Pengembangan Ular Tangga SEHATIKU Berbasis Digital dan Bermuatan STEAM untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini

Authors

  • Swandra Rahayu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP ‘Aisyiyah Riau, Indonesia
  • Nelti Rizka Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP ‘Aisyiyah Riau, Indonesia
  • Rena Nasution Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP ‘Aisyiyah Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7345

Keywords:

Ular Tangga Sehatiku, STEAM, Literasi Kesehatan

Abstract

Anak usia dini memiliki peran krusial dalam pembentukan kebiasaan hidup sehat dan pengembangan literasi Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan ular tangga “Sehatiku” (Sehat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka) berbasis digital dan bermuatan STEAM untuk meningkatkan literasi kesehatan anak usia dini di TK Aisyiyah Kabupaten Kampar. Penelitian menggunakan metode R&D dengan pendekatan ADDIE, subjek penelitian adalah siswa Taman Kanak-kanak di TK Aisyiyah Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan  sampel 30 anak. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dianalisis dengan skala Likert untuk data kualitatif serta instrumen kuantitatif terintegrasi dalam permainan. Analisis meliputi statistik parametrik dan nonparametrik, dengan normalisasi analisis gain. Hasil penelitiannya Permainan “Sehatiku” terbukti efektif dapat dilihat dari  hasil Uji-t berpasangan menunjukkan p-value < 0,01 ? signifikan dan N-Gain rata-rata: 0,64 (kategori tinggi) sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dan STEAM yang dikemas dalam sebuah permainan ular tangga digital. Anak-anak tidak hanya menunjukkan peningkatan skor kognitif, tetapi juga motivasi dan kesadaran diri terhadap kebiasaan sehat. Evaluasi ahli, guru, dan pengguna menunjukkan penerimaan yang sangat positif, menjadikan media ini dapat dipertimbangkan untuk implementasi lebih luas di PAUD lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan perilaku sehat pada anak usia dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 264–272.

Bánfai-Csonka, H., Betlehem, J., Deutsch, K., Derzsi-Horváth, M., Bánfai, B., Fináncz, J., Podráczky, J., & Csima, M. (2022). Health literacy in early childhood: A systematic review of empirical studies (Vol. 9). MDPI. https://doi.org/10.3390/children9010011

Bassey, D. B., Mogaji, H. O., Dedeke, G. A., Akeredolu-Ale, B. I., Abe, E. M., Oluwole, A. S., Adeniran, A. A., Agboola, O. A., Mafiana, C. F., & Ekpo, U. F. (2020). The impact of Worms and Ladders, an innovative health educational board game on soil-transmitted helminthiasis control in Abeokuta, Southwest Nigeria. PLoS Neglected Tropical Diseases, 14(9), e0008486. https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0008486

Bröder, J., Okan, O., Bauer, U., Bruland, D., Schlupp, S., Bollweg, T. M., Saboga-Nunes, L., Bond, E., Sørensen, K., Bitzer, E. M., Jordan, S., Domanska, O., Firnges, C., Carvalho, G. S., Bittlingmayer, U. H., Levin-Zamir, D., Pelikan, J., Sahrai, D., Lenz, A., ... Pinheiro, P. (2017). Health literacy in childhood and youth: A systematic review of definitions and models. BMC Public Health, 17, 361. https://doi.org/10.1186/s12889-017-4267-y

Fadillah, A. (2019). Pengembangan media game edukatif untuk anak PAUD. Jurnal PAUD, 3(1), 45–54.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Pearson.

Izumi-Taylor, S., Ito, Y., Lin, C. H., & Akita, K. (2017). A comparative study of American, Japanese, and Taiwanese early childhood teachers’ perceptions of clean-up time. Journal of Research in Childhood Education, 12, 1–14.

Kabadayi, A., & Altinsoy, F. (2018). Traditional and technological methods for raising pre-school children’s awareness of environmental pollution for sustainability. Discourse and Communication for Sustainable Education, 9(2), 134–144. https://doi.org/10.2478/dcse-2018-0020

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-ssgi-2022.pdf

Kusumawardani, L. H., Rekawati, E., Fitriyani, P., Sari, Y., Putu, D., & Ni Luh. (2020). Improving clean and healthy living behaviour through Snakes and Ladders board game among school children. Sri Lanka Journal of Child Health, 49(4), 341–346.

Lestari, M., & Pratiwi, Y. (2021). Pengembangan media ular tangga interaktif untuk pendidikan kesehatan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 78–86.

MidCentral Public Health Service. (2014). Health and safety guidelines for early childhood education services (June), 1–49.

Mistry, K. B., Minkovitz, C. S., Riley, A. W., Johnson, S. B., Grason, H. A., Dubay, L. C., & Guyer, B. (2012). A new framework for childhood health promotion: The role of policies and programs in building capacity and foundations of early childhood health. American Journal of Public Health, 102(9), 1688–1696. https://doi.org/10.2105/AJPH.2012.300687

World Health Organization. (2019). Monitoring health for the SDGs: World health statistics 2019.

Rahayu, S., Herwina, & Rahmah. (2024). Parenting berbasis Manjujai (untuk anak usia dini) (Edisi pertama). PT. Penamuda Media.

Rahman, H., Burhan, Z., Rahman, H., Hikmah, N. B., Amir, H., Agus, A. I., Batara, A. S., & Toto, H. D. (2022). Peningkatan literasi kesehatan pada anak lewat dongeng PHBS. Idea Pengabdian Masyarakat, 2(01), 60–65.

Rahmawati, I., & Ningsih, R. (2022). Literasi kesehatan anak usia dini melalui media digital interaktif. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 6(1), 12–20.

Rizka, N., Jalal, F., & Yufiarti, Y. (2024). Implementation of clean and healthy life skill in early childhood education: A case study in Kampar. In Proceedings of the 2nd International Conference on Environmental, Energy, and Earth Science (ICEEES 2023), 30 October 2023, Pekanbaru, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2023.2343068

Rizka, N., Rahayu, S., & Alim, M. L. (2024). Analisis perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak usia dini di satuan PAUD. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 40–44. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.727

Sanders, L. M., Federico, S., Klass, P., Abrams, M. A., & Dreyer, B. (2009). Literacy and child health. Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, 163(2), 131–140. https://doi.org/10.1001/archpediatrics.2008.539

Sasmitha, N. R., Hasnah, & Sutria, E. (2020). Health education about clean and healthy living behavior (PHBS) to increased knowledge of school age children: Systematic review. Journal of Nursing Practice, 3(2), 279–285. https://doi.org/10.30994/jnp.v3i2.96

Septriyani, E., & Kailani, A. (2021). Building health literacy among elementary school students: Promoting clean and healthy living during pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Anak, 2(1), 1–10.

Srinivasan, K. (2019). Snake and ladder games in cognition development on students with learning difficulties. Indian Journal of Dental Advancements, 10(4), 160–170. https://doi.org/10.5866/2018.10.10160

Sukini, Ratuela, J. E., Fatkhurrohman, F., & Febriyanti, I. (2022). Snakes and Ladders game innovation on increasing knowledge and behavior changes about oral dental health in children at Al Barokah orphanage. Journal of Oral Health Care, 10(1), 56–61.

Sukiman, et al. (2020). Integrasi STEAM dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 34–42.

UNICEF, WHO, & World Bank. (2023). Levels and trends in child malnutrition. World Health Organization.

Zakaria. (2022). Literasi kesehatan: Peluang pembelajaran sekolah dasar dalam mitigasi Covid-19. Jurnal Pemikiran Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–11.

Downloads

Published

01-08-2025

How to Cite

Rahayu, S., Rizka, N., & Nasution, R. (2025). Pengembangan Ular Tangga SEHATIKU Berbasis Digital dan Bermuatan STEAM untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1817–1825. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7345

Issue

Section

Articles