. M. L., Herman, H., Gultom, B. T., & Simamora, B. A. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Descriptive Text di Kelas 5 SD Negeri 122377 Pematangsiantar. Journal of Community Empowerment and Innovation, 2(3), 94–105. https://doi.org/10.47668/join.v2i3.977
Susantini, N. L. P., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Media Flashcard Berbasis Multimedia Interaktif untuk Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 439–448. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37606
Taufiqurrahman, S., & Suyadi, S. (2020). Analisis aspek perkembangan bahasa anak usia dasar dalam proses pembelajaran. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 8(2). https://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i2.6234
Telussa, J., Walakula, J., Damo, A., Muskitta, A., & Abrahams, A. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAXEI, 4(1), 466–488. https://core.ac.uk/download/pdf/586374426.pdf
Ulwiyah, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi ‘English For Kids’ untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 5(2), 82–90. https://doi.org/10.31537/jecie.v5i2.707
Wardani, E. A., & Alim, M. L. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball di Kelompok Bermain Nurul Falah Desa Teratak. Journal on Teacher Education, 3(2), 183–199.
Yanuarti, R., Al-Faruq, H. A., & Ramadhani, C. B. (2023). Flashcard Digital Berbasis Android Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Abdimas PHB Vol, 6(4) . https://ejournal.poltekharber.ac.id/index.php/abdimas/article/download/6054/pdf
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shelly Febriani, Saridewi Saridewi, Rismareni Pransiska, Resti Elma Sari (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: