- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Media Animasi Mobile Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6949Keywords:
Animation, mobile learning, numeracy skills, children aged 5-6 years.Abstract
Kemampuan berhitung permulaan merupakan kemampuan yang dimulai dari lingkungan sekitar dan anak dapat mengembangkan semua aspek yang dimilikinya. Kurangnya pemahaman anak dalam mengenali bilangan dan lambang bilangan, penjumlahan dan pengurangan, mencocokan gambar dengan angka yang disebabkan karena media pembelajaran yang digunakan bersifat konvensional dan kurang menarik minat anak dalam mempelajari berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media animasi mobile learning dengan menggunakan aplikasi Kodular. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model ADDIE melalui tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Validitas produk dievaluasi terhadap dua validator, yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian dari ahli media dan ahli materi yang memperoleh nilai 85% dan 91%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa animasi mobile learning sangat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung permulaan terutama dalam aspek memperkenalkan bilangan dan lambang bilangan pada anak usia 5-6 Tahun.
Downloads
References
Agustina, I. (2019). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineke Cipta.
Berliana, D., Rusdiyani, I., & Atikah, C. (2024). Game Edukasi Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 201–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5913
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Daulay, K. R., & Surya, E. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 1 Pekubuan.
Dwi Iskandar. (2023). Pengembangan Aplikasi Mobile Menggunakan Platform Android. CV Budi Utama.
Farihah, H. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka. Jurnal Teladan, 2(1), 3–4.
Hasanah, P. M., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. Pedagogi?: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 116. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i1.6999
Junita, W. (2023a). Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 602–609.
Junita, W. (2023b). Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 602–609.
Maulana, M. S., & Hardiansyah, ade muhammad firman. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan-Hewan Khas Kalimantan Berbasis Android Mobile Learning (Studi Kasus: TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5). Jurnal Khatulistiwa Informatika, V(2), 119–127. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad-Maulana-100/publication/327237567_Media_Pembelajaran_Pengenalan_Hewan-Hewan_Khas_Kalimantan_Berbasis_Android_Mobile_Learning_Studi_Kasus_TK_Aisyiyah_Bustanul_Athfal_5/links/5b83988f92851c1e1234b10d/Media-Pembe
Misbah Laila. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Media Stick Angka di TK Islam Assakinah Padang. Mau’izhah, XI(1), 2021. file:///C:/Users/royan/Downloads/57-1-108-1-10-20220210.pdf
Mujtahidin, S., Hardianti, F., & Rachman, S. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Berajah Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 4, 503–510.
Mukhlasin, A., & Hidayat Pasaribu, M. (2020). Analisis Swot dalam Membuat Keputusan dan Mengambil Kebijakan Yang Tepat. Invention: Journal Research and Education Studies, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.51178/invention.v1i1.19
Musi, M. A. (2016). Peningkatakan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi dengan Media Gambar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSAN, 19(1), 36–41.
Nanda Novia Dilla Safitri, Tomas Iriyanto, & Nur Anisa. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung (GESIT) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 232–243. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2198
Nazmi, M. (2017). Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Geografi, 17(1), 48–57.
Nisa, L. C. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. SAWWA, 7(2), 91–112.
Novianti, R. (2015). Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Educhild Pendidikan Dan Sosial, 4, 56–63.
Putra, dian wahyu, Nugroho, A. prasita, & Puspitarini, erri wahyu. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58.
Putra, yusuf wahyu setiya, Dawis, aisyah mutia, Novi, Natsir, F., Fitria, & Dkk. (2023). Pengantar Aplikasi Mobile. CV Haura Utama.
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286
Sari, D. R., Zainuddin, M., & Akbar, S. (2021). Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5—6 Tahun. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1535. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14150
Sari, G. I., Nurtiani, A. T., & Salmina, M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di Tks It Mina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 1–14.
Senduk, E. P., Sinsuw, A. A. E., & Karouw, S. D. S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. 9(1), 1–5.
Sujiono, Y. N. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.
Suryadi, A. (2020). Teknologi Pendidikan Media Pembelajaran (Ilyas, Ed.). CV Jejak.
Warsita, B. (2018). Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif. Jurnal Teknodik, XIV(1), 062–073. https://doi.org/10.32550/teknodik.v14i1.452
Wulan, R., & Atikah, C. (2022). Pengembangan Media Animasi Mobile Learning Untuk Akselerasi Pemahaman Bahasa Arab Siswa Kelas 1 SD. 14(1), 16–33.
Wulandari, R. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan. Journal of Pedagogy and Online Learning, 9(2), 21–27. https://doi.org/10.24036/jpol.v2i1.20
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anni Saumi Fitri, Isti Rusdiyani, Tri Sayekti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: