- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Buku Cerita Bergambar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7066Keywords:
Kemampuan Berbicara, Media Buku Cerita Bergambar, PAUD Azhura MedanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui kegiatan berbicara dengan buku cerita bergambar pada Kelompok B di PAUD Azhura Medan. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan pendidik kelas. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Subjek Penelitian ini 30 anak dalam kelompok B, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 17 anak perempuan. Penelitian ini terutama meneliti kemampuan berbicaral anak. Metodologi pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara, menggunakan peralatan seperti lembar observasi (daftar periksa) dan protokol wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara anak setelah diperkenalkannya media buku cerita bergambar. Media buku cerita bergambar efektif meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B di PAUD Azhura Medan. Selain peningkatan yang cukup signifikan, rata-rata tingkat ketuntasan juga telah melampaui batas keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80%.
Downloads
References
Adhani, V. L. R., & Lestari, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Bergambar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 8(1), 27. https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20805
Aprinawati, . (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted ndividualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Azizah, S., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Anak Usia 4-5 Tahun dalam Menceritakan Kembali Buku Cerita Bergambar yang Telah Dibacakan. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3498–3508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4255
Eka Putri, A. B., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan slam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131
Faradiba, Y., Dhieni, N., & Andri, A. (2024). Buku Cerita Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Abstrak?: Jurnal Universitas Negeri Jakartas, 1(January), 1–16.
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177
Fitriani, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif (Berbicara) Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Media Wayang Kartun di TK Anak Sholeh Muslimat NU Tuban. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(2), 72–82. https://doi.org/10.24246/audiensi.vol1.no22022pp72-82
Fitriani, N., & Joni. (2017). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Cerita Bergambar Anak Kelompok B TK Ayu Smart Kids Batubelah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Jahja, Y., & Paradiba, Y. (2022). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini di DKI Jakarta. COMSERVA ndonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(5), 394–407. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i5.309
Jamaliah. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B5 TK Daruttaqwa Nw Aikmel. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 1–19.
Journal, D. E. (2024). Pengembangan Media. 4, 111–120. https://doi.org/10.37905/dej.v4i2.2534
Masitah, W., & Hastuti, J. (2016). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. ntiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan slam, 8(2), 120–146. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.733
Nurbiana Dhieni, Sri ndah Pujiastuti, A. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Ta- Nurbiana Dhieni Sri ndah Pujiastuti Aryanti. Perspektif lmu Pendidikan, 22, 122–131.
Permanik, . (2017). Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Usia Dini melalui Dialogic Reading. Syntax Literature?: Jurnal limiah ndonesia, 2(5), 75–84.
Rahmawati, Kurniawati, W., & Novianto, E. (2023). Tadris: Jurnal Keguruan dan lmu Tarbiyah. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan lmu Pendidikan.
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Riza Kurnia Krismayanti, Y., Laila, A., & Kurnia, . (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Anak. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 7(3), 358–368. https://doi.org/10.34125/kp.v7i3.839
Shanie, A., & Nur Fadhilah, C. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Wayang Modern Karakter Animasi Lucu. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 01–18. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6616
Sripatin, S., Wulandari, R. S., Lestari, E., & Arifin, M. Z. (2023). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Buku Cerita Bergambar. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.60155/mentari.v3i2.370
Supriatna, A., Kuswandi, S., Agus Ariffianto, M., Permana Suryadipraja, R., & Taryana, T. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.310
Tantiana Ngura, E. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di TK Maria Virgo Kabupaten Ende. Jurnal lmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 6–14.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Mahfudza, Ahmad Syukri Sitorus (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: