- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Soft book Berbasis ADDIE untuk Pengenalan Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7341Keywords:
Media Soft Book, Keahlian Anak, Huruf Hijaiyyah, Anak PAUDAbstract
Studi ini bertujuan untuk menciptakan media buku lunak berbasis ADDIE sebagai sarana perkenalan huruf hijaiyyah kepada anak pada usia dini. Celah yang di identifikasi adalah keterbatasan media soft book yang secara khusus melatih aspek menyebutkan, menunjukkan dan mencocokkan huruf hijaiyyah, serta rendahnya pemahaman guru mengenai pentingnya pengembangan kompetensi tersebut. Studi ini mengaplikasikan metode penelitian dan pengembangan (R&D). dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analysis, Design, Developement, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yanag digunakan berupa lembar instrumen penilaian dan angket validasi dari ahli bahasa materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media soft book memperoleh nilai rata-rata sebesar 100 % dari ahli bahasa dan materi dan 92,3 % dari ahli media, keduanya masuk dalam kategori sangat valid. Penelitian ini berkontribusi dalam menyediakan media pembelajaran inovatif yang terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal huruf hijaiyyah.
Downloads
References
Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156–1163.
Afrilliany, A. (2025). Pengembangan Media Smart Little Board (Hijmalib) Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 170–188. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.839
Alfina, C. S., Fauziah, P. Y., Amalia, D., & Ulfah, K. U. (2023). Pengembangan Soft Book sebagai Media Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7589–7600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4233
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Amala, N., Lestari, B. P., & Anggraini, D. D. (2023). Pengaruh Media Softbook pada Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30–43. https://doi.org/10.33367/piaud.v3i1.2961
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Handayani, T., & Putri, Y. F. (2025). Pengaruh Penerapan Media Soft Book Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v4i01.1246
Herawati, S. S., Kurniawan, D., & Rahmanita, U. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Menggunakan Model ADDIE pada Topik Karakteristik Materi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 5(2), 141–151. https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v5i2.383
Humaida, R. T., & Abidin, M. Z. (2021). Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kognitif Pengenalan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 135. https://doi.org/10.21043/thufula.v9i1.10293
Hutami, E. P., & Ramli, S. A. (2024). Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Onet Board Berbasis Seling Untuk Memperkenalkan Huruf Hijaiyah Dalam Berbagai Posisi Kepada Anak-Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.71049/9npe5p88
Iqbal, M. (2022). Perancangan Informasi Buku Iqra’ Kh. As’ad Humam Jilid Ke-I Terhadap Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Pada Anak Melalui Media Buku Ilustrasi Anak. Univeristas Komputer Indonesia.
Juliandini, A. I., Rahman, T., & Respati, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 6(1), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Madyawati, L., & Rafiq, A. (2021). Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan URGENSI NILAI AGAMA PADA MORAL ANAK DI ERA SOCIETY 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143.
Nabila, N. (2021). Konsep pembelajaran matematika SD berdasarkan teori kognitif Jean Piaget. JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.
Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021). Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183–2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850
Nurhayati, N., Suwika, I. P., & Saphira, D. (2022). Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Pengenalan Nilai Agama Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4255–4265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2544
Nurhayati, R. (2022). Penggunaan Media Busy Book Terhadap Perkembangan Motorik Halus. Book Chapter Anak, 55–84.
Nusir, L., & Laila, M. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah Di Tk/Paud It Insan Madani Sungai Sariak. Mau’izhah, 11(2), 1. https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i2.66
P Lamadang, K., Riski Nurfadilah, Asrianti S. Muhsin, Asina, Nurianti, & Trivivi Julianti. (2022). Mengenalkan Huruf Hijaiyah Menggunakan Poster Huruf Di Tpq Al-Amiin Desa Adean Kecamatan Banggai Tengahkabupaten Banggai Laut. Kreasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 23–28. https://doi.org/10.51529/kjpm.v2i2.434
Purnamasari, M., & Setiawan, U. (2023). Pengenalan Huruf Hijaiyyah Melalui Media Kartu Gambar Di Tpa Kampung Tagal Heas Purwakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia?: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i2.479
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rosdiana, A., Lestari, A., Halimah, M., Sri Sutarti, N., Novianti Yusuf, R., & Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang Karawang, S. (2024). Peningkatan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Powerpoint. Jurnal Tahsinia, 5(2), 213–227.
Shofia, M., & Dadan, S. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1561.
Siwi, D. A., Prasetyo, K., & Sari, N. K. (2017). Desain Buku Bantal Berbasis Fun Pop-Upuntukpembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 324–332. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.65
Sukatin, S., Mutaqin, K., Astuti, P., Widiyansih, W., & Putri, Y. (2023). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (JUPENDIS), 1(3), 186–194. https://doi.org/10.54066/jupendis.v1i3.492
Sulaikhah, S., Utaminingsih, S., & Sumaji, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Lks (Lembar Kerja Siswa) Berbasis. Kontekstual Untuk Meningkatkanpemahaman Siswa Dalam Operasi. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(4), 496. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i4.38735
Suriani, A., Marjuni, H., Pembinaan, P., Penyebutan, G.?;, & Hijaiyah, H. (2019). Pola Pembinaan Guru Dalam Penyebutan Huruf Hijaiyah Pada Kelas I Di Mi Guppi Borong Pa’La’La. Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 01(1), 16–28. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi
Syahrizal, H., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.23
Trisnawati, T., Wahyu Widiana, Y., & Supriatna, A. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf Di Tkit Bina Insani Kelompok Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Tahsinia, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.295
Wulandari, R. P. (2020). Pengaruh media softbook waterproof terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di tk aisyiyah bustanul athfal 02 cilacap [https://lib.unnes.ac.id/38626/]. Universitas Negeri Semarang
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dela Sinta, Nurhayati Nurhayati, Sita Awalunnisah, Andi Agusniatih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: