Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Buku Cerita Bergambar

Authors

  • Amalia Mahfudza Fakultas lmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Ahmad Syukri Sitorus Fakultas lmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7066

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Media Buku Cerita Bergambar, PAUD Azhura Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan berbicara dengan buku cerita bergambar pada Kelompok B di PAUD Azhura Medan. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan pendidik kelas. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Subjek Penelitian ini 30 anak dalam kelompok B, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 17 anak perempuan. Penelitian ini terutama meneliti kemampuan berbicaral anak. Metodologi pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, menggunakan peralatan seperti lembar observasi (daftar periksa) dan protokol wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak setelah diperkenalkannya media buku cerita bergambar. Media buku cerita bergambar efektif meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Azhura Medan. Selain peningkatan yang cukup signifikan, rata-rata tingkat ketuntasan juga telah melampaui batas keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, V. L. R., & Lestari, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Bergambar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 8(1), 27. https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20805

Aprinawati, . (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted ndividualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318

Azizah, S., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun dalam Menceritakan Kembali Buku Cerita Bergambar yang Telah Dibacakan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3498–3508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4255

Eka Putri, A. B., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan slam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131

Faradiba, Y., Dhieni, N., & Andri, A. (2024). Buku Cerita Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Abstrak?: Jurnal Universitas Negeri Jakartas, 1(January), 1–16.

Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.

Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Fitriani, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif (Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Wayang Kartun di TK Anak Sholeh Muslimat NU Tuban. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(2), 72–82. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp72-82

Fitriani, N., & Joni. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Cerita Bergambar Anak Kelompok B TK Ayu Smart Kids Batubelah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Jahja, Y., & Paradiba, Y. (2022). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini di DKI Jakarta. COMSERVA ndonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(5), 394–407. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.309

Jamaliah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B5 TK Daruttaqwa Nw Aikmel. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 1–19.

Journal, D. E. (2024). Pengembangan Media. 4, 111–120. https://doi.org/10.37905/dej.v4i2.2534

Masitah, W., & Hastuti, J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. ntiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan slam, 8(2), 120–146. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733

Nurbiana Dhieni, Sri ndah Pujiastuti, A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Ta- Nurbiana Dhieni Sri ndah Pujiastuti Aryanti. Perspektif lmu Pendidikan, 22, 122–131.

Permanik, . (2017). Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini melalui Dialogic Reading. Syntax Literature?: Jurnal limiah ndonesia, 2(5), 75–84.

Rahmawati, Kurniawati, W., & Novianto, E. (2023). Tadris: Jurnal Keguruan dan lmu Tarbiyah. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan lmu Pendidikan.

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Riza Kurnia Krismayanti, Y., Laila, A., & Kurnia, . (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 358–368. https://doi.org/10.34125/kp.v7i3.839

Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6616

Sripatin, S., Wulandari, R. S., Lestari, E., & Arifin, M. Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.370

Supriatna, A., Kuswandi, S., Agus Ariffianto, M., Permana Suryadipraja, R., & Taryana, T. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.310

Tantiana Ngura, E. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal lmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6–14.

Downloads

Published

08-06-2025

How to Cite

Mahfudza, A., & Sitorus, A. S. (2025). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Buku Cerita Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1433–1445. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7066

Issue

Section

Articles