- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6981Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menelaah sejumlah jurnal dan sumber ilmiah terkait implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan anak usia dini. Fokus utama kajian ini adalah pada pendekatan konten, proses, dan produk pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendorong anak untuk bereksplorasi secara kreatif, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar. Selain itu, strategi ini juga memperkuat peran guru sebagai fasilitator dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Kendati demikian, tantangan dalam penerapannya masih ditemui, seperti keterbatasan pengetahuan guru dan akses sumber belajar. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan penting dalam mendukung perkembangan optimal kreativitas anak usia dini, terutama di era Kurikulum Merdeka yang menekankan kebebasan belajar.
Downloads
References
Arifin, I. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang (UM). https://doi.org/10.56114/al-ulum.v5i1.11343
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Cahyati, N. N., Munawarah, & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Irma Yuliantina, Kastanja, J., Damayanti, Y., Yunita, Jacob, A. M., Yani, F. I., Fitriani, Noviampura, F. H., Syoleha, I., Sucihati, M., & Haryanti, H. C. (2023). PKM pembelajaran berdiferensiasi bagi anak usia dini bersama IGTKI Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 229–238. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5542
Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498
Kuswandi, D. (2021). Kesiapan dan keterlibatan pebelajar dalam kurikulum pembelajaran online. Kota Malang.
Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840
Niswah, S., & Zulfahmi, M. N. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 177. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i2.10557
Nur’asiah, S. (2023). Meningkatkan kreatifitas anak usia dini melalui pembelajaran berdiferensiasi dan media loose part. Al-Itihadu Jurnal Pendidikan, 2(2), 195–212.
Sa'ida, N. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Suryaningsih, Y. (2024). Pemanfaatan platform Merdeka Mengajar untuk menstimulasi kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi di TK Dw Mojosari dan TK Dw Putra Harapan Bleber Kabupaten Kediri. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 267–279. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11426
Yuliantina, I., & Boki, T. A. (2023). Penataan lingkungan main dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9758–9765. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2929
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfi Maufiroh, Dedi Kuswandi, Ahmad Samawi, Imron Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: