- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Strategi Komunikasi Pendidik dalam Penanganan Tantrum pada Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi di Semarang, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7061Keywords:
Strategi Komunikasi, Tantrum, Anak Usia 2-4 TahunAbstract
Tantrum merupakan kondisi umum pada anak usia dini yang disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengungkapkan perasaan atau keinginan secara verbal. Strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membantu anak mengelola emosi, menyesuaikan diri di lingkungan sekolah, dan membangun hubungan positif dengan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh pendidik dalam menangani perilaku tantrum pada anak usia 2–4 tahun di TK Islam Mutiara Insani 2 Kota Semarang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidik mencakup tiga komponen utama: (1) mengenali sasaran komunikasi melalui pemahaman karakteristik dan emosi anak, (2) pemilihan media komunikasi verbal dan nonverbal, dan (3) pengkajian tujuan pesan untuk menenangkan serta membentuk keterampilan regulasi emosi. Strategi yang paling umum digunakan adalah komunikasi verbal yang lembut serta cara non-verbal, seperti pelukan dan kontak mata. Strategi ini berpengaruh pada pengurangan perilaku tantrum. Penelitian ini memberikan bantuan praktis bagi pendidik dalam mengembangkan cara komunikasi yang efektif dan responsif.
Downloads
References
Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Makna, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.33558/makna.v5i2.1804
Arbarini, M., Nursyahbani, C., & Pranoto, K. S. Y. (2022). Analisis Karakteristik Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua di TPA Pena Prima Universitas PGRI Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana, 24, 224–226. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1454
Ariantari, D., Kartika, W. I., & Heriansyah, M. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Tantrum Anak Usia 4-. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 395–401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6194
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55
Chen, W., Ma, X., Wang, X., & Chen, W. W. (2022). Program of Thoughts Prompting: Disentangling Computation from Reasoning for Numerical Reasoning Tasks. Transactions on Machine Learning Research. https://doi.org/:10.1016/S0140-6736(23)01859-7
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Sage Publication.
Desi Melvianti, & Kartini, M. Z. (2016). Menghadapi Tantrum Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Kasih Sayang dan Nilai Islami. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i1.3712
Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.
Eva, N., Machmudah, Farida, I. A., Chusniyah, T., Fitriyah, F. K., Saputri, T., Wahono, & Santy, W. H. (2024). Overcaming Children’S Temper Tantrums Through Emotional Literacy Strategies. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(5), 1–19. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n5-077
Ferdinand Zaviera. (2020). Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak. Ar-ruzz Media Group.
Fitrianingsih, Y. (2022). Penguatan Positif dan Negatif Sebagai Upaya Penanganan Perilaku Agresif Pada Anak Penyandang Autisme (Studi Kasus di SLB Negeri 1 Mataram) [Universitas Islam Negeri Mataram]. https://etheses.uinmataram.ac.id/3336/1/Yayan Fitrianingsih 180303015.pdf
Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408
Hasan, M., & Harahap, T. K. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Tahta Media Group.
Hazani, D. C. (2024). Komunikasi Empati dalam Membangun Relasi Sosial Terhadap Pengasuhan Anak dan Lansia. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 6, 27–72. https://doi.org/10.36088/bintang.v6i3.5612
Hudaibiyah, A., & Mas’udah, M. (2022). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 1–13. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.617
Imrotul Ummah, & Pamuji. (2024). Strategi Positif dalam Mengatasi Tantrum Pada Anak Usia Dini. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 139–148. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i4.3488
Imtikhani, N. F., & M. F. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.28831
Joni, N., & Arief, E. (2019). Strategi Program Tanam Jajar Legowo Kepada Masyarakat Petani Padi. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 01, 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.25077
Kisworo, B., Trisnawati, W., & Raharjo, T. J. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.2309
Kriswanto, H. D., Swaraswati, Y., & Yusuf, A. (2024). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Photo Room Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Branding Produksi UMKM di Wilayah Kelurahan Bandarjo Ungaran Barat. Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 115–124. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.185
Lailiyah, H. W., Nisa, Z., & Nisfa, N. L. (2023). Pengaruh Temper Tantrum Teerhadap Perubahan Perilaku dan Psikis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 4(1), 2023–2061. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v4i1.849
Liliek, T. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Autis Di Slb Autisma Yogasmara, Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3512
Loretha, A. F., Nurhalim, K., & Utsman, U. (2017). Pola Asuh Orangtua dalam Pendidikan Agama pada Remaja Muslim Minoritas di Amphoe Rattaphum Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 102–107. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13319
Maghfhirah, S., & Latipah, E. (2021). Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 1(2), 40–46. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/article/view/8772
Maria, R., Yiw, S., & Babakal, A. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Islamic Center Manado. Journal Keperawatan, 5. https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14694
Mazaya, S., & Rusmariana, A. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 2230–2236. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.1044
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nadhiroh, A. (2018). Strategi Penanganan Anak Pada Fase Tantrum (Vol. 01, Issue 03) [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/27442/6/Alfin Nadhiroh_D78214013.pdf
Nihwan, & Melina, I. (2024). Penanganan Anak Temper Tantrum Studi Kasus Di Tk Tq Muhammad Al-Fatih. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(02), 145–155. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i02.5999
Nurhasanah, N. Y. K. G., & D. N. F. (2024). The Relationship Of Parents Using Therapeutic Communication With Temper Tantrum Behavior in Preschool Children at RT 021 RW 006 Sukajaya Village. Medicare, 3(January), 1–11. https://doi.org/10.62354/jurnalmedicare.v3i1.61
Nurussakinah, T., & Romadona, N. F. (2024). Permainan Inklusif: Solusi untuk Anak dengan Keterlambatan Perkembangan Emosi. Journal Homepage, 7(3), 1029–1037. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.843
Rahman, S. A., Novianti, S. D., Nabilah, S. S., & Najwa, I. (2024). Peran Guru dalam Perkembangan Sosial dan Emosional Anak TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 51271–51278. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/24052
Rahmatillah, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Bambu Apus Kota Tanggerang Selatan [UIN Syarif Hidayatullah]. https://doi.org/10.30596/al-hanif.v1i2.8772
Rifa’i RC, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Pusbang MKU-MKDK Unnes.
Rukmatin, F. I., & Rosdiani, N. I. (2024). Intervensi Guru Terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia Toddler di Daycare Pocenter. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10579
Saraswati, W., & Febriani, Z. (2018). Hubungan antara Mindful Parenting dengan Gaya Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Usia 3-6 Tahun. Journal Psikogenesis, 6(2), 214–222. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.704
Sari, E., Rusana, R., & Ariani, I. (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(2), 50. https://doi.org/10.32584/jika.v0i0.332
Sari Harahap, N., & Ritonga, R. S. (2023). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Usia 4-5 Tahun Yang Mengalami Temper Tantrum Di Ra Bahrul Ilmi Padang Sidempuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6, 610–616. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.610-616
Seni, P., & Syarif, D. F. T. (2017). Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah Kelompok B Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.534
Setiani, H. R., Purba, F. A., Meipia, T. A., Manik, R. S., Simaremare, A., & Anggraini, E. S. (2024). Tantangan dan Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Efektivitas Lembaga Organisasi PAUD di TK An- Nijam. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 118–126. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.437
Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376
Shofwan, I., & Novitasari, N. T. (2023). Pengaruh Komunikasi Orang Tua-Anak Dan Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jendela PLS, 8(2), 200–215. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.6774
Sitompul, E., Handayani, N. S., & Rini, M. B. (2024). Strategi Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 561–569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5725
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana.
Wakschlag, L. S., & Roberts, M. Y. (2019). Future Direction for Early Childhood Prevention of Mental Disorders: A Roadmap to Mental Health, Earlier. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology. https://doi.org/10.1080/15374416.2018.1561296
Wawi, & Muntari, P. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Kegiatan Meditasi (Studi Kasus di TK Bumi Bambini, Tangerang Selatan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Widya, R., Rozana, S., & Ependi, R. (2024). Educator In Overcoming Child Temper Tantrums At Islamic Kindergarten Tazkia, Sunggal District, Deli Serdang Regency. International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 2390–2399. https://doi.org/10.3059/insis.v0i1.19466.g11276
Yuliyanti, E., Hasbi, H. A., Sunanta, & Sari, I. W. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Penaganan Temper tantrum pada Anak Usia Balita. Jurnal Kebidanan, XV(02), 182–191. https://doi.org/https://doi.org/10.35872/jurkeb.v15i02.646
Zuhroh, D. F., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 24. https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2310
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diana Fitriyani, Hendra Dedi Kriswanto (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: