- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan E-Book Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.7001Keywords:
E-Book Cerita Bergambar, Keterampilan Berbicara Anak, Anak Usia DiniAbstract
Berbicara adalah keterampilan yang tidak serta merta dimiliki oleh anak-anak, namun perlu distimulus oleh lingkungan. Melalui berbicara, seseorang dapat menyampaikan pendapat, informasi, dan perasaan mereka sehingga orang lain dapat memahami maksud dan keinginan kita. Kurangnya keterampilan berbicara anak dalam hal kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, menceritakan ulang dari cerita yang telah didengar, serta merespon percakapan dengan baik karena kurangya media pembelajaran yang menarik sebagai pembaharuan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk ebook cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan research and development dengan model ADDIE dengan tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan evaluasi produk melalui ahli materi dan ahli media. Hasil validasi bahwa produk sangat layak untuk digunakan, berikut merupakan hasil dari validitas ahli media dan ahli materi : 84% dan 96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ebook cerita bergambar sangat layak dijadikan sebagai media pembelaran bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.
Downloads
References
Bredekamp, S., & Copple, C. (Eds.). (1997). Developmentally appropriate practice in early childhood programs (Rev. ed.). National Association for the Education of Young Children (NAEYC).
Carol, S., & Wirya, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini. PT Indeks.
Constantinescu, A. I. (2007). Using technology to assist in vocabulary acquisition and reading comprehension. The Internet TESL Journal, XIII(2). https://dx.doi.org/10.5539/elt.v17n4p70
Faizah. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 3(3), 249–258. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.302
Gönen, M., Durmusoglu, M., & Severcan, S. (2009). Examining the views of preschool education teachers on the content, illustrations, and physical characteristics of the picture story books used in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1, 753–759. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.133
Fa’izah, H. N., Ramli, M., & Safitri, M. (2024). Pengembangan e-book cerita bergambar untuk menstimulasi keterlambatan berbicara pada anak usia dini. Potensia: Jurnal Ilmiah, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.33369/jip.9.2.249-258
Hurlock, E. B. (2001). Perkembangan anak (Vol. 1, ed. ke-6, terj. Meitasari Tjandrasa). Erlangga. (Karya asli diterbitkan 1978)
Lyla, R. W., Subandowo, M., & Sugito, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-book untuk meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia 4–5 tahun. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 385–391. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2714
Maharani, N., Putra, I. N. G., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18742
Miarso, Y. (2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
Prabowo, A., & Hidayati, N. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) berbasis web oleh pemustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(1). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123
Ruddamayanti. (2019). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 1193–1202. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2750
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartining, Fauziah, W., & Hajar, R. T. (2022). Perkembangan bahasa AUD dan praktek permainan bahasa anak. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.584
Suryani, N., Rachmadyanti, P., & Wahyuni, I. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Tompo, B. (2017). Cara cepat membuat buku digital Android. Matsnepa Publishing.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afiyah Firiyani, Luluk Asmawati, Aan Hendrayana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: