Pengembangan Literasi Kewarganegaraan melalui Model SOFI di Taman Baca: Kajian Systematic Literature Review

Authors

  • Nida Sopiah Zulfa Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dian Indihadi Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Elan Elan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7216

Keywords:

Literasi kewarganegaraan, model pembelajaran, taman baca

Abstract

Literasi kewarganegaraan perlu ditanamkan sejak usia dini untuk membentuk generasi yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Dalam konteks pendidikan nonformal seperti taman baca, dibutuhkan model pembelajaran yang menyenangkan, partisipatif, dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model SOFI (Story, Observe, Follow, Involve) sebagai pendekatan pembelajaran nonformal yang terstruktur dan inovatif dalam menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan pada anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap berbagai sumber ilmiah terkait literasi kewarganegaraan, pendidikan karakter, dan pembelajaran nonformal. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi pendekatan cerita, observasi, peniruan sikap positif, dan keterlibatan aktif anak dapat meningkatkan pemahaman dan sikap kewarganegaraan secara signifikan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada pengembangan Model SOFI sebagai model pembelajaran nonformal yang sistematis dan aplikatif di taman baca, yang belum banyak dikaji sebelumnya. Implikasi dari penelitian ini adalah Model SOFI dapat digunakan sebagai panduan praktis bagi pendidik dan pengelola taman baca dalam memperkuat literasi kewarganegaraan anak melalui kegiatan yang menyenangkan, kontekstual, dan bernilai edukatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angginaloi, F., Ardianto, A., & Utomo, N. F. (2021). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tut Wuri Handayani Dalam Mengembangkan Literasi Masyarakat Muslim Di Pulau Gangga Dua, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. The Teacher of Civilization: Islamic Education Journal, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1760

Apriliya, S. (2020). Pengembangan Model Pikadka Berbasis Representasi Diri Tokoh Cerita Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Sebagai Afirmasi Literasi Diri Siswa Sd. Universitas Pendidikan Indonesia.

Astuti, Y., & Hidayat, R. (2020). Peran Komunitas dalam Peningkatan Literasi Masyarakat di Taman Baca. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 254–260.

Budiyanto, H. (2018). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.02

Darmaningtyas, D. (2019). Pendidikan Karakter di Era Disrupsi. Yogyakarta?: Pustaka Pelajar.

Dewi, C. S., & Lestari, A. (2023). Penguatan Rasa Kebangsaan Melalui Cerita Rakyat pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.71049/99ae5013

Dewi, C. S., & Purwanto, A. (2023). Tantangan Pengelola Taman Baca Masyarakat dalam Mengembangkan Program Literasi Partisipatif. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(1), 45–56.

Fauzi, A., & Wulandari, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Waterfall. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(1), 71–82. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i1.7911

Gasser, L., Dammert, Y., & Murphy, P. K. (2022). How Do Children Socially Learn from Narrative Fiction: Getting the Lesson, Simulating Social Worlds, or Dialogic Inquiry? In Educational Psychology Review, 34(3), 1445–1475. Springer. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09667-4.

Handayani, M. I., Haryanto, H., & Wibowo, A. (2022). Project Citizen Model in Citizenship Education and Its Impact on Critical Thinking Skills for Elementary School Teacher Education Students. International Journal of Elementary Education, 6(2), 276–281. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.46763.

Hartono, R., & Sari, I. K. (2022). Pengembangan Kesadaran Multikultural Anak Melalui Media Cerita Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 112–125.

Hasan, A. (2016). Pengaruh Cerita Rakyat terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 45–56.

Hasanah, N., & Riyadi, S. (2021). Keberlanjutan Program Literasi di Taman Baca Masyarakat: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 88–99.

Hermawan, D. (2022). Inovasi Program Literasi Komunitas di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 112–120.

Hidayat, M. A., & Nurjanah, S. (2021). Peran Cerita dalam Penanaman Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 23–34.

Kahne, J., Lipkin, M. C., Tynes, B., McGrew, S., Mirra, N., & Garcia, A. (2024). Civic Reasoning and Discourse across the Curriculum: Digital Citizenship Education. National Academy of Education, 2(1), 1–9.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Kewarganegaraan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for performing systematic reviews. Keele, UK, Keele University, 33(4), 1–26.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2018). The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Students’ Character Formation. International Journal of Instruction, 11(1), 395–410. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11127a

Kurniawan, R. (2020). Peran Komunitas Belajar dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(2), 88–97.

Lenox, M. F. (2000). Storytelling for Young Children in a Multicultural World. In Early Childhood Education Journal, 28(2).

Lestari, A. (2021). Cerita Anak sebagai Media Internaliasi Nilai. Jurnal Anak Dan Pendidikan, 5(2), 55–63.

Lestari, E., & Handayani, N. (2019). Tantangan Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Taman Baca Masyarakat. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 4(1), 1–10.

Lestari, P. A., & Santoso, A. B. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Cerita dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 1–10.

Mahn, H. (2013). Vygotsky and Second Language Acquisition. The Encyclopedia of Applied Linguistics. Blackwell Publishing Ltd. https://doi.org/10.1002/9781405198431.wbeal1272

Marleni, M., & Murdani, H. (2022). Menumbuhkan Literasi Anak Melalui Taman Bacaan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Curup. Al Maktabah, 21(1), 15–23. https://doi.org/10.15408/almaktabah.v21i1.30758

Mirra, N., & Garcia, A. (2022). Guns, schools, and democracy: Adolescents imagining social futures through speculative civic literacies. American Educational Research Journal, 59(2), 345–380. https://doi.org/10.3102/00028312221074400

Munir, S., & Hidayatullah, A. (2019). Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Minat dan Budaya Baca di Kabupaten Ciamis. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 3(1), 23–29.

Nurtanio, F. (2019). Peningkatan Literasi Kewarganegaraan Anak Melalui Dongeng Anti-Korupsi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 123–135.

Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 122–128. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.481

Oktaviani, R. (2020). Model Pengembangan Komunitas Belajar untuk Peningkatan Literasi di Perdesaan. Jurnal Abdimas, 2(1), 1–10.

O’Mara, K. M. (2023). Developing Young Citizens: Early Childhood Education for Civic Engagement. Journal of Early Childhood Education Policy, 2(1), 1–9.

Pradana, A., & Kusuma, D. (2023). Peningkatan Retensi Konsep Melalui Pembelajaran Berbasis Narasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.24042/terampil.v10i1.16982

Purwanto, B., & Hidayat, A. (2022). Integrasi Taman Baca Masyarakat dalam Ekosistem Pendidikan Lokal. Jurnal Pendidikan Komunitas, 3(1), 1–15.

Rahardjo, S., & Nurhasanah, A. (2021). Literasi Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Civic Education, 4(1), 1–10.

Rahayu, S., & Gunawan, H. (2024). Penguatan Identitas Nasional melalui Cerita Rakyat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 1–12.

Rahiem, M. D. H., Abdullah, N. S. M., Krauss, S. E., & Rahim, H. (2020). Moral education through dramatized storytelling: Insights and observations from Indonesia kindergarten teachers. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(3), 475–490. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.3.26.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107.

Ramadhan, A., & Lestari, R. (2021). Peran Kemitraan dalam Optimalisasi Program Literasi di Taman Baca Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 23–34.

Rapanta, C., Vrikki, M., & Evagorou, M. (2021). Preparing culturally literate citizens through dialogue and argumentation: Rethinking citizenship education. Curriculum Journal, 32(3), 475–494. https://doi.org/10.1002/curj.95.

Santoso, S. (2019). Efektifitas Debridemen Mekanik Pada Luka Bakar Derajat III Terhadap Kecepatan Penyembuhan Luka. Jkep, 4(2), 93–103. https://doi.org/10.32668/jkep.v4i2.254

Sasikirana, P. D., & Muhtadin, H. K. (2024). Analisis Bibliometrik Publikasi Ilmiah Tentang Sistem Informasi Perpustakaan dengan Pendekatan Co-occurrence. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 151–158. https://doi.org/10.19109/tadwin.v5i2.25933

Simanjuntak, E. Y., Oktavia, Y. T., & Sinaga, J. (2021). Optimalisasi Pencegahan Melalui Deteksi Dini Penularan Covid-19 Menggunakan GeNose C19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 101–106. https://doi.org/10.51771/jukeshum.v1i2.56

Slamet, Y. (2018). Konsep Dasar Partisipasi Sosial. Yogyakarta?: PAU-SS, UGM.

Suyadi. (2020). Revolusi Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Tappan Lyn, M. B. (1989). Stories Told and Lessons Learned: Toward a Narrative Approach to Moral Development and Moral Education. In Harvard Educational Review (Vol. 59, Issue 2). https://doi.org/10.17763/haer.59.2.d364up55vx875411

Tilaar, F., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shoppe Secara Online Pada Anggota Pemuda Gmim Zaitun Mahakeret. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Current Archives Announcements About, 6(4), 1–24.

Utami, T. W., & Hardana, A. (2022). Analisis Prediksi Kebangkrutan dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Sosmaniora: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(4), 399–404. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1116

Wahlström, N. (2022). School and democratic hope: The school as a space for civic literacy. European Educational Research Journal, 21(6), 994–1008. https://doi.org/10.1177/14749041221086721

Westheimer, J., & Kahne, J. (2004). What Kind of Citizen? The Politics of Educating for Democracy. American Educational Research Journal, 41(2), 237–269. https://doi.org/10.3102/00028312041002237.

Westheimer, J., & Ladson-Billings, G. (2024). What kind of citizen?: Educating our children for the common good. US?: Teachers College Press.

Wibowo, T., & Ariyatun. (2020). Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sma Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 215–222. https://doi.org//10.15408/es.v12i2.16382.

Wijayanti, E. (2022). Pendidikan Karakter di Komunitas: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat. Jurnal Pendidikan Nonformal, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1575

Winataputra, U. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan: Teori dan Praktik di Indonesia. Jakarta: Rajawali Press.

Yulianti, R., & Sumarni, N. (2021). Peran Taman Baca dalam Meningkatkan Minat dan Literasi Anak. Jurnal Literasi Sekolah, 6(1), 23–33.

Downloads

Published

06-08-2025

How to Cite

Zulfa, N. S., Indihadi, D., & Elan, E. (2025). Pengembangan Literasi Kewarganegaraan melalui Model SOFI di Taman Baca: Kajian Systematic Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1897–1906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7216