Analisis Kebutuhan E-Modul Diferensiasi untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian pada Siswa Sekolah Dasar (Fase C)

Authors

  • Susi Susanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Karlimah Karlimah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Syarip Hidayat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7047

Keywords:

E-Modul, Diferensiasi Pembelajaran, Operasi Hitung Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari oleh heterogenitas karakteristik belajar peserta didik fase C dan adanya kesulitan dalam mempelajari operasi hitung dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul berbasis diferensiasi dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian untuk siswa kelas 5 dan 6 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan melakukan kajian komprehensif terhadap artikel/jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis konten yang berkaitan dengan karakteristik siswa, tantangan pembelajaran, prinsip diferensiasi, potensi e-modul, dan kebutuhan integrasi. Novelty penelitian terletak pada spesifikasi kebutuhan e-modul berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa Fase C, yang belum banyak dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan yang signifikan terhadap e-modul yang dirancang dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip diferensiasi untuk mengakomodasi keragaman gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat peserta didik. E-modul berbasis diferensiasi diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut melalui penyajian konten, proses, dan produk pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menyatakan pengembangan e-modul berbasis diferensiasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran operasi hitung matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almujab, S. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi: Pendekatan efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/12528

Alfiansyah, A. (2024). Perancangan dan implementasi media pembelajaran teknologi layanan jaringan berbasis mobile: Sebuah pendekatan inovatif untuk pendidikan. Journal Creativity, 2(1), 121-132. https://doi.org/10.62288/creativity.v2i1.13

Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal basicedu, 5(6), 6339-6348. 10.31004/basicedu.v5i6.1725

Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Literature review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217-223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Gunawan, M. A., Fitri, A., & Murodah, N. (2024). Develompment of an E-Module For Educational Evaluation Course With a Problem Based Learning Framework. Edukasia Islamika, 9(1), 132-144. https://doi.org/10.28918/jei.v9i1.7242

Hapsari, Y. D., Nengsih, M. R., & Ermawati, D. (2024). Improving the Understanding of the Concept of Multiplication and Division With the Aid of Kalgi Pintar Media for Students of Grade II of SD 4 Karangbener. Amandemen: Journal of Learning, Teaching and Educational Studies, 2(2), 139-153. https://doi.org/10.61166/amd.v2i2.71

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191. https://tinyurl.com/5c7m4rrt

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31.

https://www.researchgate.net/publication/369081155_Analisis_Gaya_Belajar_Siswa_untuk_Pembelajaran_Berdiferensiasi

Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610). http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/509

Karlimah, K., Andriani, D., & Suryana, D. (2020). Development of Mathematical Anxiety Instruments with a Rasch Model Analysis. The Open Psychology Journal, 13(1). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887

Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum, 9(2), 123-129. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252

Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan penyusunan modul ajar yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322

Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 264-274. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179

Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com. https://tinyurl.com/4f6yhr66

Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi. https://tinyurl.com/ymtjvr6u

Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Seni Kolaborasi-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka. https://tinyurl.com/448u72ez

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu'adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65. https://tinyurl.com/yd6vbjwk

Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23258

Purba, P. B., & Mm, M. P. (2024). Pembuatan E-Modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran Matematika. Revitalisasi Penggunaan Media Serta Metode Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Dan Teknik, 27. https://tinyurl.com/5n6phewb

Rahayu, R. S., & Fauzan, A. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elemen, 5(2), 234-245. https://repository.upstegal.ac.id/10108/

Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan e-modul di sekolah menengah kejuruan pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Vokasi Informatika, 6-11. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16

Reska, Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Mengkoordinir Potensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas 4 Sd Negeri Percobaan. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)

http://eprints.umsb.ac.id/3416/

Sahudra, T. M., Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Wardana, M. R., & Khalil, N. A. (2023). Gaya belajar siswa sekolah dasar dan tes diagnostik: Membangun pembelajaran berdiferensiasi yang efektif dan inklusif. Deepublish. https://tinyurl.com/yhyz28mw

Sismulyasih, N., Wati, T. I., & Afifah, T. F. (2023). Media Pembelajaran SD. Cahya Ghani Recovery. https://tinyurl.com/mwhm6hda

Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., ... & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital. https://tinyurl.com/2pcn325r

Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296

Wahyuni, I., Maulida, R., Warda, S. A., & Wijayanti, A. (2023). Penerapan E-Modul Ajar Matematika Berbasis Literasi pada Materi Statistika Siswa SMP. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 151-164. https://doi.org/10.33627/sm.v7i2.1169

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.

https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/10809

Downloads

Published

16-06-2025

How to Cite

Susanti, S., Karlimah, K., & Hidayat, S. (2025). Analisis Kebutuhan E-Modul Diferensiasi untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian pada Siswa Sekolah Dasar (Fase C). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1511–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7047

Issue

Section

Articles