Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Ulfi Maufiroh Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Dedi Kuswandi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Ahmad Samawi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Imron Arifin Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6981

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kreativitas anak usia 5–6 tahun. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang menelaah sejumlah jurnal dan sumber ilmiah terkait implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan anak usia dini. Fokus utama kajian ini adalah pada pendekatan konten, proses, dan produk pembelajaran yang disesuaikan dengan kesiapan, minat, dan gaya belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendorong anak untuk bereksplorasi secara kreatif, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar. Selain itu, strategi ini juga memperkuat peran guru sebagai fasilitator dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Kendati demikian, tantangan dalam penerapannya masih ditemui, seperti keterbatasan pengetahuan guru dan akses sumber belajar. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pendekatan penting dalam mendukung perkembangan optimal kreativitas anak usia dini, terutama di era Kurikulum Merdeka yang menekankan kebebasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, I. (2019). Kepemimpinan Religio-Humanistik Bidang Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Universitas Negeri Malang (UM). https://doi.org/10.56114/al-ulum.v5i1.11343

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Cahyati, N. N., Munawarah, & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada pendidikan anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 1. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890

Irma Yuliantina, Kastanja, J., Damayanti, Y., Yunita, Jacob, A. M., Yani, F. I., Fitriani, Noviampura, F. H., Syoleha, I., Sucihati, M., & Haryanti, H. C. (2023). PKM pembelajaran berdiferensiasi bagi anak usia dini bersama IGTKI Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 229–238. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i4.5542

Kurniasih, E. S., & Priyanti, N. (2023). Pengaruh pendekatan pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan literasi baca, tulis dan numerasi pada anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398–498. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.398-498

Kuswandi, D. (2021). Kesiapan dan keterlibatan pebelajar dalam kurikulum pembelajaran online. Kota Malang.

Nafisa, M. D., & Fitri, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di lembaga PAUD. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 6(2), 179–188. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2840

Niswah, S., & Zulfahmi, M. N. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 177. https://doi.org/10.31000/ceria.v13i2.10557

Nur’asiah, S. (2023). Meningkatkan kreatifitas anak usia dini melalui pembelajaran berdiferensiasi dan media loose part. Al-Itihadu Jurnal Pendidikan, 2(2), 195–212.

Sa'ida, N. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan kreativitas anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Suryaningsih, Y. (2024). Pemanfaatan platform Merdeka Mengajar untuk menstimulasi kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi di TK Dw Mojosari dan TK Dw Putra Harapan Bleber Kabupaten Kediri. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 267–279. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11426

Yuliantina, I., & Boki, T. A. (2023). Penataan lingkungan main dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi di PAUD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9758–9765. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2929

Downloads

Published

20-05-2025

How to Cite

Maufiroh, U., Kuswandi, D., Samawi, A., & Arifin, I. (2025). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1261–1269. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6981

Issue

Section

Articles