- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kebutuhan E-Modul Diferensiasi untuk Pembelajaran Perkalian dan Pembagian pada Siswa Sekolah Dasar (Fase C)
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7047Keywords:
E-Modul, Diferensiasi Pembelajaran, Operasi Hitung Matematika, Sekolah DasarAbstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh heterogenitas karakteristik belajar peserta didik fase C dan adanya kesulitan dalam mempelajari operasi hitung dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan e-modul berbasis diferensiasi dalam pembelajaran operasi hitung perkalian dan pembagian untuk siswa kelas 5 dan 6 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, dengan melakukan kajian komprehensif terhadap artikel/jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber lain yang relevan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis konten yang berkaitan dengan karakteristik siswa, tantangan pembelajaran, prinsip diferensiasi, potensi e-modul, dan kebutuhan integrasi. Novelty penelitian terletak pada spesifikasi kebutuhan e-modul berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa Fase C, yang belum banyak dieksplorasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan yang signifikan terhadap e-modul yang dirancang dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip diferensiasi untuk mengakomodasi keragaman gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat peserta didik. E-modul berbasis diferensiasi diharapkan dapat mengatasi kesulitan tersebut melalui penyajian konten, proses, dan produk pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menyatakan pengembangan e-modul berbasis diferensiasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran operasi hitung matematika.
Downloads
References
Almujab, S. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi: Pendekatan efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1). https://journal.unpas.ac.id/index.php/oikos/article/view/12528
Alfiansyah, A. (2024). Perancangan dan implementasi media pembelajaran teknologi layanan jaringan berbasis mobile: Sebuah pendekatan inovatif untuk pendidikan. Journal Creativity, 2(1), 121-132. https://doi.org/10.62288/creativity.v2i1.13
Ayu, F., & Syariffuddin, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Local Instructional Theory Kelas V Sekolah Dasar Topik Perkalian Pecahan Berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Jurnal basicedu, 5(6), 6339-6348. 10.31004/basicedu.v5i6.1725
Azmy, B., & Fanny, A. M. (2023). Literature review: pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 217-223. https://doi.org/10.36456/inventa.7.2.a8739
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keragaman dan keunikan siswa sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67-73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Gunawan, M. A., Fitri, A., & Murodah, N. (2024). Develompment of an E-Module For Educational Evaluation Course With a Problem Based Learning Framework. Edukasia Islamika, 9(1), 132-144. https://doi.org/10.28918/jei.v9i1.7242
Hapsari, Y. D., Nengsih, M. R., & Ermawati, D. (2024). Improving the Understanding of the Concept of Multiplication and Division With the Aid of Kalgi Pintar Media for Students of Grade II of SD 4 Karangbener. Amandemen: Journal of Learning, Teaching and Educational Studies, 2(2), 139-153. https://doi.org/10.61166/amd.v2i2.71
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180-191. https://tinyurl.com/5c7m4rrt
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31.
Junaedi, Y., & Yulianto, D. (2024, April). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal AKM Program Kampus Mengajar Angkatan 6. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung (pp. 602-610). http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/509
Karlimah, K., Andriani, D., & Suryana, D. (2020). Development of Mathematical Anxiety Instruments with a Rasch Model Analysis. The Open Psychology Journal, 13(1). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887
Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum, 9(2), 123-129. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252
Maryam, S., Ningsih, D. N., Sanusi, D., Wibawa, D. C., Ningsih, D. S. N., Fauzi, H. F., & Ramdan, M. N. (2022). Pelatihan penyusunan modul ajar yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif. JE (Journal of Empowerment), 3(1), 82-92. https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2322
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 264-274. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179
Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com. https://tinyurl.com/4f6yhr66
Muhammad Rusli, M. T., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi. https://tinyurl.com/ymtjvr6u
Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Seni Kolaborasi-Jejak Pustaka. Jejak Pustaka. https://tinyurl.com/448u72ez
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu'adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152
Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan praktik model pembelajaran berdiferensiasi implementasi kurikulum merdeka belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65. https://tinyurl.com/yd6vbjwk
Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 123-138. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23258
Purba, P. B., & Mm, M. P. (2024). Pembuatan E-Modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran Matematika. Revitalisasi Penggunaan Media Serta Metode Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Dan Teknik, 27. https://tinyurl.com/5n6phewb
Rahayu, R. S., & Fauzan, A. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Realistik untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elemen, 5(2), 234-245. https://repository.upstegal.ac.id/10108/
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan e-modul di sekolah menengah kejuruan pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Vokasi Informatika, 6-11. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Reska, Y. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Mengkoordinir Potensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas 4 Sd Negeri Percobaan. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
http://eprints.umsb.ac.id/3416/
Sahudra, T. M., Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Wardana, M. R., & Khalil, N. A. (2023). Gaya belajar siswa sekolah dasar dan tes diagnostik: Membangun pembelajaran berdiferensiasi yang efektif dan inklusif. Deepublish. https://tinyurl.com/yhyz28mw
Sismulyasih, N., Wati, T. I., & Afifah, T. F. (2023). Media Pembelajaran SD. Cahya Ghani Recovery. https://tinyurl.com/mwhm6hda
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., ... & Yunefri, Y. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital. https://tinyurl.com/2pcn325r
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1296
Wahyuni, I., Maulida, R., Warda, S. A., & Wijayanti, A. (2023). Penerapan E-Modul Ajar Matematika Berbasis Literasi pada Materi Statistika Siswa SMP. Supermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 151-164. https://doi.org/10.33627/sm.v7i2.1169
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.
https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/10809
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Susi Susanti, Karlimah Karlimah, Syarip Hidayat (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: