Pengembangan E-Book Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Afiyah Firiyani Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Luluk Asmawati Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Aan Hendrayana Teknologi Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7001

Keywords:

E-Book Cerita Bergambar, Keterampilan Berbicara Anak, Anak Usia Dini

Abstract

Berbicara adalah keterampilan yang tidak serta merta dimiliki oleh anak-anak, namun perlu distimulus oleh lingkungan. Melalui  berbicara, seseorang dapat menyampaikan pendapat, informasi, dan perasaan mereka sehingga orang lain dapat memahami maksud dan keinginan kita. Kurangnya keterampilan berbicara anak dalam hal kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, menceritakan ulang dari cerita yang telah didengar, serta merespon percakapan dengan baik karena kurangya media pembelajaran yang menarik sebagai pembaharuan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk ebook cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan research and development dengan model ADDIE dengan tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan evaluasi produk melalui ahli materi dan ahli media. Hasil validasi bahwa produk sangat layak untuk digunakan, berikut merupakan hasil dari validitas ahli media dan ahli materi : 84% dan 96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ebook cerita bergambar sangat layak dijadikan sebagai media pembelaran bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bredekamp, S., & Copple, C. (Eds.). (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs (Rev. ed.). National Association for the Education of Young Children (NAEYC).

Carol, S., & Wirya, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini. PT Indeks.

Constantinescu, A. I. (2007). Using technology to assist in vocabulary acquisition and reading comprehension. The Internet TESL Journal, XIII(2). https://dx.doi.org/10.5539/elt.v17n4p70

Faizah. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 3(3), 249–258. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.302

Gönen, M., Durmusoglu, M., & Severcan, S. (2009). Examining the views of preschool education teachers on the content, illustrations, and physical characteristics of the picture story books used in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1, 753–759. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.133

Fa’izah, H. N., Ramli, M., & Safitri, M. (2024). Pengembangan e-book cerita bergambar untuk menstimulasi keterlambatan berbicara pada anak usia dini. Potensia: Jurnal Ilmiah, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.249-258

Hurlock, E. B. (2001). Perkembangan anak (Vol. 1, ed. ke-6, terj. Meitasari Tjandrasa). Erlangga. (Karya asli diterbitkan 1978)

Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-book untuk meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia 4–5 tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385–391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714

Maharani, N., Putra, I. N. G., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742

Miarso, Y. (2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.

Prabowo, A., & Hidayati, N. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) berbasis web oleh pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123

Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750

Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhartining, Fauziah, W., & Hajar, R. T. (2022). Perkembangan bahasa AUD dan praktek permainan bahasa anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.584

Suryani, N., Rachmadyanti, P., & Wahyuni, I. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Tompo, B. (2017). Cara cepat membuat buku digital Android. Matsnepa Publishing.

Downloads

Published

12-05-2025

How to Cite

Firiyani, A., Asmawati, L., & Hendrayana, A. (2025). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1185–1193. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7001

Issue

Section

Articles