Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19

Wahyu Trisnawati(1Mail), Sugito Sugito(2),
(1) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Wahyu Trisnawati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Download Full Text:   [File Size  : 437KB]  Language : ID
Received : 2020-08-12  |  Published : 2020-08-26

Abstract


Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama dalam proses perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran sentral orang tua dalam pendidikan anak usia dini mengenai pelaksanaan tugas yang diberikan oleh guru pada masa pandemic coronavirus disease atau dikenal dengan virus covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif guna memperoleh informasi berkaitan dengan pendidikan anak usia dini pada era covid-19, bagaimana pendidikan yang diterapkan oleh keluarga pada era covid-19. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memberikan pendampingan kepada anak dengan cara membantu anak mengerjakan tugas, belajar dari lingkungan sekitar dan memberikan pengetahuan mengenai covid-19.  Orang tua telah berhasil menciptakan suasana belajar yang nyaman yaitu dengan memberikan fasilitas belajar yang memadai, melakukan pendampingan dalam penyelesaian tugas, dan memberikan rewards.


Keywords


pendidikan anak; keluarga; covid-19

References


Aji, T. (2020). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa? Bkdjakarta.Kemenag.Go.Id.

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. FIKROTUNA, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184

Erzad, A. M. (2018). Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Sejak Dini di Lingkungan Keluarga. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2), 414. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i2.3483

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Jpnn.com. (2020). Kemendikbud Terbitkan Kurikulum Darurat Pandemi Covid-19. Www.Jppn.Com.

Kebudayaan, K. P. dan, Agama, K., Kesehatan, K., & Negeri, K. D. (2009). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Dan Tahun Akademik Baru Di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Keputusan Bersama, 2, 129.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Makhmudah, S. (2018). Penguatan Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(2), 271–275. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.2.269-286

Malhotra. (2005). Riset Penelitian Jakarta.

Muhdi, & Nurkolis. (2021). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Mustofa, A., & Ishak. (2017). Urgensi Pendidikan Shalat pada Anak dalam Keluarga: Studi Analisis Hadith tentang Hukuman Bagi Anak Tidak Shalat. Murrobi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 14.

Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nizham Jounal of Islamic Studies, 1(2), 174–184.

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.

Putra, I. P. (2020). Orang Tua Paling Menentukan Pendidikan Anak Usia Dini saat Pandemi. Medcom.Id.

Rahimah, & Muzdhalifah. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 2.

Rahmah, S. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4(6), 14. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v4i6.1213

Setiani, R. E. (2018). Pendidikan Anak dalam Lingkungan Keluarga (Perspektif Agama dan Sosial-Budaya). Yin Yang, 11(1), 115–116. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp105-116

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19 Rendy. Jurnal Golden Age, 04(1), 100–111.

Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300

Sudirman. (2013). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Madaniyah, 2(XI), 253.

Supriyono, Iskandar, H., & Sucahyono. (2015). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Masa Kini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat PAUD dan Dikmas.

Wahyudi, T. (2019). Paradigma Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital (Perspektif Pendidikan Islam). Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 31. https://doi.org/10.32332/riayah.v4i01.1489


Article Metrics

 Abstract Views : 432 times
 PDF Downloaded : 215 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.