Strategi Komunikasi Pendidik dalam Penanganan Tantrum pada Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi di Semarang, Indonesia

Authors

  • Diana Fitriyani Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Hendra Dedi Kriswanto Pendidikan Non Formal, Universitas Negeri Semarang, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1982-9516

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7061

Keywords:

Strategi Komunikasi, Tantrum, Anak Usia 2-4 Tahun

Abstract

Tantrum merupakan kondisi umum pada anak usia dini yang disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengungkapkan perasaan atau keinginan secara verbal. Strategi komunikasi memiliki peran penting dalam membantu anak mengelola emosi, menyesuaikan diri di lingkungan sekolah, dan membangun hubungan positif dengan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh pendidik dalam menangani perilaku tantrum pada anak usia 2–4 tahun di TK Islam Mutiara Insani 2 Kota Semarang. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pendidik mencakup tiga komponen utama: (1) mengenali sasaran komunikasi melalui pemahaman karakteristik dan emosi anak, (2) pemilihan media komunikasi verbal dan nonverbal, dan (3) pengkajian tujuan pesan untuk menenangkan serta membentuk keterampilan regulasi emosi. Strategi yang paling umum digunakan adalah komunikasi verbal yang lembut serta cara non-verbal, seperti pelukan dan kontak mata. Strategi ini berpengaruh pada pengurangan perilaku tantrum. Penelitian ini memberikan bantuan praktis bagi pendidik dalam mengembangkan cara komunikasi yang efektif dan responsif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani, D., Fadhila, M., & Primasari, W. (2019). Strategi Komunikasi Pendidik dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Makna, 5(2), 1–16. https://doi.org/10.33558/makna.v5i2.1804

Arbarini, M., Nursyahbani, C., & Pranoto, K. S. Y. (2022). Analisis Karakteristik Anak Usia Dini Berdasarkan Pola Asuh Orang Tua di TPA Pena Prima Universitas PGRI Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana, 24, 224–226. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/1454

Ariantari, D., Kartika, W. I., & Heriansyah, M. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Tantrum Anak Usia 4-. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 395–401. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6194

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100. https://doi.org/10.37985/jer.v2i3.55

Chen, W., Ma, X., Wang, X., & Chen, W. W. (2022). Program of Thoughts Prompting: Disentangling Computation from Reasoning for Numerical Reasoning Tasks. Transactions on Machine Learning Research. https://doi.org/:10.1016/S0140-6736(23)01859-7

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Sage Publication.

Desi Melvianti, & Kartini, M. Z. (2016). Menghadapi Tantrum Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Kasih Sayang dan Nilai Islami. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.51878/edukids.v4i1.3712

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Eva, N., Machmudah, Farida, I. A., Chusniyah, T., Fitriyah, F. K., Saputri, T., Wahono, & Santy, W. H. (2024). Overcaming Children’S Temper Tantrums Through Emotional Literacy Strategies. Revista de Gestao Social e Ambiental, 18(5), 1–19. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n5-077

Ferdinand Zaviera. (2020). Mengenali & Memahami Tumbuh Kembang Anak. Ar-ruzz Media Group.

Fitrianingsih, Y. (2022). Penguatan Positif dan Negatif Sebagai Upaya Penanganan Perilaku Agresif Pada Anak Penyandang Autisme (Studi Kasus di SLB Negeri 1 Mataram) [Universitas Islam Negeri Mataram]. https://etheses.uinmataram.ac.id/3336/1/Yayan Fitrianingsih 180303015.pdf

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408

Hasan, M., & Harahap, T. K. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Tahta Media Group.

Hazani, D. C. (2024). Komunikasi Empati dalam Membangun Relasi Sosial Terhadap Pengasuhan Anak dan Lansia. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 6, 27–72. https://doi.org/10.36088/bintang.v6i3.5612

Hudaibiyah, A., & Mas’udah, M. (2022). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Perilaku Tantrum Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 1–13. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.617

Imrotul Ummah, & Pamuji. (2024). Strategi Positif dalam Mengatasi Tantrum Pada Anak Usia Dini. Student Scientific Creativity Journal, 2(4), 139–148. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i4.3488

Imtikhani, N. F., & M. F. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.28831

Joni, N., & Arief, E. (2019). Strategi Program Tanam Jajar Legowo Kepada Masyarakat Petani Padi. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 01, 39–47. https://doi.org/https://doi.org/10.25077

Kisworo, B., Trisnawati, W., & Raharjo, T. J. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.37058/jpls.v6i1.2309

Kriswanto, H. D., Swaraswati, Y., & Yusuf, A. (2024). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Photo Room Sebagai Strategi dalam Meningkatkan Branding Produksi UMKM di Wilayah Kelurahan Bandarjo Ungaran Barat. Journal of Sriwijaya Community Services, 5(2), 115–124. https://doi.org/10.29259/jscs.v5i2.185

Lailiyah, H. W., Nisa, Z., & Nisfa, N. L. (2023). Pengaruh Temper Tantrum Teerhadap Perubahan Perilaku dan Psikis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 4(1), 2023–2061. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v4i1.849

Liliek, T. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Autis Di Slb Autisma Yogasmara, Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3512

Loretha, A. F., Nurhalim, K., & Utsman, U. (2017). Pola Asuh Orangtua dalam Pendidikan Agama pada Remaja Muslim Minoritas di Amphoe Rattaphum Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 102–107. https://doi.org/10.15294/pls.v1i2.13319

Maghfhirah, S., & Latipah, E. (2021). Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Perkembangan Anak Usia Dini. AL-HANIF: Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 1(2), 40–46. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/article/view/8772

Maria, R., Yiw, S., & Babakal, A. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah di TK Islamic Center Manado. Journal Keperawatan, 5. https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14694

Mazaya, S., & Rusmariana, A. (2022). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Prasekolah: Literature Review. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, 1, 2230–2236. https://doi.org/10.48144/prosiding.v1i.1044

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nadhiroh, A. (2018). Strategi Penanganan Anak Pada Fase Tantrum (Vol. 01, Issue 03) [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsa.ac.id/27442/6/Alfin Nadhiroh_D78214013.pdf

Nihwan, & Melina, I. (2024). Penanganan Anak Temper Tantrum Studi Kasus Di Tk Tq Muhammad Al-Fatih. Jurnal Kajian Anak (J-Sanak), 5(02), 145–155. https://doi.org/10.24127/j-sanak.v5i02.5999

Nurhasanah, N. Y. K. G., & D. N. F. (2024). The Relationship Of Parents Using Therapeutic Communication With Temper Tantrum Behavior in Preschool Children at RT 021 RW 006 Sukajaya Village. Medicare, 3(January), 1–11. https://doi.org/10.62354/jurnalmedicare.v3i1.61

Nurussakinah, T., & Romadona, N. F. (2024). Permainan Inklusif: Solusi untuk Anak dengan Keterlambatan Perkembangan Emosi. Journal Homepage, 7(3), 1029–1037. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.843

Rahman, S. A., Novianti, S. D., Nabilah, S. S., & Najwa, I. (2024). Peran Guru dalam Perkembangan Sosial dan Emosional Anak TK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 51271–51278. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/24052

Rahmatillah, A. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Temper Tantrum Pada Anak Usia Dini di Kelurahan Bambu Apus Kota Tanggerang Selatan [UIN Syarif Hidayatullah]. https://doi.org/10.30596/al-hanif.v1i2.8772

Rifa’i RC, A. (2012). Psikologi Pendidikan. Pusbang MKU-MKDK Unnes.

Rukmatin, F. I., & Rosdiani, N. I. (2024). Intervensi Guru Terhadap Perilaku Tantrum Anak Usia Toddler di Daycare Pocenter. Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(1), 64–74. https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i1.10579

Saraswati, W., & Febriani, Z. (2018). Hubungan antara Mindful Parenting dengan Gaya Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Usia 3-6 Tahun. Journal Psikogenesis, 6(2), 214–222. https://doi.org/10.24854/jps.v6i2.704

Sari, E., Rusana, R., & Ariani, I. (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(2), 50. https://doi.org/10.32584/jika.v0i0.332

Sari Harahap, N., & Ritonga, R. S. (2023). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Usia 4-5 Tahun Yang Mengalami Temper Tantrum Di Ra Bahrul Ilmi Padang Sidempuan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 6, 610–616. https://doi.org/10.31604/ptk.v6i3.610-616

Seni, P., & Syarif, D. F. T. (2017). Perilaku Tantrum Pada Anak TK Rahmat Al-Falah Kelompok B Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 6–11. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.534

Setiani, H. R., Purba, F. A., Meipia, T. A., Manik, R. S., Simaremare, A., & Anggraini, E. S. (2024). Tantangan dan Strategi Komunikasi dalam Meningkatkan Efektivitas Lembaga Organisasi PAUD di TK An- Nijam. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(3), 118–126. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i3.437

Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen Time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376

Shofwan, I., & Novitasari, N. T. (2023). Pengaruh Komunikasi Orang Tua-Anak Dan Penggunaan Gadget Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jendela PLS, 8(2), 200–215. https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.6774

Sitompul, E., Handayani, N. S., & Rini, M. B. (2024). Strategi Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional pada Anak Pervasive Developmental Disorder-Not Otherwise Specified. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 561–569. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i3.5725

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Wakschlag, L. S., & Roberts, M. Y. (2019). Future Direction for Early Childhood Prevention of Mental Disorders: A Roadmap to Mental Health, Earlier. Journal of Clinical Child & Adolescent Psychology. https://doi.org/10.1080/15374416.2018.1561296

Wawi, & Muntari, P. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Kegiatan Meditasi (Studi Kasus di TK Bumi Bambini, Tangerang Selatan). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Widya, R., Rozana, S., & Ependi, R. (2024). Educator In Overcoming Child Temper Tantrums At Islamic Kindergarten Tazkia, Sunggal District, Deli Serdang Regency. International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 2390–2399. https://doi.org/10.3059/insis.v0i1.19466.g11276

Yuliyanti, E., Hasbi, H. A., Sunanta, & Sari, I. W. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua dengan Penaganan Temper tantrum pada Anak Usia Balita. Jurnal Kebidanan, XV(02), 182–191. https://doi.org/https://doi.org/10.35872/jurkeb.v15i02.646

Zuhroh, D. F., & Kamilah, K. (2021). Hubungan Karakteristik Anak dan Ibu Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(2), 24. https://doi.org/10.30587/ijpn.v1i2.2310

Downloads

Published

03-06-2025

How to Cite

Fitriyani, D., & Kriswanto, H. D. (2025). Strategi Komunikasi Pendidik dalam Penanganan Tantrum pada Anak Usia Dini: Studi Fenomenologi di Semarang, Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1358–1374. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7061

Issue

Section

Articles