Penerapan Pendekatan BCCT di KB-TK Realfunrainbow Preschool Salatiga

Dionysia Nova Ardiana(1Mail), Ajeng Ayu Widiastuti(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Dionysia Nova Ardiana

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.707

Download Full Text:   [File Size  : 441KB]  Language : ID
Received : 2020-08-05  |  Published : 2020-08-24

Abstract


Pelaksanaan pendekatan BCCT di KB/TK Realfunrainbow Preschool Salatiga mengalami berbagai kendala sehingga dilakukan kebijakan baru untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, faktor pendukung dan penghambat, alasan perubahan kebijakan serta mengetahui upaya-upaya dalam mengatasi problematika penerapan pendekatan BCCT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisa dengan metode deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa kebingungan pada anak, fokus anak dalam menyelesaikan tugas atau proyek pada sentra-sentra, kesulitan guru membuat rancangan pembelajaran, dan kesulitan guru melakukan evaluasi menjadi alasan perubahan kebijakan. Hubungan antara pendidik dengan orang tua sangat baik, fasilitas atau sarana prasarana yang ada sudah cukup memadai, kurikulum sudah terstruktur untuk membantu pendidik dalam membuat rencana pembelajaran, dan minimnya kebosanan anak menjadi faktor-faktor pendukung perubahan kebijakan ini. Meskipun masalah pembagian waktu pendidik membuat RKH, kurangnya pengembangan ragam main dan menciptakan APE yang disesuaikan dengan tema, pola perubahan serta kemampuan SDM sebagai faktor-faktor penghambat.


Keywords


pendekatan bcct; bermain; anak usia dini

References


Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.

Alya, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada PAUD. Care.

Amini, M. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 65.

Chairilsyah, D. (2012). Pembentukan Kepribadian Positif Anak Sejak Usia Dini. Educhild.

Dewi, F. Y., Rini, R., & Sofia, A. (2017). Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Jurnal Pendidikan Anak.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fitri, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.33369/jip.2.1

Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5

Hasanah, U. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelalajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Januari – Juni.

Holis, A. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Ma’rifah A, U., & Muthmainnah, A. (2015). Metode Pembelajaran Bcct Dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 117–124.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD.

Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. Musfiroh, T., & Hum, M. (2014). Teori Dan Konsep Bermain.

Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101

Oktaria, R. (2013). Implementasi Pendekatan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. NIZHAM.

Putro, K. Z. (2016). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v16i1.1170

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.

Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) BCCT Pada PAUD. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 213. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.42

Rohmah, N. (2016). Bermain dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, Volume 13(2), 27–35. https://doi.org/10.34001/TARBAWI.V13I2.590

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Setiyarini, E., Widyasari, Y., & Daliman, D. (2015). Pembelajaran BCCT dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar Anak Taman Bermain. Psycho Idea, 13(2). https://doi.org/10.30595/PSYCHOIDEA.V13I2.1568

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. In Manajemen Pendidikan Islam (Vol. 5).

Yuyun Istiana. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Didaktika, Vol. 20 No. 2 Februari 2014, 5(1), 329–333. https://doi.org/10.1101/112268

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi.

Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran Anak Usia Dini (p. 34). http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-Cucu_Eliyawati/Media_Pembelajaran_Anak_Usia_Dini-PPG_UPI.pdf


Article Metrics

 Abstract Views : 86 times
 PDF Downloaded : 28 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.