Pengembangan LKPD MIKA pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Mia Uswa Nugraha Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dian Indihadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Syarip Hidayat Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7019

Keywords:

LKPD, membaca intensif, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memuat keterampilan membaca intensif, berpikir kritis, dan analitis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bukanlah hal yang mudah, hal tersebut diakibatkan karena peserta didik umumnya belum terbiasa membaca teks panjang secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pengembangan LKPD yang terintegrasi dengan kegiatan membaca intensif dan berpikir kritis melalui metode studi pustaka terhadap jurnal dan buku relevan. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji berbagai sumber literatur berupa jurnal ilmiah dan buku yang relevan dengan judul penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa terdapat hubungan teoritis yang kuat antara membaca intensif dan keterampilan berpikir kritis, yang dapat diperkuat melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menawarkan novelty berupa konsep integratif LKPD MIKA (Membaca Intensif Kritis dan Analitis) yang mengaitkan sintaks PBL dengan indikator berpikir kritis FRISCO sebagai inovasi dalam desain pembelajaran Bahasa Indonesia. Implikasinya, konsep ini berpotensi menjadi acuan praktis bagi guru SD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan mendorong pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna di tingkat pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mia Uswa Nugraha, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustin, M., Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Rosidah, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC Terhadao Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa PGSD. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2672

Allen, D., Bailin, S., Battersby, M., & Freeman, J. B. (2020). Critical Thinking. Dalam Oxford Research Encyclopedia of Education. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190264093.013.1179

Amami, D. Y., & Wahyuni, L. (2022). Media Konstruksi Berpikir Kritis Berbasis Praktik Literasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Era Merdeka Belajar. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 71–84. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7450

Amelia, L. D., & Kurniawan, K. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Teks Argumentasi Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa SMA Kelas XI. Riksa Bahasa, 31–42. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/3872

Anisa, A. R., Ipungkarti, A. A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Dalam Conference Series Journal (Vol. 01).

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. 05(02), 1011–1024.

Awaliya, V. I., & Masriyah, M. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa Sma Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. MATHEdunesa, 11(1), 70–79. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p70-79

Bella, V., & Kristin, F. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPAS Materi Letak Geografis Wilayah Indonesia Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 10677–10682. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5473

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.

Chidiac, R. S., & Ajaka, L. (2018). Writing Through the 4Cs in the Content Areas – Integrating Creativity, Critical Thinking, Collaboration and Communication. European Scientific Journal. https://doi.org/10.19044/esj.2018.c4p8

Effendi, I., Yuliawati, S., & Ernawati. (2025). Pengaruh Membaca Kritis, Literasi Media, dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA di bekasi. Jurnal Education and Development, 13(1), 611–617. https://doi.org/10.37081/ed.v13i1.6615

Fitria, A., Wijaya, M., & Danial, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Tabel Periodik Unsur.

Fitriyeni, F. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Etnosains Melayu Riau pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 441–451. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4399

Hulu, T. D. N., Zega, N. A., Gulo, H., & Harefa, A. R. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Konteks Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 Lahewa Timur. LEARNING?: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 805–812. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3207

I Nyoman Bayu Pramartha, & Ni Putu Yuniarika Parwati. (2025). Analisis Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kelas XI Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Nirwasita: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sosial, 6(1), 69–74. https://doi.org/10.59672/nirwasita.v6i1.4596

Ilman, S., & Sulaiman, R. (2024). Proses Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5, 1293–1300. https://jurnaledukasia.org

Intania Shafa, S., Wibowo, T., & Yuzianah, D. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(1), 434–440. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1614

Isrofa, L., Ambarwati, R., & Aisyah, D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Visual Learning Cards. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9, 791–794. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15459

Kriyantono, R. (2019). Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan etika Ilmunya Serta Perspektif Islam (1 ed.). Prenamedia Group.

Lai, E. R. (2011). Critical Thinking?: A Literature.

Mailatul Maftukhah, & Lisa Virdinarti Putra. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Komik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV. JANACITTA, 8(1), 182–188. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3820

Makrufah, S., & Ismail, I. (2022). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. MATHEdunesa, 11(3), 868–883. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p868-883

Novianti, W. (2020). Urgensi Berpikir Kritis Pada Remaja Di Era 4.0. Journal of Education and Counseling (JECO), 1(1), 38–52. https://doi.org/10.32627/jeco.v1i1.519

Nurfadillah, S., & Da, T. A. I. (2024). Implementasi Model Pembelajaran RADEC untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/3746/3186

Nurpratiwi, A., Hamdu, G., & Sianturi, R. (2023). Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5956–5962. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2670

Oktarina, H., Setiawan, I., & Medriati, R. (2023). Pengembangan LKPD Berorientasi Pendekatan Saintifik Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. Amplitudo?: Jurnal Ilmu dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.33369/ajipf.2.2.141-150

Pangabean, S., Lisnasari, S. F., Puspitasari, I., Basuki, L., & Firmansyah, H. (2020). Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning (A. Munandar, Ed.). CV. Media Sains Indonesia.

PP Nomor 19, Pub. L. No. 19 (2005).

Rahma, S. N., Deyanti, F., & Fitriyah, Mahmudah. (2024). Peran Membaca dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Budaya, 75–83. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i2

Rahmah, S. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 1(1), 34–38. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/5/55

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca (1 ed.). K-Media.

Sarip, N., Arafah, K., Palloan, P., Keterampilan, A., & Kritis, B. (2022). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X Di Sman 10 Makassar. Dalam Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid (Vol. 18, Nomor 3). http://ojs.unm.ac.id/jsdpf

Setiawan, A., Ramdhan, B., & Suhendar, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPA di MTs Raudhatul Ikhwan Use of Project Based Learning Model to Improve Interpersonal Communication Skills of Class VIII Students in Science Subjects in MTs Raudhatul Ikhwan (Vol. 3, Nomor 1). http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2972

Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Divisi Buku Digital PT Kanisius.

Siska, Y. (2023). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD (A. Wicaksono, Ed.). Garudhawaca.

Sulasmi, S., Wardarita, R., & Rukiyah, S. (2024). Pengembangan LKPD Materi Teks Negosiasi Berbasis Technological Pedadogical Content Knowledge (TPACK) untuk Melihat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 5(3), 181–188. https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.26214

Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. 3(3).

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa (Revisi). CV Angkasa.

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Dalam Journal of Intelligence (Vol. 11, Nomor 3). MDPI. https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Voogt, J., & Roblin, N. P. (2010). 21st Century Skills. Discussion Paper. http://opite.pbworks.com/w/file/fetch/61995295/White%20Paper%2021stCS_Final_ENG_def2.pdf

Yuliany, N., Latuconsina, N. K., Nursalam, Abrar, A. I. P., & Wahyuni, I. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Al asma?: Journal of Islamic Education, 5(2), 133–142. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.41523

Downloads

Published

14-05-2025

How to Cite

Nugraha, M. U., Indihadi, D., & Hidayat, S. (2025). Pengembangan LKPD MIKA pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1227–1238. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7019

Issue

Section

Articles