Flash Card sebagai Media Pendidikan Kesehatan pada Remaja: Kajian Scoping Review

Authors

  • Linda Listriyati Magister Kebidanan, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Insi Farisa Desy Arya Departemen Keluarga Layanan Primer, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Dodi Suardi Departemen Obstetri dan Ginekologi, Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6977

Keywords:

Remaja, Flash card, pendidikan Kesehatan

Abstract

Remaja mengalami fase transisi yang melibatkan perubahan fisik, kognitif, emosional, dan sosial, sehingga pendidikan kesehatan menjadi penting untuk mendukung kesehatan mereka. Salah satu media yang efektif untuk pendidikan kesehatan adalah flash card, yang dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku sehat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh flash card terhadap pendidikan kesehatan pada remaja. Metode yang digunakan adalah scoping review, dengan mengumpulkan artikel dari platform Google Scholar, PubMed, dan Science Direct dan didapatkan enam artikel dari lima negara yang berhasil dianalisis dengan tiga tema utama yang ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flash card efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja mengenai isu kesehatan, menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan fleksibilitas, serta mendorong remaja untuk berpikir kritis, meningkatkan peranan remaja dalam pendidikan kesehatan dan mudah diakses. Dapat disimpulkan bahwa flash card efektif meningkatkan pengetahuan remaja mengenai pendidikan kesehatan melalui pembelajaran yang interaktif, mudah dipahami, dan fleksibel. Studi ini mendukung pengembangan media partisipatif dan merekomendasikan inovasi digital salah satunya flash card sebagai media pendidikan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidha, Z., Mahfirah Lubis, N., Berutu, N., Surianti, S., Marpaung, S. Y., Nayoan Nasution, R. A., & Chairani Harahap, V. (2023). Health Information and Promotion Media Health Office of North Sumatra Province. Pkm-P, 7(1), 118. https://doi.org/10.32832/jurma.v7i1.1769

Akbar, M. R. (2022). Flash Card sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian (M. Nasrudin (ed.)). CV. Haura Utama.

Alfiah Rahmawati, Kartika Adyani, & Apriliana Eka. (2021). Differences in Video Media and Flash Card Effectiveness on Knowledge and Attitudes About Body Shaming in Adolescents. Embrio, 13(1), 28–38. https://doi.org/10.36456/embrio.v13i1.3311

Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4410

Aryandari, M., & Sari, P. M. (2024). Development Of Picture Card Media Based On Science Literacy On Ecosystem Materials. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 19(1), 92–100. https://doi.org/10.21009/JIV.1901.10

Basak, T., Demirtas, A., & Yorubulut, S. M. (2021). Virtual reality and distraction cards to reduce pain during intramuscular benzathine penicillin injection procedure in adults: A randomized controlled trial. Journal of Advanced Nursing, 77(5), 2511–2518. https://doi.org/10.1111/jan.14782

Baska, D. Y., Madjid, T. H., & Idjradinata, P. S. (2020). The Effect of Health Education with Flashcard Media on Improvement of Knowledge and Reduction of Anxiety Degree in Adolescents Primigravida. Global Medical & Health Communication (GMHC), 8(1), 59–66. https://doi.org/10.29313/gmhc.v8i1.5192

Bauer, M. B. (2023). The Effect of Flashcards on the Factual Knowledge and Conceptual Understanding of Student Athletes [Florida State University]. https://www.proquest.com/docview/2829558035

Bayuaji, A. R. (2024). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran untuk Siswa Generasi Alpha. https://www.kompasiana.com/bemfkipuhamka/6665c7a5c925c42f5d1c8652/penggunaan-media-visual-dalam-pembelajaran-untuk-siswa-generasi-alpha

BPS. (2024). Provinsi Jawa Barat dalam Angka. Badan Pusat Statistika Provinsi Jawa Barat.

Cahya, D. P., & Sari, Y. (2023). Pengunaan Media Flash Card sebagai Media dalam Mengenal Huruf Abjad pada Anak Usia Dini. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 64–72. https://doi.org/10.30997/ejpm.v4i1.6692

Fine, P., Leung, A., Francis, J., & Louca, C. (2018). The use of picture cards to elicit postgraduate dental student feedback. Dentistry Journal, 6(2), 3–11. https://doi.org/10.3390/dj6020007

Fonseca, L. G., Bertolin, M. N. T., Gubert, M. B., & da Silva, E. F. (2019). Effects of a nutritional intervention using pictorial representations for promoting knowledge and practices of healthy eating among Brazilian adolescents. PLoS ONE, 14(3), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0213277

Hadiz, L., Adrianto, B., Sarahtika, D. P., Handoko, G., Purbaningrum, W., Wandasari, W., & Kusumaningrum, S. (2019). Buletin SMERU No.1/2019. The SMERU Research Institute, Buletin SM(1), 1–24. https://smeru.or.id/id/publication-id/buletin-smeru-no-12019

Hamdanah, & Surawan. (2022). Remaja dan Dinamika. In Muslimah (Ed.), K-Media. K-Media.

Kim, M.-H., Yeon, J.-Y., & Choi, M.-K. (2019). Development and Evaluation of the Card Game for Children’s Sugar Intake Reduction. Journal of Nutrition Education and Behavior, 51(7), S58. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2019.05.433

Laholt, H., Guillemin, M., McLeod, K., Beddari, E., & Lorem, G. (2019). How to use visual methods to promote health among adolescents: A qualitative study of school nursing. Journal of Clinical Nursing, 28(13–14), 2688–2695. https://doi.org/10.1111/jocn.14878

Lee, S. J., & Reeves, T. (2017). Edgar Dale and the Cone of Experience. Foundations of Learning and Instructional Design Technology, 1996, 93–100. https://open.byu.edu/lidtfoundations/edgar_dale

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Ghaitsa, 2(1). https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta.

Ouchene, D., Boussalah, H., & Ziane, K. (2024). Role of the Media in Health Awareness. International Journal of Health Sciences, 8(S1), 477–482. https://doi.org/10.53730/ijhs.v8nS1.14808

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. The BMJ, 372. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Putri, S. D., Dewi, R., & Septiyanti. (2024). Increasing Teenagers’ Knowledge About Whiteness Through Media Games Flash Cards And Leaflets. Jurnal Besurek JIDAN, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.33088/jbj.v3i1.676

Rahman, I. N. F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press. https://repository.unair.ac.id/87974/2/Buku Promosi Kesehatan.pdf

Robinson, S. (2022). Principles and Practice of Health Promotion and Public Health. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780367823696

Schubbe, D., Cohen, S., Yen, R. W., Muijsenbergh, M. VD, Scalia, P., Saunders, C. H., & Durand, M.-A. (2018). Does pictorial health information improve health behaviours and other outcomes? A systematic review protocol. BMJ Open, 8(8), e023300. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2018-023300

Senzaki, S., Hackathorn, J., Appleby, D. C., & Gurung, R. A. R. (2017). Reinventing Flashcards to Increase Student Learning. Psychology Learning and Teaching, 16(3), 353–368. https://doi.org/10.1177/1475725717719771

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Generalized Causal Inference. In Dimensions in health service. Houghton Mifflin Company.

Swarjana, I. K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stres, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan-Lengkap dengan Konsep teori Cara Mengukur Variabel dan Contoh Kuesioner. CV Andi Offset.

Tasya Alifia Izzani, Selva Octaria, & Linda Linda. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578

van de Vijver, F. J. R., & Leung, K. (2021). Methods and Data Analysis for Cross-Cultural Research (V. H. Fetvadjiev, J. R. J. Fontaine, & J. He (eds.)). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781107415188

W E Lestari, Hartono, K. (2020). Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SDN Tegalayu. Jurnal Universitas Sebelas Maret. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/40513

Wulandari, E. (2019). Visual Media To Campaign The Sexual Health For Teenagers (Study Case Using Visual Media To Inform Health Reproduction For Teenager In Solo). 207(Reka), 309–311. https://doi.org/10.2991/reka-18.2018.67

Downloads

Published

05-06-2025

How to Cite

Listriyati, L., Arya, I. F. D., & Dodi Suardi. (2025). Flash Card sebagai Media Pendidikan Kesehatan pada Remaja: Kajian Scoping Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(5), 1385–1394. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i5.6977

Issue

Section

Articles